Sukses

Bisa Ubah Aturan Suara, Fitur AirPods Pro Terbaru Bantu Orang dengan Gangguan Pendengaran

AirPods Pro kini memiliki Conversation Boost, yang dirancang untuk membantu orang dengan gangguan pendengaran ringan

Liputan6.com, Jakarta Pada awal pekan ini, Apple meluncurkan pembaruan firmware untuk perangkat audionya yang mewah, termasuk AirPods generasi kedua, AirPods Pro, dan AirPods Max. Berkat pembaruan tersebut, AirPods Pro kini memiliki Conversation Boost, yang dirancang untuk membantu orang dengan gangguan pendengaran ringan.

Dilansir dari t3, fitur ini awalnya diluncurkan di Apple's annual Worldwide Developers Conference (WWDC) 2021, namun kini pembaruan juga termasuk memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi Find My. Ini sangat berguna karena banyak dari kita pernah berada dalam situasi kehilangan AirPods.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aturan suara

Fitur ini ditemukan oleh orang-orang di MacRumors, yaitu mereka yang merupakan pengguna AirPods Pro yang memiliki kesulitan pendengaran ringan. Sebelumnya mereka dapat memanfaatkan mikrofon bawaan Pro untuk meningkatkan volume percakapan yang mereka lakukan. Tapi setelah fitur Conversation Boost diaktifkan, fitur tersebut mencoba mengisolasi suara dengan memperkuatnya di atas kebisingan latar belakang apa pun agar lebih mudah didengar.

Fitur ini juga memungkinkan pengguna mengubah pengaturan suara dengan praktis. Di sini, orang yang berpartisipasi dalam percakapan dapat mengubah transparansi, amplifikasi, dan bahkan nada untuk membantu mengurangi gangguan bising.

Untuk menggunakan fitur baru, AirPods harus menjalankan pembaruan firmware terbaru, yang secara otomatis diinstal Apple di AirPods daripada harus menambahkannya sendiri secara manual. Hal ini cukup berguna karena kita cenderung tidak mempedulikan keharusan memperbarui AirPods sendiri secara manual, bahkan tidak sadar jika ternyata harus diperbarui.

 

3 dari 4 halaman

Cara mengaktifkan fitur

Setelah menginstal fiturnya, buka menu Aksesibilitas di Pengaturan di iPhone atau iPad Anda yang terhubung dengan AirPods. Kemudian Anda dapat memiliki Audio/Visual, yang kemudian diikuti oleh Akomodasi Headphone, yang sekaligus Anda dapat mengaktifkan Mode Transparansi. Maka Fitur Conversation Boost baru dapat diaktifkan.

AirPods asli Apple memicu banyak inovasi di arena earbud nirkabel terbaik. Dengan AirPods 3 yang diperkirakan akan dirilis pada akhir tahun ini, sangat menyenangkan melihat teknologi audio Apple dimanfaatkan dengan baik, terutama dengan cara yang secara signifikan dapat meningkatkan standar hidup sehari-hari orang tanpa harus membeli sebundel aksesoris mahal untuk melakukannya.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.