Sukses

10 Hewan Terlucu di Dunia, Habitatnya Unik

Di dunia ini terdapat banyak hewan yang memiliki wajah dan kepribadian yang lucu. Untuk mengetahui ada hewan apa saja, cek faktanya berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Keindahan dunia fauna tidak pernah gagal memikat hati banyak orang. Dari mamalia berbulu lembut hingga reptil berwarna cerah, berbagai hewan memiliki daya tarik unik yang membuatnya begitu dicintai. 

Kelucuan hewan-hewan ini seringkali menjadi daya tarik utama yang membawa wisatawan dari berbagai belahan dunia untuk melihat mereka. 

Dari panda raksasa yang gemar bermain di bambu hingga koala yang menggemaskan yang selalu terlihat mengantuk di pepohonan eukaliptus, setiap hewan memiliki cerita dan keunikan tersendiri.

Untuk mengetahui dimana hewan-hewan lucu tersebut berada, simak artikel berikut yang telah dirangkum dari azanimals.com pada Rabu (12/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

1. Quokka

Quokka (Setonix brachyurus) juga dikenal sebagai walabi semak ekor pendek. Quokka adalah makhluk kecil bulat seukuran kucing. Wajahnya terlihat seperti persilangan antara tikus dan kelinci. Quokka adalah hewan berkantung, ia aktif di malam hari dan membawa anak-anaknya di dalam kantong.  

Satu-satunya tempat tinggal quokka adalah di Pulau Rottnest di lepas pantai Australia. Tempat ini adalah salah satu lokasi paling terpencil di dunia. Meskipun demikian, hewan ini sangat populer hingga dijadikan objek wisata. 

3 dari 16 halaman

2. Kucing Berkaki Hitam

Kucing berkaki hitam (Felis nigripes), disebut juga kucing berbintik kecil, merupakan kucing liar terkecil di Afrika dan salah satu kucing liar di dunia. Tingginya antara 14 sampai 20 inci. Ia memiliki kaki berwarna hitam atau coklat tua dan bulu berbintik hitam.

Kucing liar menggemaskan ini memiliki wajah bulat kecil dan telinga lancip. Anak kucingnya hanya memiliki berat tiga ons saat lahir. Kucing berkaki hitam adalah pemburu nokturnal yang memangsa burung, hewan pengerat kecil, dan terkadang kelinci. Di Afrika, kucing kecil ini terkenal dengan keganasannya. Salah satu legenda mengatakan bahwa kucing berkaki hitam dapat menjatuhkan jerapah. 

Kucing berkaki hitam hanya ditemukan di Botswana, Namibia, dan Afrika Selatan. Mereka hidup terutama di dataran rumput, semak belukar, dan dataran pasir, termasuk Gurun Kalahari dan Karoo. Kebun Binatang Wuppertal, Kebun Binatang Cleveland Metroparks, Kebun Binatang Brookfield, dan Kebun Binatang Philadelphia telah berhasil membiakkan kucing berkaki hitam di penangkaran.

4 dari 16 halaman

3. Rubah Fennec, Rubah Terkecil di Dunia

Rubah fennec (Vulpes zerda) adalah rubah kecil yang berasal dari Gurun Sahara. Hewan ini tinggal di Maroko, Mauritania, Niger utara, Mesir, dan Semenanjung Sinai. Telinganya yang besar membantunya mengeluarkan panas, sehingga ia dapat bertahan hidup di iklim panas. Bulu tebal di kakinya juga dapat melindungi dari panasnya pasir gurun. 

Hewan ini memakan burung kecil, hewan pengerat, buah-buahan, dan reptil. Anggota terkecil dari keluarga canid, rubah fennec hanya memiliki berat sekitar empat pon. Rubah lucu ini mempunyai nama yang diambil dari tim sepak bola nasional Aljazair, Les Fennecs. Rubah kecil ini adalah spesies yang dilindungi di Aljazair, Mesir, Maroko, dan Tunisia.

5 dari 16 halaman

4. Berang-berang Laut

Berang-berang laut adalah salah satu hewan paling menggemaskan di darat maupun laut. Berang-berang laut (Enhydra lutris) merupakan mamalia laut asli pesisir Samudra Pasifik Utara. Sekitar 90% berang-berang laut dunia tinggal di Alaska.

Hewan ini memiliki wajah kecil dan bulat yang cenderung mengapung terlentang dalam posisi menggemaskan. Yang lebih mempesona lagi, berang-berang laut diketahui saling berpegangan tangan saat mengapung di atas air bersama-sama.

Sayangnya, berang-berang laut diburu hingga hampir punah dan populasinya belum pulih sepenuhnya. Saat ini, mereka digolongkan sebagai hewan yang terancam punah.

6 dari 16 halaman

5. Chevrotain atau Kancil

Chevrotain (Tragulidae), juga dikenal sebagai kancil. Chevrotain berasal dari kawasan hangat di Asia Tenggara, India, dan sebagian Afrika. Chevrotain adalah mamalia berkuku terkecil di dunia. Para ilmuwan mengatakan mereka telah menemukan kembali jenis chevrotain yang telah hilang dari ilmu pengetahuan selama hampir 30 tahun.

Ada beberapa spesies chevrotain, dan semuanya berukuran kecil. Tergantung pada spesiesnya, chevrotain dapat memiliki berat antara 4 hingga 33 pon. Yang terkecil adalah chevrotain melayu kecil, dan yang terbesar adalah chevrotain air.

Hewan kecil yang lucu ini terlihat seperti rusa kecil berwajah tikus. Namun, hewan menggemaskan ini terancam oleh perusakan habitat dan perburuan.

7 dari 16 halaman

6. Landak Mini

Makhluk mungil ini terkenal dengan tubuhnya yang bulat, berduri, dan ekspresi wajahnya yang sangat menggemaskan. Landak (Erinaceusis) adalah anggota keluarga Erinaceinae.

Makhluk lucu ini tinggal di Eropa, Asia, dan Afrika dan tidak ada landak di Australia atau Amerika Utara. Landak memang kecil, tapi memiliki gigi dan duri yang tajam sebagai perlindungan agar sulit ditangkap dan dimakan oleh predator.

Meskipun landak bukan hewan asli Amerika Utara, landak menjadi populer sebagai hewan peliharaan di Amerika, peliharaan yang paling umum adalah landak kerdil Afrika. Landak ini memiliki harga antara $100-$300, tetapi beberapa negara bagian melarang mereka sebagai hewan peliharaan seperti Georgia, California, Hawaii, dan Pennsylvania.

8 dari 16 halaman

7. Axolotl

Axolotl (Ambystoma mexicanum) atau ikan berjalan Meksiko berkerabat dengan salamander harimau. Terlepas dari namanya, hewan ini adalah reptil dan bukan ikan. Panjang axolotl berkisar antara 6 hingga 14 inci. Hewan ini termasuk dalam daftar hewan lucu, karena memiliki wajah yang mungil dan senyuman yang manis. 

Para ilmuwan mengatakan, axolotl memiliki sifat yang disebut neoteny, yang berarti terlihat seperti bayi sepanjang hidupnya. Axolotl juga memiliki pelengkap berbulu yang terlihat seperti bulu boa. Sayangnya, hewan menggemaskan ini terancam punah. Upaya konservasi dan program pemuliaan telah berhasil memulihkan populasi axolotl di danau-danau di Meksiko.

9 dari 16 halaman

8. Meerkat

Meerkat (Suricata suricatta) bukanlah jenis spesies kucing. Hewan ini sebenarnya seekor luwak kecil. Berasal dari Afrika bagian selatan, meerkat memiliki mata yang besar dan ekor yang panjang. Meerkat memiliki perilaku yang sangat lucu, termasuk duduk tegak dengan kaki belakangnya.

Seekor meerkat tingginya sekitar 14 inci dengan ekor yang panjang. Meerkat adalah hewan yang sangat sosial. Mereka hidup dalam kelompok yang disebut “massa” yang terdiri dari dua atau tiga keluarga meerkat. Massa ini tinggal di liang bawah tanah mereka sendiri. Meerkat dapat ditemukan di suaka margasatwa Afrika dan di kebun binatang di seluruh dunia.

10 dari 16 halaman

9. Panda Merah

Panda merah (Ailurus fulgens) berasal dari Himalaya timur dan Tiongkok barat daya. Makhluk cantik ini tampak seperti persilangan antara rubah dan panda raksasa, namun tidak berkerabat dengan keduanya. Panda ini lebih mirip dengan rakun atau sigung.

Panda merah memiliki bulu merah tebal dan ekor lebat bergaris. Memiliki wajah yang terlihat nakal dan tingkah lakunya yang lucu menjadikannya hewan favorit di antara orang-orang yang mengunjungi kebun binatang dan cagar alam.

Sayangnya, panda merah kini terancam punah. Seperti panda raksasa, mereka hanya memakan bambu, dan hilangnya habitat telah menyebabkan penurunan populasi secara drastis. Namun, beberapa kebun binatang telah berhasil membiakkan panda merah. Kebun Binatang Knoxville di Tennessee memegang rekor jumlah kelahiran panda merah terbesar di Amerika Utara.

11 dari 16 halaman

10. Marmoset Kerdil

Marmoset kerdil (Callithrix pygmaea) adalah monyet kecil yang berasal dari hutan hujan Amazon di Amerika Selatan. Hewan ini adalah monyet dan salah satu primata terkecil di dunia. Marmoset kerdil pada umumnya memiliki berat lebih dari tiga ons. Nama lainnya adalah monyet saku, singa kecil, dan monyet kerdil.

Hewan mungil ini memiliki wajah yang penuh rasa ingin tahu dan bulu yang halus. Bulu monyet yang tebal membuatnya terlihat lebih besar untuk menakuti predator. Marmoset kerdil hidup di Kolombia, Brasil, Ekuador, dan sebagian Bolivia.

Dan meskipun hewan ini bisa dibilang sudah menjadi salah satu hewan paling lucu di dunia dan tidak terancam punah, namun monyet ini sering menjadi korban perdagangan hewan peliharaan ilegal.

12 dari 16 halaman

Hewan Apa yang Paling Bahagia di Dunia?

Kecil dan menggemaskan adalah deskripsi yang tepat untuk Quokka. Hewan yang banyak ditemukan di Australia Barat ini juga dikenal sebagai "hewan paling bahagia di dunia" berkat senyum yang selalu tampak di wajahnya. Quokka (Setonix brachyurus) adalah mamalia yang termasuk dalam keluarga yang sama dengan kanguru dan walabi.

13 dari 16 halaman

Hewan Apa yang Paling Pemalu?

Meskipun tapir memiliki otot yang kuat dan tubuh yang besar, hewan ini termasuk salah satu yang paling pemalu di dunia. Karena sifatnya yang pemalu, menemukan tapir di alam liar merupakan tantangan tersendiri. Ketika bertemu dengan manusia, tapir akan segera bersembunyi di balik semak-semak untuk menghindari kontak. Selain tapir, ada juga burung kiwi yang terkenal karena sifat pemalunya.

14 dari 16 halaman

Apa Hewan Paling Langka di Dunia?

Vaquita (Phocoena sinus) adalah hewan paling langka di dunia. Spesies lumba-lumba ini berada di ambang kepunahan dan hanya ditemukan di ujung barat laut Teluk California di Meksiko. Saat ini, populasi mereka hanya tersisa 18 ekor. Para ilmuwan memperkirakan bahwa vaquita bisa punah dalam waktu sepuluh tahun jika tidak ada tindakan konservasi yang efektif.

15 dari 16 halaman

Hewan Apa yang Paling Setia di Dunia?

Angsa dikenal sebagai hewan yang sangat setia, dengan hanya memiliki satu pasangan seumur hidup. Pasangan angsa, baik jantan maupun betina, bekerja sama dalam merawat dan membesarkan anak-anak mereka sebagai sebuah keluarga.

16 dari 16 halaman

Hewan Apa yang Paling Tenang?

Kelinci termasuk salah satu hewan yang paling tenang di dunia karena mereka tidak memiliki pita suara, sama seperti siput dan cacing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini