Sukses

Lost River Vacations, Kabin Kecil di Tengah Hutan Karya Pengusaha Tuli

Liputan6.com, Jakarta Lost River Vacations adalah sebuah rumah mungil ramah lingkungan di tengah hutan Lost River AS. Rumah ini unik karena dibangun oleh komunitas tuli.

Pada musim panas 2017, penyandang tuli Jane Jonas dan istrinya berlibur di Outer Banks of North Carolina dan menemukan sebuah kabin di pegunungan Virginia Barat di sebuah kota bernama Lost River. Tak satu pun dari mereka pernah mendengar tentang tempat itu sebelumnya, tetapi mereka langsung jatuh cinta dengan lanskap hutannya yang liar dan suasananya yang sepi.

“Rasanya tidak seperti tempat mana pun yang pernah saya kunjungi sebelumnya,” kata Jonas, yang tumbuh besar dengan backpacking bersama keluarganya di dekat rumah mereka di California Utara mengutip Independent.co.uk Sabtu (7/11/2020).

Ketika istrinya, Laurie, menyarankan untuk membeli properti di sana, Jonas yang juga seorang pengusaha, bertanya-tanya apakah mungkin ada peluang bisnis di tempat tersebut.

Dua tahun kemudian, Jonas dan dua temannya, Shawn Harrington dan Andrew St Cyr, akhirnya meluncurkan rumah mungil Lost River Vacation.

Ketiganya adalah pemilik bisnis kecil di wilayah DC, tetapi yang membuat kisah mereka unik bukanlah karena mereka memulai usaha baru yang trendi. Lebih dari itu, usaha trendi mereka dimiliki, dikelola, dan didukung hampir secara eksklusif oleh komunitas tuli.

Jonas, Harrington, dan St Cyr, yang bertemu di bangku kuliah Universitas Gallaudet, adalah penyandang tuli. Rumah mungil itu sendiri dibangun oleh tukang kayu tuli, jalur pendakian dibuat oleh penyandang tuli, dan dinding rumah mungil itu didekorasi dengan karya seni oleh seniman tuli.

Pemberdayaan penyandang tuli ini adalah salah satu cara Lost River Vacations dalam mendukung perekonomian penyandang tuli.

“Orang-orang tuli dan bisnis tuli telah lama terpinggirkan. Jika ada bisnis orang tuli dan bisnis orang dengar, orang biasanya memilih bisnis orang dengar,” kata Harrington.

Ketiga pengusaha mendorong setiap orang untuk mengunjungi kabin mereka, ketiganya berharap agar orang-orang berubah pandangan dan melihat hasil karya penyandang tuli dan melakukan kerja sama dengan mereka.

2 dari 4 halaman

Dukungan Komunitas Tuli

Para pengusaha tuli itu membuka satu rumah mungil berkapasitas empat orang yang bisa disewa. Tetapi ketiganya berharap dapat mengumpulkan cukup modal untuk membangun 10 rumah kecil lagi, termasuk rumah pohon di tahun-tahun mendatang.

Tempat peristirahatan, yang sebelumnya merupakan tempat berburu, berjarak 3,2 km dari Lost River State Park. Itu terletak di luar jangkauan layanan telepon seluler dan berada di ketinggian 1.850 kaki dengan pemandangan pegunungan dan hutan serta tidak ada tanda-tanda keberadaan manusia lainnya.

Pembuatan rumah kecil di tengah hutan ini didukung oleh lebih dari 500 orang tuli. Termasuk di dalamnya pegawai pemerintah, pemilik usaha kecil, pelajar, DJ tuli Nico DiMarco, Nyle DiMarco pemenang reality show America's Top Model 20, Calvin Young pembuat film tuli dan penyandang tuli lainnya.

Calvin Young ditunjuk sebagai pembuat video promosi Lost River Vacations. Menurutnya, ketika satu indra seperti pendengaran hilang maka ada indra lain yang diperkuat seperti indra perasa dan penglihatan.

“Kami memiliki sesuatu yang disebut 'keuntungan tuli. Orang dengar mungkin fokus pada suara. Tetapi ketika saya sedang syuting, saya akan fokus pada gerakan atau ekspresi wajah. Tidak ada suara di video saya. Saya ingin orang-orang melihat film saya seperti yang saya lihat, melalui mata tuli,” ujar Young.

3 dari 4 halaman

Infografis Disabilitas

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: