Sukses

Cerita Penyandang Disabilitas Ukraina yang Melakukan Perjalanan Berhari-hari ke Polandia untuk Melarikan Diri dari Roket Rusia

Sekitar 200 pemuda Ukraina dengan disabilitas fisik dan mental termasuk di antara 1 juta pengungsi melakukan perjalanan musim dingin berbahaya melintasi perbatasan untuk menghidari serangan Rusia.

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 200 pemuda Ukraina dengan disabilitas fisik dan mental termasuk di antara 1 juta pengungsi melakukan perjalanan musim dingin berbahaya melintasi perbatasan untuk  menghidari serangan Rusia.

Setelah berlindung di bawah tanah, sekelompok anak muda pergi ke Hongaria sebelum melanjutkan ke Polandia, tempat sebagian besar dari 1 juta pengungsi Ukraina telah tiba.

Dilansir dari People, penghuni panti asuhan Svyatoshinksy untuk anak laki-laki dan panti asuhan Darnytskyy untuk anak perempuan, yang keduanya di Kyiv, tiba dengan kereta api di Zahony, Hongaria, dalam perjalanan ke kota Opole di Polandia Barat Daya, lapor Associated Press (AP).

"Sebuah stasiun metro di dekat panti asuhan diledakkan. Kami menghabiskan lebih dari satu jam di bawah tanah selama pengeboman,” kata direktur Svyatoshinksy, Larissa Leonidovna.

Kelompok itu meninggalkan ibu kota dengan bus dan menuju perbatasan Polandia tetapi menemukan barisan mobil yang membentang bermil-mil karena semakin banyak orang Ukraina yang melarikan diri dari invasi Rusia sekarang di minggu kedua.

“Hanya dalam tujuh hari kami telah menyaksikan eksodus satu juta pengungsi dari Ukraina ke negara-negara tetangga,” tweet Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR), Filippo Grandi.

Sekelompok anak muda dari panti asuhan melakukan perjalanan ke Hongaria alih-alih menunggu berjam-jam untuk menyeberang ke Polandia.

"Ini sangat sulit, Anda dapat melihat bahwa itu sangat sulit, mereka semua membutuhkan perawatan dan dukungan khusus," kata Leonidovna kepada AP tentang anak-anak dalam perawatannya.

UNHCR memperkirakan 4 juta orang mungkin melarikan diri dari Ukraina, yang total populasinya 44 juta, dalam beberapa minggu dan bulan mendatang dan mengatakan situasinya tampaknya menjadi krisis pengungsi terbesar di Eropa abad ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Solidaritas negara tetangga Ukraina

Seorang juru bicara badan tersebut memuji negara tetangga Ukraina karena terbuka untuk warga sipil saat mereka keluar dari negara itu.

"Kami telah melihat solidaritas dan keramahan yang luar biasa dari negara-negara penerima pengungsi, termasuk dari pihak berwenang dan masyarakat setempat," kata Shabia Mantoo dalam sebuah pernyataan, dikutip dari People.

Anak muda dengan disabilitas fisik dan mental yang parah telah menaiki empat bus di Zahony untuk menyelesaikan perjalanan kedua sejauh 350 mil.

Di Opole, mereka akan ditempatkan di pusat rehabilitasi, menurut laporan tersebut.

 

"Anda tidak tahu harus pergi ke mana, lari ke mana, siapa yang harus Anda hubungi. Hanya ada kepanikan," Liliya Marynchak, seorang guru berusia 45 tahun di Ivano-Frankivsk, Ukraina.

Invasi, yang diperintahkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, telah menuai kecaman di seluruh dunia dan sanksi ekonomi yang semakin berat terhadap Rusia.

Dengan pasukan NATO berkumpul di wilayah sekitar Ukraina, berbagai negara juga telah menjanjikan bantuan atau dukungan militer untuk perlawanan. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyerukan pembicaraan damai, yang sejauh ini tidak berhasil, sambil mendesak negaranya untuk melawan.

Putin menegaskan Ukraina memiliki hubungan bersejarah dengan Rusia dan ia bertindak demi kepentingan keamanan terbaik negaranya. Zelenskyy bersumpah untuk tidak membungkuk.

"Tidak ada yang akan menghancurkan kami, kami kuat, kami orang Ukraina," katanya kepada Uni Eropa dalam pidato di hari-hari awal pertempuran. "Hidup akan menang atas kematian. Dan terang akan menang atas kegelapan," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.