Sukses

Trik Mudah dan Efektif Basmi Rayap di Dalam Rumah, Gunakan 5 Jenis Bahan Ini

Kerap merusak perabot, ketahui ciri-ciri kehadiran rayap di rumah beserta cara mudah membasmi nya. Mari cari tahu penjelasan selengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta Rayap termasuk salah satu jenis serangga pemakan serat selulosa yang mana banyak dihasilkan oleh kayu. Sehingga tak jarang, rayap banyak ditemukan bersarang di pohon ataupun barang-barang berbahan kayu lainnya.

Tak hanya di kawasan terbuka seperti ladang atau bahkan hutan, rayap juga umum ditemukan di rumah-rumah. Mereka biasanya banyak membuat sarang di area rumah yang jarang dijamah, seperti gudang misalnya.

Akibatnya, perabot-perabot kayu yang ada menjadi sasaran untuk sumber makanan rayap. Oleh karena itu, penting untuk mengenali tanda-tanda adanya sarang rayap di rumah, sekaligus langkah-langkah membasminya. 

Dirangkum pada Selasa (11/6/2024) berikut penjelasan selengkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

Tanda Ada Rayap di Rumah

Ada beberapa tanda yang mengindikasikan keberadaan rayap di rumah. Diantaranya adalah sebagai berikut.

3 dari 16 halaman

1. Residu Kayu

Jika menemukan residu atau serbuk kayu di beberapa titik area rumah, bisa jadi ini menjadi pertanda rayap sudah membuat sarang di rumah. 

4 dari 16 halaman

2. Ada Patahan Sayap Serangga

Meski tidak selalu, namun patahan sayap serangga yang ditemukan di rumah bisa menjadi salah satu indikasi adanya sarang rayap di rumah. 

5 dari 16 halaman

3. Munculnya Jalur Tanah

Biasanya, rayap membuat gundukan tanah memanjang seperti sebuah jalan. Jika menemukan tanda ini di rumah, maka besar kemungkinan itu merupakan ulah koloni rayap. 

6 dari 16 halaman

4. Lubang di Perabot Kayu

Sebagaimana dijelaskan di awal, rayap memakan serat selulosa yang mana banyak dijumpai di kayu. Karenanya, jika menemukan beberapa perabot kayu di rumah mulai berlubang atau sedikit rapuh, ini biasanya timbul akibat ulah rayap yang memakannya.

7 dari 16 halaman

5. Cat Dinding Mengelupas

Rayap juga bisa melubangi tembok untuk membuat jalan masuk. Akibatnya, udara yang lembab akan masuk ke sela-sela dinding dan mengakibatkan pengelupasan cat. 

8 dari 16 halaman

Cara Membasmi Rayap

Jika ditemukan rayap sudah mulai membuat sarang dan merusak perabot-perabot kayu di rumah, tak perlu khawatir. Lakukan beberapa cara ini untuk membasminya.

9 dari 16 halaman

1. Gunakan Asam Borat

Buat cairan asam borat dan semprotkan langsung ke titik-titik yang menjadi sarang rayap. Namun demikian, pastikan area atau benda-benda yang disemprot asam borat ini dijauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan karena berbahaya.

10 dari 16 halaman

2. Gunakan Diatomit

Berbeda dengan asam borat, penggunaan diatomit terkesan lebih aman. Caranya, cukup taburkan diatomit ke tanah yang mungkin dilewati rayap maupun menaburkannya di perabot-perabot yang digerogoti rayap. 

11 dari 16 halaman

3. Gunakan Insektisida

Selain membasmi hama pertanian, insektisida juga efektif digunakan untuk membasmi rayap di rumah. Namun demikian, perlu diperhatikan takaran penggunaannya agar tidak berbahaya ataupun merusak perabot. 

12 dari 16 halaman

4. Gunakan Minyak Jeruk

Campurkan 9-12 tetes minyak jeruk dengan 2 gelas air dan beberapa tetes sabun cuci piring. Kemudian, ke area-area yang menjadi sarang rayap.

13 dari 16 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Rayap

14 dari 16 halaman

Rayap Takut dengan Apa?

Naftalena dalam kapur barus mampu menakuti rayap sehingga mereka enggan mendekati lemari. Di samping itu, aroma naftalena efektif mengusir serangga lain seperti kecoa dan kepik, sehingga tidak bersarang di lemari.

15 dari 16 halaman

Kenapa Bisa Ada Rayap di dalam Rumah?

Kemunculan rayap di rumah disebabkan oleh kondisi lingkungan. Shaw menyatakan bahwa secara realistis, tidak ada cara untuk benar-benar mencegah rayap selain mencegah kedatangannya. Kelembapan yang tinggi dan banyaknya kayu menjadi faktor utama yang memicu kemunculan rayap di hunian.

16 dari 16 halaman

Apakah Rayap Berbahaya Bagi Tubuh Manusia?

Rayap adalah serangga invertebrata yang hidup berkoloni dan mengonsumsi kayu serta materi tumbuhan lainnya. Gigitan rayap tidak berisiko bagi manusia dan sangat jarang terjadi. Bahaya utama rayap bagi manusia adalah kerusakan yang mereka sebabkan pada kayu di rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini