Sukses

Tarian Selamat Datang Sambut Gugus Laut SBJ di Maumere Sikka

Citizen6, Maumere: Dengan menggunakan unsur tugas angkut KRI dr Soeharso-990, gugus Laut Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXII/2013, tiba di Pelabuhan Lorensay, Kota Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Jumat (6/9/2013). Bertindak sebagai Komandan Satgas SBJ LXII/2013, Kolonel Laut (P) Taat Siswo Sunarto yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Bantu Koarmatim.
 
Kedatangan gugus laut SBJ disambut masyarakat Maumere dengan tarian adat selamat datang Soka Papak. Acara penyambutan dihadiri Bupati Sikka, Drs Yoseph Ansar Rera, Wakil Bupati Sikka, Drs Paolus Nang Susar, Komandan Kodim 1603/Sikka, Letkol Arh Satya Wardana serta jajaran Muspida Kabupaten Sikka Lainnya. Usai acara penyambutan, Dansatgas SBJ beserta rombongan Muspida Kabupaten Sikka meninjau tempat pendaftaran pasien yang berlokasi di Gedung Terminal Penumpang Sadang Bui, Pelabuhan Lorensay, Maumere.
 
KRI dr Soeharso-990 merupakan kapal perang rumah sakit jenis Landing Platform Dock (LPD), yang dikomandani Letkol Laut (P) I Putu Darjatna. Kapal perang rumah sakit ini membawa peralatan pendukung berupa 2 kendaraan tempur air cepat Sea Rider dari Satkopaska Koarmatim, 1 Helly Bolcow, 2 kapal pendarat Landing Craft Utility (LCU), dan mobil ambulance.
 
Gugus laut SBJ didukung sebanyak kurang lebih 616 orang, terdiri dari awak kapal perang, dokter, paramedis, pilot dan kru helli, Komando Pasukan Katak, Penyelam tempur TNI AL, Polisi Militer Angkatan Laut (POMAL) serta tim pendukung lainnya.
 
Rencana kegiatan operasi bakti di wilayah Maumere secara umum berupa pelayanan kesehatan, pelayanan masyarakat, dan renovasi sarana dan prasarana umum. Adapun pelayanan kesehatan berada di 2 tempat yakni di darat dan di kapal. Posko pelayan kesehatan di darat melayani pasien kesehatan umum, gigi, dan khitan. Untuk pasien bedah mayor/minor, operasi katarak dan bibir sumbing bertempat di kapal perang rumah sakit.
 
Sedangkan bidang pelayanan masyarakat meliputi, penyuluhan kesehatan di SMK Pelayaran Bina Maritim, SMK Pelayaran Bina maritim, SMKN Perikanan Waidoko, SMA 1 Aliyah Muhammadiyah. Untuk penyuluhan hukum, dan bela negara dilaksanakan di SMK Pelayaran Bina Maritim, SMKN Perikanan Waidoko, SMA 1 Aliyah Muhammadiyah serta penyerahan bahan kontak di SMK Pelayaran Bina Maritim.
 
Selanjutnya bidang sarana dan prasarana melaksanakan tugas renovasi di Renovasi PAUD, Desa Wuring, Kecamatan Alok Barat, dan Renovasi TK Putri Duyung Desa.Wuring, Kecamatan Alok Barat.
 
Operasi Bakti TNI AL Surya Bhaskara Jaya merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh TNI AL merupakan wujud kemanunggalan TNI AL dengan rakyat. Program ini wujud kepedulian TNI AL terhadap masyarakat di daerah pesisir pantai pulau terluar dalam rangka untuk membantu mempercepat pembangunan. Dengan demikian diharapkan dapat membuka peluang usaha dan memberdayakan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan. Pelaksanaan pada tahun ini sekaligus merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Sail Komodo 2013 diwilayah NTT. (Dispenarmatim/Mar)

Dispenarmatim adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Saksikan Live Streaming Emtek Goes To Campus

Tutup Video