Sukses

Hanya Butuh 3 Menit, Begini Cara Mudah dan Efektif Bersihkan Kerak Nasi di Rice Cooker

Kini tak perlu lagi merendam panci rice cooker semalaman agar kerak nasi yang menempel jadi mudah dibersihkan. Cukup lakukan trik ini, kerak nasi bersih dalam tiga menit.

Liputan6.com, Jakarta Memasak nasi menggunakan rice cooker memang mudah dan lebih efisien dari segi waktu. Namun demikian, tetap saja masalah kerak nasi bisa timbul pada beberapa jenis panci rice cooker yang tidak ada jaminan anti lengket.

Belum lagi, kebiasaan membiarkan nasi tetap di dalam rice cooker dalam seharian tanpa mencabut aliran listriknya. Hal ini berpotensi membuat bagian paling bawah nasi jadi kering dan mengerak. 

Akibatnya, panci jadi sulit ketika dibersihkan. Belum lagi, biasanya panci rice cooker tidak boleh digosok menggunakan alat pencuci yang berbahan keras.

Mengatasi hal ini, akun TikTok @yuyu020692 memberikan tips sederhana agar kerak nasi di panci rice cooker bisa lebih mudah dan cepat dibersihkan. Berikut penjelasannya, dirangkum pada Senin (10/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Rendam Kerak Nas dengan Air Panas

Pertama, cukup siapkan air panas. Kemudian, tuangkan air panas ke dalam panci yang sudah diambil nasi dan hanya tersisa keraknya.

3 dari 9 halaman

Diamkan 3 Menit

Biarkan kerak nasi tersebut terendam air panas selama kurang lebih tiga menit. Jangan lupa untuk menutup panci saat proses ini. 

4 dari 9 halaman

Kerok Menggunakan Centong

Setelah tiga menit, kerok kerak nasi menggunakan centong nasi perlahan-lahan. Keran nasi pun akan mudah sekali terangkat.

5 dari 9 halaman

Cuci Panci Rice Cooker

Terakhir, cuci panci hingga bersih. Tidak perlu khawatir jika masih ada kerak nasi yang sedikit menempel. Cukup gosok perlahan menggunakan spon biasa, maka akan bersih dengan mudah karena kerak nasi tersebut sudah melunak akibat direndam air panas tadi. 

6 dari 9 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Kerak Nasi

7 dari 9 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Kerak Nasi?

Kerak nasi adalah lapisan kering, keras, dan sedikit gosong yang terbentuk di bagian bawah dalam panci penanak nasi. Kerak ini muncul karena beras yang dimasak terkena panas langsung dari dinding panci.

8 dari 9 halaman

Kenapa Nasi Jadi Lengket?

Membersihkan beras dengan tepat sangat penting untuk menyingkirkan kotoran, debu, dan sisa-sisa sekam yang mungkin masih ada pada beras. Apabila beras tidak dibersihkan dengan baik, residu pati yang menempel pada butiran beras bisa membuat nasi menjadi lembek atau lengket saat dimasak.

9 dari 9 halaman

Apa Arti dari Kata Intip?

Dalam Bahasa Jawa, kerak nasi dikenal sebagai intip. Di Solo, intip ini diubah menjadi makanan khas. Membuat intip cukup sulit. Pertama-tama, kerak nasi yang menempel pada panci harus dikumpulkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini