Sukses

Mengenal Tommy Jessop, Aktor Down Syndrome dengan Banyak Penghargaan

Liputan6.com, Jakarta Tommy Jessop adalah penyandang down syndrome yang menjadi aktor dan mendapatkan berbagai penghargaan.  Pria ini telah membintangi acara TV, radio, film, dokumenter dan telah memainkan peran utama.

Pria kelahiran 1985 ini merupakan aktor profesional pertama dengan down syndrome yang bermain dalam film dokumenter Hamlet. Pernah pula ia memainkan peran utama dalam drama TV BBC primetime serta masuk nominasi ajang penghargaan BAFTA melalui film Coming Down the Mountain seperti dilaporkan Disability Horizons.

Tommy juga muncul di Line of Duty BBC One, akting cemerlang di Casualty and Holby City, dan berperan sebagai petinju di film pendek Fighter karya Bugsy. Selain itu, Tommy telah dipilih oleh BAFTA untuk program Elevate 2019/20, untuk mendukung orang-orang dari kelompok yang kurang terwakili.

Di film dengan sutradara Ben Reid, Innocence, Tommy memainkan peran utama Dylan yang diinterogasi oleh polisi setelah ditemukan di TKP, di mana seorang pekerja meninggal di rumah perawatan. Hal ini menyebabkan polisi mengungkap kejahatan lebih mengejutkan daripada yang dibayangkan siapa pun.

2 dari 3 halaman

Tommy dalam Innocence

Innocence adalah sebuah film pendek bergenre drama kriminal yang diciptakan oleh penulis sekaligus sutradara yang ditunjuk oleh BAFTA, Ben Reid, dan terinspirasi oleh Tommy sebagai penyandang down syndrome.

Dalam film tersebut ia beradu akting  dengan beberapa pemeran lainnya termasuk Alice Lowe pemenang penghargaan BAFTA.

Film aksi ini dinominasikan dalam Silver Dragon untuk Film Pendek Internasional Terbaik di Festival Film Kraków ke-60 yang memenuhi syarat Oscar.

Film ini juga telah dipilih untuk lebih dari dua puluh festival film lainnya, termasuk Foyle Film Festival, Aesthetica Film Festival dan telah lama terdaftar untuk BAFTA 2020.

Innocence telah memenangkan banyak penghargaan film profil tinggi termasuk Film Pendek Terbaik di London Lift-Off Film Festival, Best Ensemble Cast di Lift-Off Global Network Season Awards, Drama Terbaik di Short to the Point dan banyak lagi.

Ken Ross ditunjuk sebagai produser dalam film ini. Setelah putranya, Max, lahir dengan down syndrome, Ken telah menghabiskan 15 tahun membuat perubahan positif untuk keragaman dan inklusi.

Dia adalah wali amanat untuk Portsmouth Down Syndrome Association dan saat ini bekerja dengan BAFTA, NHS, UCL, NTU dan pemerintah Inggris untuk mempromosikan persamaan hak dan peluang bagi difabel.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: