Sukses

Didukung Pemerintah, Kafe di Inggris Pekerjakan 30 Penyandang Disabilitas Belajar

Sebuah kafe di Devon Selatan, Inggris yang dibuka pada 2020 telah membantu 30 orang dengan disabilitas belajar untuk mendapatkan pekerjaan sekaligus pendidikan keterampilan.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah kafe di Devon Selatan, Inggris yang dibuka pada 2020 telah membantu 30 orang dengan disabilitas belajar untuk mendapatkan pekerjaan sekaligus pendidikan keterampilan.

Penelitian pemerintah setempat menunjukkan kurang dari 10 persen orang dewasa dengan disabilitas belajar dapat bekerja dengan bayaran.

Sarah Thorp, direktur kafe No Limits yang mempekerjakan 30 penyandang disabilitas belajar mengatakan, salah satu motivasinya adalah karena dia sangat sulit untuk memahami kenapa ada kekurangan pekerjaan bagi mereka yang mengalami kesulitan belajar.

"Didukung dengan cara yang benar, mereka mampu mengakses pekerjaan di semua jenis peran," kata Sarah mengutip BBC, Jumat (7/1/2022).

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Contoh Sukses

Salah satu contoh pekerja yang sukses diberi pelatihan kerja di kafe adalah Tom. Menurut Sarah, pria usia 24 itu telah mengalami perubahan yang besar.

“Dia telah berubah dari seseorang yang tidak ingin mendekati pelanggan menjadi seorang barista yang luar biasa.”

Tom mengatakan dia menyukai pekerjaannya dan sangat pandai membuat pola pada kopi. Dia mengatakan bantuan dari No Limits untuk mendapatkan posisi barunya di dapur pencuci mulut sangat bagus.

Dia mendapat pekerjaan itu melalui program pemerintah yang disebut skema awal (Kickstart scheme). Program ini menyediakan dana bagi bisnis untuk menerima pengangguran berusia 16 hingga 24 tahun.

3 dari 4 halaman

Harapan Sarah

Sarah berharap, berbagai tempat kerja atau organisasi lain mulai menyadari pentingnya memberi akomodasi pekerjaan bagi para penyandang disabilitas.

Dengan demikian, orang akan paham mengenai manfaat keberagaman tenaga kerja.

"Sangat bermanfaat untuk memberi mereka peluang kerja dan membuat dunia lebih mudah diakses," tutup Sarah.

4 dari 4 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.