Sukses

Studi: Kurang Tidur Semasa Remaja Berisiko Multiple Sclerosis

Tidur sangat penting untuk kesehatan dan membantu tubuh mempertahankan fungsinya. Namun para peneliti yang mendalami manfaat kesehatan dari tidur dan bahaya kurang tidur menemukan hubungannya dengan risiko disabilitas.

Liputan6.com, Jakarta Tidur sangat penting untuk kesehatan dan membantu tubuh mempertahankan fungsinya. Namun para peneliti yang mendalami manfaat kesehatan dari tidur dan bahaya kurang tidur menemukan hubungannya dengan risiko disabilitas.

Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Neurology, Neurosurgery & Psychiatry menemukan bahwa kurang tidur pada masa remaja dapat meningkatkan risiko pengembangan multiple sclerosis (MS).

Dilansir dari Medical News Today, multiple sclerosis adalah gangguan autoimun dengan kerusakan pada sistem saraf pusat. Umumnya, onset gejala terjadi antara usia 20 hingga 40 tahun.

Orang dengan multiple sclerosis dapat mengalami berbagai macam gejala. Kondisi tersebut dapat menyebabkan seseorang mengalami peningkatan disabilitas dari waktu ke waktu. Orang dengan multiple sclerosis mungkin mengalami kelemahan otot, masalah penglihatan, pusing, dan mati rasa.

Tidak jelas mengapa orang-orang tertentu mengembangkan multiple sclerosis. Ini bisa terkait dengan respons oleh sistem kekebalan tubuh. Orang dengan anggota keluarga dengan multiple sclerosis mungkin telah meningkatkan kerentanan untuk mengembangkan gangguan tersebut.

Penulis non-studi, ahli saraf, dan spesialis multiple sclerosis, Dr. Achillefs Ntranos, menjelaskan, ada sejumlah faktor risiko MS [multiple sclerosis] yang diketahui, termasuk genetika, jenis kelamin (wanita 3 kali lebih mungkin mengembangkan MS daripada pria), dan faktor lingkungan seperti kadar vitamin D yang rendah atau paparan virus, seperti virus Epstein-Barr.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Faktor Gaya Hidup

Penelitian terbaru ini juga menunjukkan bahwa faktor gaya hidup tertentu, seperti merokok atau obesitas, mungkin berperan dalam perkembangan MS.

Para peneliti masih bekerja untuk memahami tingkat risiko yang ditimbulkan oleh faktor-faktor yang dapat dimodifikasi dan bagaimana orang dapat mengurangi risiko mengembangkan multiple sclerosis.

Studi khusus ini adalah studi kasus-kontrol di Swedia. Peneliti menyertakan 2.075 peserta yang memiliki multiple sclerosis dan 3.164 kontrol. Peneliti bertanya kepada peserta tentang kualitas dan durasi tidur selama masa remaja mereka. Mereka membagi durasi tidur menjadi tiga kategori:

1. Kurang dari tujuh jam setiap malam (tidur singkat)

2. Antara tujuh dan sembilan jam setiap malam

3. 10 jam atau lebih setiap malam (tidur panjang)

Peneliti lebih lanjut bertanya kepada peserta tentang perbedaan antara waktu mereka tidur di hari kerja atau sekolah dan waktu mereka tidur di akhir pekan dan hari libur. Terakhir, peneliti menanyakan kepada partisipan tentang kualitas tidur, mulai dari sangat buruk hingga sangat baik.

Studi tersebut menemukan bahwa tidur kurang dari tujuh jam di malam hari selama masa remaja dikaitkan dengan peningkatan risiko multiple sclerosis. Kualitas tidur yang rendah menawarkan risiko terkait yang serupa. Mereka menemukan bahwa perbedaan waktu tidur antara akhir pekan dan hari sekolah tidak secara signifikan memengaruhi risiko seseorang terkena multiple sclerosis.

 

3 dari 4 halaman

Keterbatasan Penelitian

Penulis studi dan peneliti dari Institut Karolinska, Dr. Anna Hedstrom, mengungkapkan bahwa timnya menyelidiki apakah kebiasaan pola tidur pada usia muda memengaruhi risiko perkembangan MS di kemudian hari.

"Kurang tidur berdampak negatif pada sistem kekebalan dalam beberapa cara dan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit radang lainnya. Kami menemukan bahwa tidur terlalu sedikit atau mengalami kualitas tidur yang buruk meningkatkan risiko pengembangan MS di kemudian hari hingga 50%," katanya.

dr. Ntranos lebih lanjut mengomentari hal ini. Menurutnya, tidur restoratif yang cukup di usia muda mungkin penting untuk menjaga fungsi kekebalan yang memadai dan mungkin menjadi faktor pencegahan terhadap MS.

"Perlu juga dicatat bahwa temuan penelitian tetap serupa ketika mereka yang bekerja shift dikeluarkan, yang merupakan pertimbangan penting karena kerja shift sering dikaitkan dengan kurang tidur dan desinkroni sirkadian dan ini dikenal sebagai faktor risiko MS," jelasnya.

Penelitian memang memiliki beberapa keterbatasan. Pertama, penelitian ini tidak dapat membuktikan bahwa kurang tidur menyebabkan multiple sclerosis. Para penulis mengakui bahwa sebab-akibat terbalik, bias ingatan, bias seleksi, dan pembaur sisa adalah mungkin.

Peneliti juga mengandalkan data dari kuesioner yang diisi oleh peserta, yang dapat berisiko ketidakakuratan. Mereka juga mengakui bahwa mereka mungkin merupakan komponen yang tidak mereka sesuaikan, seperti stres dan kebiasaan makan. Studi ini dilakukan di satu negara, kemungkinan menunjukkan perlunya studi populasi yang lebih beragam di masa mendatang.

“Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan peradangan tingkat rendah, stres oksidatif, dan gangguan penghalang darah-otak. Studi lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki mekanisme yang tepat di balik temuan kami," kata Hedstrom.

“Seperti halnya studi observasional lainnya, penting untuk diingat bahwa temuan tersebut tidak menetapkan kausalitas, dan diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami mekanisme yang mendasarinya dan untuk mengonfirmasi temuan…Secara keseluruhan, sementara studi ini memberikan wawasan penting tentang hubungan antara tidur dan risiko MS, itu hanyalah satu bagian dari teka-teki. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk sepenuhnya memahami interaksi kompleks faktor genetik, lingkungan, dan gaya hidup yang berkontribusi terhadap risiko MS," ujar Ntranos.

 

4 dari 4 halaman

Pentingnya Tidur bagi Remaja

Tidur berkualitas tinggi sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat pada remaja. Tidur yang cukup membantu tubuh menyembuhkan dan meningkatkan fungsi mental juga. American Academy of Sleep Medicine merekomendasikan agar remaja berusia antara tiga belas dan delapan belas tahun tidur selama 8 hingga 10 jam setiap malam.

Studi ini menambah bukti bahwa tidur yang cukup sangat penting selama masa remaja dan bahwa tidur yang tidak cukup dapat merusak kesehatan. Para penulis mencatat bahwa mendidik orang tua dan remaja tentang konsekuensi potensial dari kurang tidur sangat penting. 

“Tidur yang cukup diperlukan untuk fungsi kekebalan yang optimal dan terutama di kalangan remaja. Pasien MS yang memiliki anak sering bertanya apakah mereka dapat mengurangi risiko anak mereka terkena penyakit tersebut. Studi kami menunjukkan bahwa tidur yang cukup pada remaja dapat berkontribusi untuk mengurangi risiko pengembangan MS di kemudian hari," pungkas Dr Hedstrom.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.