Sukses

Hemat Waktu, Begini Trik Kupas Bawang Merah dalam 10 Detik Tanpa Bikin Mata Perih

Jadi lebih sat-set ketika memasak, trik mengupas bawang merah ini wajib dicoba untuk meningkatkan efisiensi waktu memasak. Yuk, cari tahu cara lengkapnya!

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua jenis masakan di Indonesia menggunakan bawang merah sebagai bumbunya. Selain mudah ditemukan, tanaman satu ini bisa menambah cita rasa gurih dan kelezatan pada masakan.

Namun demikian, kulitnya yang tipis membuat penggunaan bawang merah kadang menurunkan efisiensi waktu memasak. Bagaimana tidak?

Berbeda dengan bawang putih, mengupas bawang merah kadang jadi sedikit kulit karena kulitnya yang tipis susah terlepas.

Namun tak perlu bingung lagi, tips dari akun Instagram lafina_indonesia ini bisa dipraktikkan. Kulit bawang merah jadi lebih gampang dikupas, bahkan hanya dalam waktu 10 detik.

Penasaran bagaimana caranya? Temukan jawabannya pada penjelasan yang dirangkum pada Senin (10/6/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Siapkan Air Mendidih

@lafina_indonesia menggunakan air panas untuk melunakkan  kulit bawang merah agar lebih mudah dikupas. Oleh karena itu, didihkan air terlebih dahulu.

3 dari 11 halaman

Rendam Bawang Merah

Selanjutnya, siapkan beberapa siung bawang merah yang ingin dimasak. Lalu rendam dengan air mendidih selama 5 menit. Pastikan takaran bawang merah yang disiapkan akan digunakan semua agar tidak layu karena sudah direndam air panas.

4 dari 11 halaman

Kupas Bawang Merah

Setelah 5 menit direndam, tiriskan bawang merah dan tunggu sebentar hingga agak dingin. Baru setelahnya, bawang merah bisa dikupas dengan jauh lebih mudah. 

5 dari 11 halaman

Bawang Merah Siap Dimasak

Bawang merah yang sudah dikupas bisa langsung diiris ataupun dihaluskan untuk kemudian dijadikan bumbu masak. Selamat mencoba!

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Bawang Merah

7 dari 11 halaman

Apa Saja Manfaat Bawang Merah?

Bawang merah memiliki sejumlah khasiat yang bisa membantu menurunkan risiko terbentuknya batu empedu. Dengan sifat antiinflamasi, antioksidan, senyawa sulfur, serta kemampuannya dalam meningkatkan produksi empedu dan menurunkan kadar kolesterol, bawang merah sangat bermanfaat.

8 dari 11 halaman

Bawang Merah Termasuk Kategori Apa?

Bawang merah (Allium cepa L.) merupakan tanaman semusim yang berumur singkat dan tumbuh berkelompok. Tanaman ini memiliki tinggi antara 15-25 cm, dengan batang semu dan akar serabut pendek yang tumbuh di permukaan tanah. Sistem perakaran yang dangkal membuat bawang merah rentan terhadap kondisi kering.

9 dari 11 halaman

Bawang Merah Termasuk Jenis Akar Apa?

Akar bawang merah tumbuh dalam bentuk serabut dengan perakaran yang dangkal serta bercabang secara sporadis. Akarnya merambah pada kedalaman tanah sekitar 15-20 cm dengan ukuran diameter mencapai 2-5 mm.

10 dari 11 halaman

Apa Saja Jenis Bawang Merah?

Beberapa jenis bawang merah antara lain Bima Brebes, Medan, Kling, dan Maja Cipanas. Tanaman ini menjadi pilihan utama bagi petani di wilayah sentra produksi dan area pengembangan.

11 dari 11 halaman

Apa Manfaat Makan Bawang Merah Mentah Sebelum Tidur?

Meningkatkan mutu istirahat adalah salah satu keuntungannya. Mengonsumsi bawang merah mentah sebelum beristirahat bisa menolong tingkatkan mutu istirahat serta mengurangi potensi sakit jantung. Tambahan lagi, bawang merah mentah bisa menolong melawan radikal bebas dalam badan dan mengurangi risiko penyakit kronis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini