Sukses

Buku Masak Ini Membantu Penyandang Disabilitas Lebih Mandiri

Populasi disabilitas berisiko tinggi mengalami kerawanan pangan. Itu berarti kelompok orang ini khawatir dapat menerima kebutuhan paling dasar akan makanan yang baik dan bergizi.

Liputan6.com, Jakarta Ketika kita mulai beranjak dewasa, banyak dari kita harus belajar memasak baik untuk diri sendiri ataupun keluarga di rumah.

Mungkin awalnya akan terasa sulit. Ada yang membuat pancinya gosong; memasukkan terlalu banyak garam; dan berbagai kesalahan lainnya. Namun bagi penyandang disabilitas, keterampilan memasak bisa menjadi masalah.

Seperti misalnya ada yang memiliki penglihatan yang buruk, tidak bisa membaca label pada makanan yang ingin dibeli, kursi roda tidak cukup tinggi untuk meraih kompor, tidak dapat mendengar pengatur waktu kapan masakan siap, atau sulit menjangkau peralatan dapur sendiri.

Bahkan menurut data tahun 2015, hambatan-hambatan tersebut telah memengaruhi sekitar 20 persen populasi Amerika yang menyandang disabilitas.

Fakta tidak menyenangkan ini membuat populasi disabilitas berisiko tinggi mengalami kerawanan pangan. Itu berarti kelompok orang ini khawatir dapat menerima kebutuhan paling dasar akan makanan yang baik dan bergizi.

Padahal, baik Anda difabel atau tidak, pilihan memasak yang paling mudah sering kali adalah makanan cepat saji atau makanan beku. Meskipun makanan tersebut sesekali baik-baik saja, tetapi jika hanya itu yang Anda makan dalam jangka panjang akan merugikan kesehatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menghancurkan Satu Siung Bawang Putih

Dilansir dari CBC Kanada, ada sebuah buku resep masakan yang mudah diikuti bagi penyandang disabilitas. Buku masak ini merupakan kolaborasi antara Canada's Smartest Kitchen di Holland College dan Tremploy, organisasi nirlaba yang berbasis di Charlottetown yang mendukung penyandang disabilitas.

Beberapa diantaranya adalah tips berguna seperti cara menghancurkan satu siung bawang putih, memasak pizza atau pasta populer, dan sebagainya.

Resepnya mudah dibuat dan bahannya sederhana. Mereka menghabiskan waktu berhari-hari membuat video tentang cara menyiapkan beberapa bahan, yang "enak dilihat", kata supervisor Tremploy Lynn Taylor.

"Saya pikir banyak dari hal-hal itu benar-benar membantu orang untuk belajar - bagaimana menghancurkan siung bawang putih, bukan sesuatu yang biasanya Anda lakukan," katanya.

 

 

3 dari 4 halaman

Fokus pada Keamanan di Dapur

Greg McKenna, seorang konsultan penelitian di Holland College, mengatakan bahwa buku resep tersebut berfokus pada keamanan di dapur serta menyiapkan makanan yang mudah dan bergizi.

"Memasak adalah komponen kunci untuk kehidupan setiap orang, jadi memiliki kapasitas untuk membuat resep sendiri dan memasak makanan sendiri, hanya untuk memiliki kemampuan menyatukan hal-hal semacam itu, membuat perbedaan besar dalam seberapa mandiri mereka."

 

4 dari 4 halaman

Pizza Jadi Hidangan Populer

Pizza dan pasta adalah hidangan populer dengan penguji rasa, kata Krista MacQuarrie dari Canada's Smartest Kitchen.

Piring bisa dibuat dengan peralatan rumah tangga sederhana. Ada pilihan untuk menggunakan sayuran cincang beku bagi orang yang tidak nyaman menggunakan pisau, dan memasak nasi dalam microwave daripada di atas kompor.

"Saya sangat berharap orang-orang bersenang-senang dan mencoba memasak," kata MacQuarrie. "Bahkan jika mereka terintimidasi olehnya, mereka mengambil kesempatan dan mencoba sesuatu yang baru dan, mudah-mudahan, mempelajari keterampilan baru."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.