Sukses

Hanya Pakai 2 Bahan Dapur, Begini Trik Rebus Telur Agar Mudah Dikupas Tanpa Direndam Air Es

Selain jadi lebih mudah dikupas, cara merebus telur pakai dua bahan dapur ini juga membuat hasilnya jadi lebih mulus. Mari simak caranya.

Liputan6.com, Jakarta Telur menjadi salah satu pilihan bahan masak yang banyak disukai.  Rasanya yang enak dan mudah diolah membuat menu olahan telur kerap kali menjadi pilihan saat sedang dikejar waktu.

Akan tetapi, terkadang memasaknya dengan cara direbus membuat tampilan telur jadi kurang menarik. Misal, pada beberapa kondisi, telur yang direbus membuat cangkangnya jadi menempel kuat, sehingga saat dikupas beberapa putih telur ikut tertarik bersama cangkangnya.

Akibatnya, telur  jadi bopeng-bopeng dan tidak mulus. Untuk menghindari hal tersebut, banyak orang merendam telur dengan air es sebelum mengupasnya, meski tak jarang cara ini pun kadang kurang berhasil.

Namun tak perlu khawatir karena akun Instagram @melizah21 telah berbagi tips agar telur rebus jadi lebih mudah dikupas, serta hasilnya mulus, cukup dengan menggunakan dua bahan dapur saja. 

Dirangkum pada Selasa (11/6/2024), temukan penjelasan lengkapnya di bawah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Siapkan Bahan yang Diperlukan

Tentu, siapkan telur yang akan direbus beserta dua bahan dapur tambahan. Sangat simpel, dua bahan dapur yang dimaksud adalah minyak goreng dan cuka makan. Hampir selalu ada di dapur, keduanya efektif membuat telur rebus jadi mudah dikupas, lho!

3 dari 12 halaman

2. Rebus Telur di Air Mendidih

Berikutnya, didihkan air terlebih dahulu. Baru setelah air mendidih ditandai dengan munculnya gelembung-gelembung air, telur yang sudah dibersihkan cangkangnya bisa dimasukkan. 

4 dari 12 halaman

3. Tambahkan Dua Bahan Ini

Setelah telur dimasukkan ke air mendidih, tambahkan sekitar dua sendok makan minyak goreng dan 2-3 tetes cuka makan, atau menyesuaikan dengan banyaknya telur yang direbus. 

5 dari 12 halaman

4. Telur Jadi Lebih Mudah Dikupas

Tutup panci dan rebus telur dengan durasi yang disesuaikan pada tingkat kematangan yang diinginkan. Misalnya, rebus telur selama 6-8 menit untuk hasil setengah matang ataupun 12-15 menit untuk telur rebus yang matang sempurna. 

6 dari 12 halaman

Cara Mengupas Telur

Letakkan telur rebus di alas padat dan keras, misalnya talenan kayu atau meja. Lalu, tindih telur dengan telapak tangan sambil sedikit ditekan dan gulungkan maju mundur hingga seluruh permukaan cangkangnya retak.

Setelahnya, cangkang telur bisa dibersihkan dengan mudah dengan hasil yang lebih mulus. Selamat mencoba!

7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Telur Rebus

8 dari 12 halaman

Telur Rebus Bermanfaat untuk Apa?

Telur mengandung lemak sehat serta protein tinggi yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, telur rebus sering dijadikan pilihan sarapan untuk menunda rasa lapar sampai makan siang. Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dibandingkan dengan karbohidrat.

9 dari 12 halaman

Berapa Butir Telur Rebus untuk Sarapan Pagi?

Saat sarapan, kamu harus makan dua telur rebus, satu porsi sayuran, dan satu buah. Pastikan sayurannya tidak mengandung tepung dan buah yang dikonsumsi rendah karbohidrat.

10 dari 12 halaman

Apakah Makan Telur Rebus Bisa Menambah Tinggi Badan?

Telur merupakan salah satu makanan yang sangat baik untuk menambah tinggi badan karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain itu, telur juga mengandung vitamin D yang melimpah, yang berperan dalam meningkatkan penyerapan kalsium. Akibatnya, kesehatan tulang terjaga dan pertumbuhannya dapat mencapai potensi maksimal.

11 dari 12 halaman

Apakah Makan Telur Rebus Bisa Menambah Berat Badan?

Setiap 100 gram telur ayam mengandung 154 kalori, 10,8 gram lemak, dan 12,4 gram protein. Nutrisi ini menjadikan telur sebagai makanan yang disarankan untuk meningkatkan berat badan.

12 dari 12 halaman

Apakah Telur Rebus Bisa Membentuk Otot?

Telur diketahui dapat membantu pembentukan dan penguatan otot tubuh karena mengandung beragam nutrisi seperti leusin, omega-3, fosfolipid, serta vitamin B dan D.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini