Sukses

Tambah 4 Bahan, Ini Cara Gampang Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing

Bau prengus daging kambing dijamin hilang jika direbus dengan 4 bahan ini. Simak caranya.

Liputan6.com, Jakarta Selain dari ukuran, daging kambing memiliki beberapa perbedaan yang signifikan dari daging lainnya seperti tekstur dan aroma.

Daging kambing memiliki aroma khas yang sayangnya cukup mengganggu, yaitu bau prengus. Hal ini pula yang menyebabkan sebagian orang cenderung enggan untuk memasak daging kambing.

Padahal, bau prengus ini bisa dihilangkan jika daging kambing direbus dengan bahan-bahan khusus. Seorang warganet TikTok/@aarlaksana memiliki cara khusus untuk menghilangkan bau prengus dengan empat bahan yang akan dirangkum pada Senin (10/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Rebus Daging Kambing

Pertama-tama, siapkan air dalam panci lalu rebus sampai mendidih. Setelah mendidih, masukkan potongan-potongan daging kambing ke dalam rebusan tersebut. Tunggu sampai daging kambing berubah warna.

3 dari 11 halaman

Buang Air Rebusan

Jika daging kambing sudah berubah warna, matikan kompor llau angkat angkat daging kambing. Jangan lupa untuk membuang bekas air rebusan, karena seluruh bau pada kambing akan mengumpul pada sisa air tersebut.

4 dari 11 halaman

Rebus Bumbu Aromatik

Siapkan air rebusan yang baru pada panci, lalu masukkan bumbu aromatik agar lebih wangi. Adapun bumbu aromatik yang digunakan adalah daun salam, lengkuas, serta jahe dan serai yang sudah digeprek. Tunggu sampai mendidih dan tercium aroma harum.

5 dari 11 halaman

Masukkan Daging Kambing

Jika sudah tercium aroma wangi dari bumbu aromatik, masukkan semua potongan daging kambing ke dalam rebusan. Tunggu sampai daging matang, lalu matikan kompor dan tiriskan. Dengan cara ini, dijamin daging kambing tidak akan bau prengus lagi.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Daging Kambing

7 dari 11 halaman

Daging Kambing Sehat Apa Tidak?

Daging kambing adalah salah satu sumber protein hewani yang mudah dijumpai. Selain mengandung banyak protein, daging kambing juga memiliki beberapa nutrisi penting bagi tubuh, seperti zat besi, zinc, dan lain-lain.

8 dari 11 halaman

Setelah Makan Daging Kambing Sebaiknya Makan Apa?

Salah satu cara untuk mengurangi efek negatif setelah mengonsumsi daging kambing adalah dengan meminum teh hijau atau teh tawar panas yang mengandung katekin.

9 dari 11 halaman

Penyakit Apa Saja yang Tidak Boleh Makan Daging Kambing?

Namun demikian, daging kambing juga mengandung kolesterol, purin, dan berbagai zat lainnya dalam kadar yang cukup tinggi, sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi berlebihan oleh individu dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, asam urat, penyakit jantung koroner, obesitas, dan lain-lain.

10 dari 11 halaman

Apa Bedanya Daging Domba dan Kambing?

Menurut Healthline, daging kambing memiliki cita rasa yang lebih intens, tajam, dan manis dibandingkan dengan daging domba muda. Tekstur daging kambing juga lebih padat dan keras dibandingkan daging domba muda. Meski telah dimasak hingga empuk, daging kambing kadang masih menyisakan tekstur yang padat.

11 dari 11 halaman

Habis Makan Daging Kambing Tidak Boleh Makan Buah Apa?

Durian tidak dianjurkan untuk dimakan bersamaan dengan daging kambing. Hal ini tak lain disebabkan karnea daging kambing bersifat panas, sedangkan dengan memakan durian hanya  akan menambah rasa panas tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini