Sukses

Tanpa Dibakar atau Dikerok, Ini Cara Bersihkan Bulu pada Kikil Sapi

Membersihkan bulu pada kikil sapi jadi lebih mudah karena tidak perlu dibakar atau dikerok. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Jika dimasak dengan teknik dan bumbu yang tepat, kikil sapi akan menjadi hidangan yang sangat lezat.

Saking lezatnya, tidak sedikit orang yang menganggap bahwa kikil sapi itu tidak sehat. Melansir dari laman whatsfordinner, diketahui kikil sapi sarat akan zinc dan magnesium yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Memasak kikil pun juga tidak terlalu sulit, tapi justru mengolah dan mencabut bulu kikil sapi lah yang cukup menantang. Terlebih lagi jika kikil sapi didapat dari pembagian daging kurban yang sering kali masih belum bersih.

Cara tercepat untuk membersihkan bulu kikil adalah dengan dibakar lalu dikerok sampai benar-benar bersih. Hanya saja cara tersebut sangat menguras tenaga

Namun jangan khawatir, karena ada alternatif cara lain yang lebih mudah. Cara ini dibagikan oleh seorang YouTuber dengan kanal Pro MN Kuliner. Berikut selengkapnya pada Selasa (11/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Rebus dengan Air Mendidih

Pertama-tama, siapkan beberapa potong kikil sapi yang sudah dicuci dengan air mengalir. Jika sudah, siapkan air dalam panci untuk direbus sampai mendidih, lalu masukkan kikil ke dalam rebusan tersebut dengan keadaan terbuka. Biarkan kikil direbus sampai teksturnya lentur.

3 dari 11 halaman

Masukkan ke Freezer

Jika tekstur kikil sudah cukup lentur, matikan kompor. Biarkan kikil direndam dalam rebusan air mendidih tersebut sejenak sampai airnya dingin.

Kalau air sudah mulai dingin, pindahkan kikil ke dalam wadah untuk disimpan ke dalam freezer.Tunggu kikil sampai mendekati beku, tapi jangan sampai benar-benar beku.

4 dari 11 halaman

Rebus Lagi Sebentar

Semisal kikil sudah hampir beku, keluarkan dari freezer lalu rebus lagi sebentar di air mendidih sampai lentur.

Sama seperti langkah sebelumnya, matikan kompor jika kikil sudah luntur lalu diamkan sampai air rebusan dingin. Setelah itu, tiriskan kikil dan letakkan di dalam wadah.

5 dari 11 halaman

Kupas Bulu Kikil

Sekarang, bulu kikil bisa langsung dikupas dengan sangat mudah. Bahkan, pemilik kanal Pro MN Kuliner ini menyatakan bahwa bulu kikil sangat mudah dikupas seperti mencabut stiker.

Ia juga menyarankan untuk memanggang kikil di atas teflon untuk membuang atau meminimalisir lemak pada kikil.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Kikil Sapi

7 dari 11 halaman

Kikil Sapi Itu Bagian Apa?

Kikil atau kaki sapi merupakan bagian dari daging sapi yang berasal dari kaki dan sering dijadikan bahan utama dalam berbagai hidangan, khususnya di Asia. Di Indonesia, daging ini umumnya dimanfaatkan dalam pembuatan sup kaki sapi serta sebagai komponen dalam mie kocok.

8 dari 11 halaman

Apa Beda Kikil dan Kulit Sapi?

Kikil adalah bagian dari kaki sapi, sementara krecek berasal dari kulit sapi. "Kikil hampir serupa dengan kulit, namun lebih spesifik di bagian kaki."

9 dari 11 halaman

Apakah Kikil Sapi Baik untuk Kesehatan?

Protein dan mineral yang terdapat dalam kikil sapi memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan serta regenerasi sel-sel tubuh. Ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan fungsi organ tubuh secara keseluruhan.

10 dari 11 halaman

Apa Beda Kikil dan Tunjang?

Tunjang dikenal juga sebagai kikil, namun di rumah makan Padang, tunjang biasanya dimasak gulai bersama dengan tulang lunak. Umumnya, bagian kaki sapi yang dipakai. Akibatnya, saat menikmati tunjang, tidak praktis menggunakan sendok dan garpu. Lebih nikmat jika disantap dengan tangan.

11 dari 11 halaman

Apakah Kikil Tinggi Protein?

Kolagen merupakan bentuk protein yang terdapat dalam kikil sapi. Jenis protein ini memiliki asam amino esensial yang tidak lengkap jika dibandingkan dengan protein dalam daging, sehingga membuatnya lebih sulit dicerna oleh tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini