Sukses

Berjasa Memajukan Olahraga Disabilitas RI, Ketum NPC Indonesia Terima Penghargaan dari MURI

Kabar gembira datang dari Ketua Umum (Ketum) National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun. Pasalnya, ia baru saja membawa pulang piagam penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) 2023.

Liputan6.com, Jakarta Kabar gembira datang dari Ketua Umum (Ketum) National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun. Pasalnya, ia baru saja membawa pulang piagam penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) 2023.

Menurut perwakilan MURI, Sri Widayati, penghargaan diberikan kepada Senny sebagai Pelopor Pembibitan dan Pembinaan Prestasi Olahraga Disabilitas.

“Beliau sangat berjasa dalam mengangkat harkat dan martabat para penyandang disabilitas di Indonesia terutama di bidang olahraga. Berhasil memajukan olahraga disabilitas setara dengan non disabilitas, bahkan melebihi,“ kata Sri dalam Rakernas NPC Indonesia 2023, Senin 13 Februari 2023.

Senny juga berhasil melahirkan olahragawan tingkat dunia dan berhasil menjadi sorotan dunia karena prestasi yang dicapai dengan begitu pesat. Melalui olahraga, Senny juga berhasil menyetarakan hak antara atlet disabilitas dan non disabilitas.

“Dan yang terpenting adalah, beliau telah berhasil membangun jiwa-jiwa yang sedang tidur, yang sedang frustrasi, yang sedang minder, yang tidak percaya diri, bahkan yang hampir mengakhiri hidup menjadi pribadi yang sangat tangguh.”

Para penyandang disabilitas yang merasa menjadi beban keluarga, kini bisa menjadi tulang punggung keluarga setelah menjadi atlet di bawah bimbingan NPC Indonesia.

“Mewakili Ketua Umum MURI, Bapak Jaya Suprana, kami mengumumkan sekaligus mengesahkan bahwa Bapak Senny Foff Marbun sebagai Pelopor Pembibitan dan Pembinaan Prestasi Olahraga Disabilitas, resmi tercatat di Museum Rekor Indonesia,” kata Sri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prestasi Senny

Dalam acara tersebut, diuraikan pula prestasi yang pernah diraih Senny di bidang olahraga bagi disabilitas. Beberapa prestasi yang disebutkan adalah:

- Mengantarkan Indonesia sebagai juara umum ASEAN Para Games (APG) Myanmar 2014

- Juara umum ASEAN Para Games Malaysia 2017

- Juara umum ASEAN Para Games Indonesia 2022 dengan perolehan 175 medali emas

- Memajukan peringkat Indonesia di Asian Para Games dari peringkat sembilan ke peringkat lima.

“Piagam penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia Nomor 10.831/MURI/II/2023 dianugerahkan dengan bangga kepada Bapak Senny Foff Marbun atas rekor Pelopor Pembibitan dan Pembinaan Prestasi Olahraga Disabilitas,” kata Sri saat menyerahkan piagam pada Senny.

3 dari 3 halaman

Dihadiri Gubernur Jateng

Penghargaan ini diserahkan di hadapan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, Deputi Bidang 3 Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta dan Bupati Karanganyar Yuliyatmono di Hotel Grand Mercure Solo Baru Sukoharjo, Jateng, Senin malam.

Terkait penyerahan rekor MURI ini, Ganjar Pranowo mengapresiasi prestasi NPC Indonesia di tingkat internasional.

Dia juga menyambut baik kedatangan perwakilan dari 32 provinsi di Indonesia dalam kegiatan Rakernas NPC Indonesia 2023.

Menurut Ganjar, Rakernas NPC Indonesia di Solo, merupakan ajang untuk mempersiapkan kejuaraan besar pada Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) Medan dan Aceh. Diikuti ASEAN Para Games Kamboja dan ASEAN Para Games Hangzhou China.

"Bapak Presiden Joko Widodo sudah memberikan kesetaraan NPC dengan yang lainnya. Jadi semua setara dan dihormati prestasi masing-masing. Kami bangga, terharu, dan senang mendengar sambutan NPC merasa eksis dan bisa menunjukkan prestasi luar biasa," kata Ganjar mengutip Antara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.