Sukses

Miliarder Mark Cuban Digugat, Diduga Promosikan Skema Ponzi Kripto

Platform Voyager telah menipu dan memiliki skema Ponzi besar-besaran dengan bantuan Cuban.

Liputan6.com, Jakarta - Gugatan class action telah diajukan di pengadilan distrik AS di distrik selatan Florida terhadap miliarder terkenal Mark Cuban, Dallas Basketball Ltd. (DBA Dallas Mavericks), dan CEO Voyager Digital, Steven Ehrlich.

Ada 12 penggugat utama, mengacu pada kasus “Mark Cassidy v. Voyager Digital Ltd. Gugatan itu diajukan pada Desember tahun lalu. Mereka menuduh Cuban dan Ehrlich “berusaha keras menggunakan pengalaman mereka sebagai investor untuk menipu jutaan orang Amerika agar berinvestasi, 

Mereka diduga meminta orang untuk memindahkan tabungan hidup mereka  ke dalam Platform Voyager yang menipu dan membeli Akun Program Perolehan Voyager ('EPA'), yang merupakan sekuritas yang tidak terdaftar.

Dengan kata lain, Platform Voyager telah menipu dan memiliki skema Ponzi besar-besaran. Skema itu bergantung pada dukungan vokal dari Cuban dan Dallas Maverick kepada Voyager.

"Akibatnya, lebih dari 3,5 juta orang Amerika sekarang kehilangan lebih dari 5 miliar dolar dalam aset cryptocurrency. Tindakan ini berusaha untuk menahan Ehrlich, Cuban, dan Dallas Mavericks-nya bertanggung jawab untuk membayar mereka kembali,” isi gugatan tersebut dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (16/8/2022). 

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kelalaian Cuban

Gugatan itu juga mencatat Cuban berbicara pada konferensi pers Dallas Mavericks, di mana dia sangat mendukung dan menggembar-gemborkan kemitraan antara perusahaannya dan para terdakwa Voyager.

Penggugat menekankan bintang Shark Tank itu dengan bangga menggambarkan bagaimana dia secara pribadi akan membantu secara signifikan meningkatkan cakupan dan kehadiran Platform Deceptive Voyager bagi mereka yang memiliki dana dan pengalaman terbatas.

“Representasi dan kelalaian Ehrlich dan Cuban yang dibuat dan disiarkan di seluruh negeri melalui internet membuat mereka bertanggung jawab kepada penggugat dan anggota kela,” penjelasan para penggugat. 

Voyager Digital sendiri mengajukan kebangkrutan bulan lalu dengan alasan volatilitas dan penularan yang berkepanjangan di pasar kripto selama beberapa bulan terakhir, dan default Three Arrows Capital (‘3AC’) pada pinjaman dari anak perusahaan perusahaan. 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Mark Cuban: Beli Tanah Virtual di Metaverse adalah Hal Bodoh

Sebelumnya, investor sekaligus miliarder terkenal, Mark Cuban baru-baru ini membagikan pandangannya soal membeli tanah virtual di metaverse. Cuban mengatakan membeli tanah digital di metaverse mungkin bukan penggunaan terbaik dari uang.

Meskipun Cuban adalah penggemar cryptocurrency yang terdokumentasi dengan baik, ia menyebut pembelian real estat virtual di metaverse sebagai "yang paling bodoh yang pernah ada" dalam sebuah wawancara baru-baru ini di saluran YouTube Altcoin Daily. 

Meskipun menjadi investor di Yuga Labs, yang memiliki koleksi NFT populer seperti Bored Ape Yacht Club yang telah menjual sebidang tanah digital, Cuban mengatakan membeli real estat virtual adalah “bodoh”.

“Itu adalah uang yang besar bagi mereka, tetapi itu tidak didasarkan pada utilitas,” ujar Cuban, dikutip dari CNBC, Senin (15/8/2022). 

Di dunia fisik, real estat berharga karena tanah adalah sumber daya yang langka. Namun, kelangkaan itu tidak selalu berlaku untuk metaverse.

Di dunia maya ini, "ada volume tak terbatas yang dapat Anda buat," kata Cuban selama wawancara.

Naik Turunnya Real Estate Digital

Tahun lalu, platform metaverse mengalami serbuan lahan virtual karena pengguna secara kolektif menghabiskan jutaan dolar untuk real estate digital. Penjualan gabungan pada empat platform utama mencapai USD 501 juta atau sekitar Rp 7,3 triliun pada 2021, menurut MetaMetric Solutions.

4 dari 4 halaman

Gelembung Real Estate Virtual Mulai Pecah

Dalam beberapa kasus, real estat virtual sama pentingnya dengan rumah fisik. Republic Realm, sebuah perusahaan investasi yang memiliki dan mengembangkan real estat virtual, menjatuhkan USD 4,3 juta besar-besaran pada properti digital yang terletak di dalam The Sandbox, salah satu platform metaverse terbesar, menurut Wall Street Journal.

Sebuah plot virtual di sebelah rumah digital rapper legendaris, Snoop Dogg dalam The Sandbox dibeli seharga USD 450.000 oleh seorang kolektor NFT yang menggunakan nama "P-Ape" pada 2021.

Gelembung Real Estate Virtual Mulai Pecah

Pada 7 Agustus, harga jual rata-rata untuk sepotong properti virtual di platform metaverse Decentraland adalah USD 14.385,27, menurut WeMeta. Itu turun sekitar 61 persen dari harga jual rata-rata puncak USD 37.238,68 pada November 2021, menurut situs tersebut.

Mengingat sifat metaverse dan cryptocurrency yang tidak dapat diprediksi, penasihat keuangan merekomendasikan hanya menginvestasikan uang sebanyak investor siap untuk kehilangan. Karena tidak ada jaminan investor akan mendapatkan keuntungan dari investasi pada aset itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.