Sukses

China Siap Sambut Atlet Paralimpiade Musim Dingin dari Seluruh Dunia

Tim penyelenggara siap menyambut atlet dari seluruh dunia dalam hitungan mundur 100 hari menuju Olimpiade.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Federasi Penyandang Disabilitas China, Zhang Haidi mengatakan, tim penyelenggara Paralimpiade Musim Dingin (Winter Paralympic Games) 2022 siap menyambut atlet dari seluruh dunia dalam hitungan mundur 100 hari menuju Olimpiade.

Winter Paralympic Games di China mulai lebih lambat. Namun penyelenggaraan Winter Paralyimpic Games Beijing 2022 telah menciptakan peluang yang menguntungkan bagi perkembangan paralimpiade di China.

Zhang mengatakan bahwa Winter Paralympic Games telah berkembang pesat sejak China memenangkan tender Olimpiade.

"Sebelum tawaran Beijing untuk Olimpiade dan Paralimpiade Musim Dingin 2022, kami hanya menyelenggarakan dua dari enam acara olahraga Olimpiade Musim Dingin, country skiing dan curling kursi roda. Serta jumlah atlet Paralimpiade Musim Dingin di China telah meningkat dari kurang dari 50 menjadi lebih dari seribu saat ini. Sehingga atlet China akan ambil bagian dalam enam acara olahraga di Winter Paralyimpic kali ini," kata Zhang.

Sejak 2016, atlet Tiongkok telah berpartisipasi dalam lebih dari 50 acara Winter Paralympic internasional dan membuat terobosan dalam banyak kesempatan, terutama di Paralimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018, yaitu saat tim curling kursi roda dari China memenangkan medali emas pertamanya, mengakhiri sejarah China tanpa membawa pulang medali di Winter Paralympic Games, tambah Zhang.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan khusus untuk membuat lingkungan bebas hambatan

Zhang menyebutkan kalau proses persiapannya sangat diberikan perhatian khusus pada kebutuhan penyandang disabilitas, termasuk membangun lingkungan yang bebas hambatan. Bahkan sampai dibuatkan Pedoman Aksesibilitas untuk Olimpiade dan Paralimpiade 2022 di China nanti. Dalam hal ini termasuk menyediakan tempat berkompetisi maupun nonkompetisi yang mengutamakan pengalaman penyandang disabilitas.

Lingkungan bebas hambatan adalah premis perjalanan yang aman, lancar, dan nyaman bagi penyandang disabilitas, dan merupakan prioritas utama persiapan Paralimpiade, katanya.

Sejumlah persiapan yang telah dilakukan seperti pendaftaran, katering, waralaba, dan area layanan lainnya memiliki loket layanan tingkat rendah, meja makan tingkat rendah, jendela tingkat rendah, dan sebagainya.

Dalam hal layanan informasi, yaitu situs web yang relevan dan perangkat lunak ponsel telah ditingkatkan dengan versi bebas hambatan; braille dan publikasi cetak besar telah dicetak; dan konferensi pers akan menyediakan interpretasi bahasa isyarat dan papan nama yang jelas.

Selain itu, layanan transportasi akan menyediakan kendaraan bebas hambatan, dan layanan keamanan akan menyediakan layanan akses keamanan bebas hambatan. Dalam hal layanan medis, pusat perbaikan ortopedi, prostetik, dan kursi roda akan didirikan di tempat tersebut, dan obat-obatan khusus serta peralatan sanitasi akan disiapkan untuk penyandang disabilitas juga," jelas Zhang.

Berkat persiapan untuk Winter Paralympic Games Beijing 2022, lingkungan bebas hambatan di China telah diperbaiki dan ditingkatkan.

Sejak November 2019, ketika Beijing meluncurkan kampanye khusus untuk meningkatkan aksesibilitas, total 289.000 situs telah direnovasi dan ditingkatkan. Zhangjiakou juga telah membuat kemajuan luar biasa dalam konstruksi dan transformasi bebas hambatan yang berpusat pada layanan publik, budaya, pendidikan, olahraga, perawatan medis dan kesehatan, transportasi, taman, alun-alun, toilet umum perkotaan, dan area lainnya.

Berdasarkan hal itu maka China mengklaim sudah siap menjadi tuan rumah untuk Winter Paralympic Games 2022. Pembangunan fasilitas venue yang bebas hambatan sesuai dengan pedoman, dan kemajuan yang solid telah dibuat dalam persiapan untuk operasi venue, serta pengujian persiapan keberlangsungan acara berjalan dengan lancar, tambahnya.

Selain itu, secara khusus kebijakan dan tindakan khusus juga telah disiapkan untuk pencegahan dan pengendalian epidemi COVID-19, baik dari organisasi kompetisi, layanan accara, keamanan layanan perkotaan, acara budaya, upacara pembukaan dan penutupan, organisasi sukarelawan, dan keamanan semuanya telah dilakukan secara tertib seperti yang direncanakan, Zhang menyimpulkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.