Sukses

Aksi SEC Ke Binance Disebut Bisa Berdampak ke Operasi di Negara Lain

Tuntutan dari SEC ini dapat memengaruhi platform perdagangan Binance di wilayah lain.

Liputan6.com, Jakarta Tindakan keras yang dilakukan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) dapat memengaruhi operasi Binance di wilayah lain dan aplikasi lisensinya di Hong Kong, menurut seorang pengacara kepatuhan kripto Hong Kong, Gilbert Ng. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Jumat (9/6/2023), Gilbert Ng yakin regulator sekuritas AS ingin meminta Binance untuk meninggalkan Amerika Serikat sepenuhnya. Ini dapat memengaruhi platform perdagangan koin di wilayah lain dan aplikasi lisensinya di Hong Kong.

Gilbert Ng juga menunjukkan AS tidak memiliki undang-undang dan peraturan tentang cryptocurrency sementara itu perlu menegakkan undang-undang yang ada. Ini menciptakan ketidakpastian dalam hal pengawasan sementara Hong Kong sudah memiliki kerangka kerja yang jelas.

Terlebih lagi, Hong Kong memiliki definisi sekuritas yang berbeda, kata pengacara itu. Beberapa koin dapat dianggap sebagai token keamanan di Amerika Serikat, tetapi tidak di Hong Kong. Saat ini, Hong Kong hanya mengizinkan investor profesional untuk membeli token sekuritas.

Pada 1 Juni, pihak berwenang di wilayah administrasi khusus China mulai menerima aplikasi lisensi dari penyedia aset virtual seperti bursa kripto. Lisensi akan memungkinkan mereka untuk memberikan layanan kepada investor ritel di Hong Kong, termasuk perdagangan mata uang kripto seperti bitcoin dan eter.

Minggu ini, SEC menggugat Binance, pertukaran kripto terbesar di dunia berdasarkan volume perdagangan, dan meminta persetujuan pengadilan untuk membekukan aset kripto yang dikendalikan oleh anak perusahaannya di AS.

Ia mengklaim beberapa token yang terdaftar di Binance adalah sekuritas yang tidak terdaftar. SEC juga menuduh Binance melanggar ketentuan undang-undang sekuritas AS terkait pendaftaran dengan penawaran dan penjualan aset kriptonya sendiri yang tidak terdaftar, termasuk token BNB dan stablecoin Binance USD (BUSD).

Tidak seperti stablecoin utama seperti tether (USDT), BUSD menawarkan beberapa keuntungan kepada pemegangnya saat menggunakan platform Binance.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengacara Binance Ungkap Ketua SEC Pernah Tawarkan Diri Jadi Penasihat di Binance

Ketua SEC Gary Gensler, yang berada di tengah-tengah tindakan keras besar-besaran terhadap perusahaan kripto belakangan ini, terungkap sempat menawarkan untuk menjadi penasihat perusahaan induk Binance pada 2019, menurut pengacara Binance dan pendiri Changpeng Zhao.

Dilansir dari CNBC, Jumat (9/6/2023), dokumen yang diajukan oleh SEC pada Rabu menunjukkan pengacara dari Gibson Dunn dan Latham dan Watkins, dua firma hukum Binance, menuduh Gensler menawarkan untuk menjadi penasihat pertukaran kripto.

Hal itu terjadi dalam beberapa percakapan pada Maret 2019 dengan eksekutif Binance dan Zhao. Dia akhirnya bertemu Zhao di Jepang untuk makan siang akhir bulan itu, klaim pengarsipan.

Pada saat itu, Gensler sedang mengajar di Sekolah Manajemen Sloan Massachusetts Institute of Technology. Dia ditunjuk sebagai kepala SEC pada 2021 oleh Presiden Biden, dan selama setahun terakhir telah menjatuhkan keras pada industri kripto, menggugat banyak perusahaan karena diduga menjual sekuritas yang tidak terdaftar.

Awal pekan ini, SEC mengajukan 13 dakwaan terhadap Binance dan Zhao, menuduh perusahaan gagal mendaftar sebagai bursa dan broker-dealer, mencampur dana secara tidak benar dan tidak memiliki kontrol internal yang kritis atas bisnisnya.

 

3 dari 3 halaman

Hubungan Gensler dan Binance

Para pengacara mengungkap, sebelum Gensler mulai mengejar Binance, dia mencoba menyesuaikan diri dengan perusahaan.

The Wall Street Journal sebelumnya melaporkan hubungan Gensler dan Binance, mengutip pesan internal Binance dan seseorang yang dekat dengan ketua SEC. Keduanya menyarankan agar Binance mendekati Gensler.

Dalam pengajuan terbaru, pengacara Gibson dan Latham mengatakan Zhao terus berhubungan dengan Gensler setelah pertemuan Maret. Atas permintaan ketua SEC di masa depan, Zhao duduk untuk wawancara dengan Gensler sebagai bagian dari kursus cryptocurrency yang diajarkan di MIT.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.