Sukses

9 Tips Mudah Mengatasi Bau Tak Sedap di Dapur

Jangan khawatir lagi tentang bau tak sedap di dapur setelah memasak. Ikuti beberapa tips sederhana berikut ini agar dapur Anda bebas dari aroma tidak sedap. Yuk, simak penjelasannya!

Liputan6.com, Jakarta Dapur adalah salah satu ruangan terpenting dalam rumah. Menjaga kebersihannya merupakan prioritas utama bagi pemilik rumah karena ruangan ini rentan menyebabkan aroma yang mengganggu. Kegiatan memasak seringkali meninggalkan bau yang tidak sedap, yang bisa mengganggu kenyamanan bagi penghuni rumah.

Berikut adalah 9 tips mudah agar dapur tetap segar, dirangkum dari berbagai sumber pada Rabu (19/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 15 halaman

Pastikan Ventilasi Udara di Dapur Memadai

Ventilasi yang baik menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga kualitas udara di dapur. Udara segar dapat membantu menghilangkan bau dari sisa aktivitas memasak, terutama jika sering memasak dengan bahan-bahan beraroma kuat seperti bawang putih, ikan, atau rempah-rempah.

Gunakan jendela yang dapat dibuka untuk membiarkan udara segar masuk ke dapur. Exhaust fan juga bisa menjadi solusi untuk menarik udara tak sedap keluar dari dapur. Sesekali, buka semua jendela dan pintu dapur untuk menciptakan aliran udara silang yang dapat membawa bau tak sedap keluar dan menggantinya dengan udara segar.

3 dari 15 halaman

Jangan Menumpuk Piring Kotor di Dapur

Menumpuknya piring kotor bisa menjadi sumber utama bau tak sedap di dapur. Sisa makanan yang tertinggal di piring bisa membusuk dan menghasilkan bau yang mengganggu.

Karena itu, biasakan untuk mencuci piring serta peralatan memasak segera setelah selesai digunakan. Jangan lupa juga untuk memilih sabun cuci piring beraroma segar.

4 dari 15 halaman

Buang Sampah Dapur Secara Rutin

Sampah dapur juga termasuk salah satu penyebab utama bau tidak sedap di dapur. Sisa makanan, kulit buah, sayuran, atau bahan organik lainnya bisa membusuk dan menimbulkan bau yang sangat mengganggu. Karena itu, rutin membuang dan membersihkan sampah dapur adalah salah satu cara untuk mengatasi bau tak sedap di dapur.

5 dari 15 halaman

Tutup Panci atau Wajan Saat Memasak

Menutup panci atau wajan saat sedang memasak merupakan cara paling sederhana dan efektif untuk mengurangi penyebaran bau tak sedap di dapur. Dengan menutup panci atau wajan, maka uap dan bau yang dihasilkan saat memasak akan terkumpul dan tidak menyebar ke seluruh ruangan.

6 dari 15 halaman

Gunakan Air Purifier

Air purifier atau pembersih udara merupakan alat yang dapat membantu menjaga kebersihan udara di dapur. Alat yang satu ini mampu menyaring partikel-partikel kecil, seperti debu, asap, hingga bau yang tidak sedap di dapur. Air purifier dapat menyaring bau yang dihasilkan dari proses memasak, sehingga udara segar di dalam dapur tetap terjaga.

7 dari 15 halaman

Gunakan Air Rebusan Lemon

Lemon adalah salah satu bahan alami yang sangat efektif untuk menghilangkan bau tidak sedap. Kandungan asam sitrat di dalam lemon mampu mengurai molekul bau tidak sedap, sehingga dapur akan beraroma segar. Caranya pun cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut : 

  1. Iris tipis beberapa buah lemon.
  2. Masukkan irisan lemon ke dalam panci berisi air, lalu rebus sampai mendidih.
  3. Setelah air mendidih, biarkan panci terbuka dan uap lemon menyebar ke seluruh bagian dapur.
  4. Aroma segar dari lemon akan mengusir bau tidak sedap di dapur dengan cepat.
8 dari 15 halaman

Gunakan Kopi

Kopi bukan hanya bisa disulap menjadi minuman yang nikmat, tetapi juga merupakan bahan penghilang bau yang sangat efektif. Bubuk kopi mampu menyerap bau tidak sedap, kemudian menggantinya dengan aroma yang khas dan menyenangkan. Caranya pun cukup mudah, ikuti saja langkah-langkah berikut : 

  1. Ambil beberapa sendok bubuk kopi segar dan letakkan di dalam mangkuk kecil.
  2. Tempatkan mangkuk berisi bubuk kopi di sudut-sudut dapur atau di area yang sering menimbulkan bau tidak sedap, seperti dekat tempat sampah atau di dekat kompor.
  3. Biarkan bubuk kopi semalaman agar dapat menyerap bau dengan efektif.
  4. Ganti bubuk kopi setiap beberapa hari sekali untuk hasil yang terbaik.
9 dari 15 halaman

Taruh Arang di Tempat Sampah

Selain kopi dan lemon, arang juga termasuk bahan lain yang efektif untuk menghilangkan bau tidak sedap. Arang aktif memiliki pori-pori yang dapat menyerap partikel bau. Cara menggunakannya pun mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut : 

  1. Letakkan beberapa potongan arang aktif di dasar tempat sampah.
  2. Bisa juga dengan memasukkan arang ke dalam kantong kain kecil dan menggantungnya di dalam tempat sampah.
  3. Ganti arang setiap beberapa minggu sekali untuk memastikan efektivitasnya dalam menyerap bau tak sedap.
10 dari 15 halaman

Bunga Rampai Kompor (Potpourri)

Bunga rampai kompor atau potpourri adalah campuran bunga kering, rempah-rempah, serta bahan-bahan alami lainnya yang memiliki aroma menyenangkan. Caranya cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut : 

  1. Gunakan berbagai macam bunga kering seperti mawar, lavender, atau bunga chamomile.
  2. Tambahkan rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, dan biji pala untuk memperkaya aroma.
  3. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti minyak lavender, minyak jeruk, atau minyak kayu manis untuk memperkuat aroma.
  4. Letakkan campuran potpourri di dalam panci kecil dan tambahkan sedikit air.
  5. Panaskan di atas kompor dengan api kecil sampai mengeluarkan aroma.
  6. Biarkan panci potpourri terbuka supaya bau harumnya menyebar ke seluruh dapur.
11 dari 15 halaman

Apakah Garam Bisa Menghilangkan Bau pada Air?

Penggunaan garam dapat menjadi cara yang praktis dan efektif untuk mengatasi bau air sumur yang tidak sedap. Garam, yang mudah didapatkan, mengandung zat-zat yang dapat menetralisir bau, terutama H2S.

12 dari 15 halaman

Biar Tidak Bau Badan Pakai Apa?

Cara menghilangkan bau badan yang tak kalah penting adalah menggunakan deodoran atau antiperspiran. Meski sering dianggap sama, kedua produk ini sebenarnya berbeda. Produk deodoran umumnya mengandung alkohol atau zat antibakteri, seperti triclosan.

 

 

13 dari 15 halaman

Apa yang Menyebabkan Kamar Bau?

Udara ruangan yang lembab biasanya disebabkan oleh berbagai hal seperti ventilasi yang buruk, faktor cuaca, atap rumah yang bocor, hingga tembok rumah yang menyerap terlalu banyak air saat hujan. Sampah dan kotoran yang menumpuk di dalam ruangan juga bisa menjadi sumber bau di rumah.

14 dari 15 halaman

Apakah Kapur Barus Digunakan untuk Menghilangkan Bau pada Ruangan?

Pada umumnya kita tahu kapur barus digunakan untuk menyerap bau di kamar mandi. Atau untuk menghilangkan kelembaban pada lemari baju. Ternyata lebih dari itu, kapur barus memiliki banyak manfaat yang sangat berguna. Terutama untuk mengusir hama di rumah.

15 dari 15 halaman

Apakah Arang Bisa Menghilangkan Bau Ruangan?

Arang aktif untuk menyedot bau-bau tak sedap. Cukup bungkus arang aktif dengan kain kasa dan letakkan di sudut-sudut ruangan atau tempat yang kerap menjadi sumber aroma tidak sedap seperti dapur, dekat tempat sampah, ataupun kolong-kolong lemari yang sulit dijangkau saat bersih-bersih ruangan.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.