Sukses

Tanpa Tepung, Ini Cara Mudah Bikin Adonan Biar Tidak Lengket

Jangan salah, membuat adonan dengan tepung terkadang hasilnya malah jadi lengket. Ini cara alternatifnya.

Liputan6.com, Jakarta Bagi beberapa orang, membuat kue mungkin merupakan suatu hobi, passion, atau pekerjaan yang harus ditekuni untuk menyambung hidup sehari-hari.

Salah satu tantangan terberat saat membuat kue tidak lain adalah membuat adonan. Jika ada sedikit kesalahan saja saat membuat adonan, kue yang dibuat bisa saja jadi tidak mengembang, terlalu keras atau kering.

Bukan hanya itu, proses membuat adonan juga tidak mudah karena cenderung lengket di tangan. Banyak orang mengakali masalah ini dengan menambahkan tepung, walau nyatanya tepung sendiri berpotensi mengubah bentuk adonan.

Namun jangan risau, salah seorang spesialis juru masak Yohanes Adhijaya telah membagikan trik membuat adonan anti lengket tanpa tepung lewat akun TikTok pribadinya. Berikut selengkapnya pada Selasa (25/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Gunakan Minyak

Alih-alih menggunakan tepung, influencer sekaligus guru di sekolah baking ini menyarankan untuk menggunakan minyak. Ia juga menyebutkan berbagai keunggulan minyak dibanding tepung saat membuat adonan.

Minyak sendiri dapat mengurangi pembentukan gluten pada adonan, yang membuat adonan jadi tidak lengket.

3 dari 11 halaman

Adonan Lebih Mudah Dipotong

Minyak sendiri dapat mengurangi gesekan di setiap partikel tepung saat menguleni adonan. Dengan gesekan yang berkurang, adonan juga jadi lebih mudah dipotong.

Tidak hanya itu, minyak yang dioleskan pada permukaan meja juga membantu mencegah tangan jadi lengket pada adonan.

4 dari 11 halaman

Adonan Lebih Mudah Dibentuk

Hal ini persis seperti poin sebelumnya. Gesekan yang berkurang membuat adonan jadi lebih mudah untuk dibentuk karena tidak terlalu lengket pada tangan.

5 dari 11 halaman

Adonan Tidak Terlalu Kering

Minyak berfungsi dalam membungkus kandungan tepung dan air di dalam adonan. Dengan begitu, kandungan air dan tepung tidak akan bereaksi secara intens, sehingga gluten yang dihasilkan tidak berlebihan. Hal ini merupakan kunci adonan yang lembut dan lentur serta tidak kering.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Adonan

7 dari 11 halaman

Apa Itu Adonan Roti?

Adonan roti terdiri dari campuran tepung gandum, air, ragi, garam, dan berbagai bahan tambahan. Topik mengenai adonan roti cukup rumit ketika membahas reologinya.

8 dari 11 halaman

Apa yang Membuat Adonan Tidak Kalis?

Salah satu penyebab adonan tidak kalis adalah proses menguleni yang terlalu lama. Adonan yang diuleni terlalu lama justru menjadi semakin lengket. Hal ini terjadi karena ragi terus-menerus ditekan oleh tangan, padahal ragi seharusnya berfungsi sebagai pengembang adonan.

9 dari 11 halaman

Adonan Mengembang Karena Apa?

Gas CO2 yang dihasilkan membuat adonan roti mengembang. Ragi roti berasal dari Saccharomyces cerevisiae, yang mampu mengubah gula menjadi gas karbondioksida, sehingga adonan roti bisa mengembang.

10 dari 11 halaman

Apa yang Membuat Adonan Lengket?

Adonan Anda mungkin terlalu lengket jika Anda menambahkan terlalu banyak air atau menggunakan jenis tepung yang tidak tepat untuk adonan yang sedang Anda buat. Selain itu, pemeriksaan atau fermentasi adonan yang terlalu lama juga bisa melemahkan struktur gluten, yang akhirnya membuat adonan menjadi lengket.

11 dari 11 halaman

Berapa Lama Menunggu Adonan Roti Mengembang?

Adonan roti umumnya harus didiamkan selama kurang lebih satu jam atau sampai ukuran adonan meningkat dua kali lipat dari ukuran awal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini