Sukses

Harga Kripto Hari Ini 9 Februari 2024: Bitcoin Melesat, Ethereum Lesu

Liputan6.com, Jakarta - Harga kripto jajaran teratas mayoritas bergerak di zona hijau pada Jumat (9/2/2024). Demikian juga harga bitcoin (BTC) menghijau.

Berdasarkan data coinmarketcap.com, harga kripto kapitalisasi pasar terbesar bitcoin (BTC) melonjak 2,22 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga bitcoin melambung 4,96 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 45.394 atau sekitar Rp 711,26 juta (asumsi dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.668).

Sementara itu, harga Ethereum (ETH) melemah dalam 24 jam terakhir. Harga Ethereum turun 0,29 persen. Selama sepekan terakhir, harga Ethereum meroket 4,5 persen. Kini, harga Ethereum berada di posisi USD 2.420,92 atau sekitar Rp 37,92 juta.

Sementara itu, harga binance coin (BNB) terbang 3,37 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga BNB meroket 5,72 persen. Saat ini, harga BNB berada di posisi USD 318,55.

Harga kripto solana (SOL) naik 1,59 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga solana bertambah 4,11 persen. Kini, harga solana berada di posisi USD 103,41.

Harga XRP menguat 0,27 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga XRP naik 1,47 persen. Kini, harga XRP berada di posisi USD 0,5147.

Harga cardano (ADA) meroket 5,92 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga cardano bertambah 4,08 persen. Saat ini, harga cardano berada di posisi USD 0,5331.

Harga avalanche (AVAX) naik 0,46 persen selama 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga avalanche melambung 3,82 persen. Kini,  harga avalanche berada di posisi USD 35,60.

Sementara itu, harga dogecoin (DOGE) melemah 0,23 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga DOGE naik 0,80 persen. Harga dogecoin kini berada di posisi USD 0,08009.

Harga kripto hari ini seperti stablecoin tether USDT (USDT) naik 0,04 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga USDT bertambah 0,04 persen. Kini, harga USDT berada di posisi USD 1,00.

Harga USDC melemah tipis 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga USDC susut 0,02 persen. Saat ini, harga USDC berada di posisi USD 0,9999.

Kapitalisasi pasar kripto global naik 1,45 persen menjadi USD 1,72 triliun.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

China Kaji Konservasi Energi Baru untuk Penambangan Kripto

Sebelumnya diberitakan, Beijing, China siap menerapkan kebijakan baru guna memperkuat tindakan untuk mendorong konservasi energi di beberapa aspek operasi kota, mendorong pengurangan karbon dan polusi. Rencana tersebut juga mengusulkan untuk meningkatkan pengawasan terhadap aktivitas penambangan Bitcoin.

Beijing menganggap konservasi energi sebagai hak utama yang mendasar untuk memperkuat konservasi sumber daya energi sekaligus persyaratan untuk membangun peradaban ekologis. Penambangan kripto termasuk di antara aktivitas yang akan diawasi secara khusus untuk mendorong pengurangan karbon, pengurangan polusi, dan perluasan energi hijau di samping konstruksi, transportasi, industri, dan teknologi informasi.

Melansir laman Bitcoin, Rabu (7/2/2024), tindakan ini didukung oleh kebijakan nasional yang memberlakukan larangan menyeluruh terhadap penambangan dan perdagangan mata uang kripto pada 2021. Saat itu, Bank Rakyat Tiongkok menginstruksikan semua bank Tiongkok untuk segera melarang aktivitas terkait kripto.

Meskipun demikian, laporan terbaru mengungkapkan penambangan Bitcoin masih terjadi di Tiongkok, dengan penambang Tiongkok masih menyediakan 21 persen hashrate jaringan global di belakang AS, yang memimpin dengan 38 persen.

Rencana Beijing juga mempertimbangkan inspeksi di unit-unit yang mengkonsumsi energi di kota tersebut untuk mengawasi penggunaan peralatan yang sudah tidak digunakan lagi karena kebutuhan energinya.

Inspeksi ini dapat berujung pada hukuman atas penggunaan energi ilegal, karena pemerintah kota akan mengambil tindakan untuk memaksa industri dan perusahaan memperbaiki masalah ini.

 

3 dari 4 halaman

Hasil Studi: Penambangan Bitcoin Percepat Transisi ke Energi Terbarukan

Sebelumnya diberitakan, proses proof-of-work (PoW) yang menggunakan banyak energi untuk menambang Bitcoin telah menghadapi kritik karena penggunaan listrik yang tinggi dan emisi karbon. 

Namun, analisis penelitian dai Juan Ignacio Ibanez dan Alexander Freier menunjukkan kehausan jaringan akan energi murah dapat menarik penambangan Bitcoin ke sumber terbarukan seperti matahari dan angin. Dalam kata lain, penambangan Bitcoin dapat mempercepat transisi ke energi terbarukan.

"Ada alasan untuk melihat Bitcoin untuk dekarbonisasi secara positif tidak hanya membutuhkan dukungan kebijakan minimal untuk diterapkan, tetapi juga keuntungan penambangan bitcoin,” kata penelitian tersebut, dikutip dari Bitcoin.com, Minggu (4/2/2024).

Penelitian tersebut secara efektif mengatakan penambangan bitcoin akan bertindak sebagai sumber daya muatan fleksibel, menyerap kelebihan pasokan terbarukan yang jika tidak akan terbuang sia-sia. 

Mobilitas dan interupsi industri pertambangan membuatnya sangat cocok untuk menyediakan layanan stabilitas jaringan. Dengan menghaluskan ketidakseimbangan antara fluktuasi pembangkit energi terbarukan dan permintaan variabel, penambangan dapat memfasilitasi peningkatan penetrasi energi terbarukan.

Namun, agar penambangan dapat mendorong dekarbonisasi, diperlukan adaptasi. Para peneliti mencatat penambangan harus menghindari memperburuk permintaan jaringan puncak dan hanya memanfaatkan kelebihan pasokan terbarukan. 

Dengan operasi berbasis terbarukan yang dioptimalkan untuk kondisi jaringan, jaringan Bitcoin secara masuk akal dapat menghasilkan dampak dekarbonisasi bersih, rincian analisis Ibanez dan Freier.

 

4 dari 4 halaman

Ekspansi, Pertukaran Kripto Bybit Ajukan Izin Operasi di Hong Kong

Sebelumnya diberitakan, Bybit, bursa mata uang kripto global, telah resmi mengajukan izin beroperasi di Hong Kong. Permohonan tersebut diajukan di tengah lanskap peraturan Hong Kong yang terus berkembang untuk aset digital.

Dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (6/2/2024), pertukaran kripto Bybit, dikenal menawarkan perdagangan derivatif kripto, ingin memasuki pasar Hong Kong, yang telah menunjukkan minat yang semakin besar terhadap mata uang kripto.

Hong Kong tengah membangun kerangka peraturan yang jelas untuk bisnis kripto dan pemerintahnya telah mengambil sikap menyambut baik pertukaran aset digital yang bersedia beroperasi berdasarkan pedoman peraturannya.

Hong Kong tahun lalu telah mengubah sikapnya terhadap perdagangan mata uang kripto ritel, yang sebelumnya hanya diperbolehkan bagi investor profesional. Sebelumnya negara tersebut telah menyatakan niatnya untuk menjadi pusat aset digital regional, namun berhati-hati dalam menyetujui izinnya.

Sejak dibuka untuk sektor ritel Agustus lalu, hanya dua bursa, OSL dan HashKey, yang telah diberikan persetujuan oleh regulator sekuritas kota untuk menyediakan layanan perdagangan kripto kepada investor ritel.

Belum lama ini, Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong (SFC) dilaporkan menerima permohonan ETF Bitcoin spot pertama. Ini terjadi hanya beberapa minggu setelah Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) menyetujui ETF BTC spot pertama di Amerika Serikat.

Laporan tersebut menambahkan badan pengawas secara aktif bekerja untuk mempercepat proses persetujuan ETF di negara tersebut untuk meluncurkan ETF Bitcoin spot Hong Kong pertama setelah Tahun Baru Imlek pada 10 Februari.

Menurut laporan tersebut, badan pengawas Hong Kong mungkin mengikuti pendekatan serupa dengan SEC AS dan menyetujui beberapa ETF spot untuk memastikan persaingan yang setara. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.