Sukses

Modal 1 Bumbu Dapur, Ini Cara Masak Daging Sapi Agar Cepat Empuk

Masak daging sapi pasti akan cepat empuk jika pakai 1 bumbu ini. Ikuti caranya.

Liputan6.com, Jakarta Selain lezat dan bergizi, sayangnya daging sapi juga dikenal memiliki tekstur yang sangat alot. Meski demikian, ada banyak cara untuk mengempukkan daging sapi seperti direbus dalam waktu yang lama atau dimarinasi dengan bumbu tertentu.

Namun, ternyata ada satu cara lagi yang lebih efektif agar daging sapi cepat empuk. Cara ini dibagikan oleh seorang warganet Instagram/@annepermata.

Bahkan, ia hanya menggunakan satu bumbu dapur saja, yang caranya akan disajikan berikut ini pada Jumat (31/05/2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Taburi Daging dengan Baking Soda

Pertama-tama, siapkan beberapa potong daging sapi yang ingin dimasak. Setelah itu, taburi baking soda secukupnya ke permukaan daging. Takaran baking soda tidak perlu banyak-banyak, yang penting dapat menyebar di permukaan daging.

3 dari 11 halaman

Masukkan di Plastik Ziplock

Usai ditaburi dengan garam, letakkan daging sapi di dalam plastik ziplock supaya tertutup rapat. Dengan disimpan dalam plastic ziplock, kandungan baking soda yang dapat mengempukkan daging tidak akan berkurang karena tidak terpapar udara.

4 dari 11 halaman

Simpan dalam Kulkas

Jika sudah diletakkan di dalam plastik ziplock, maka sekarang simpan daging sapi di dalam kulkas. Diamkan selama semalaman sebelum dikeluarkan dan dimasak.

5 dari 11 halaman

Bersihkan Daging Sapi

Sesudah dibiarkan semalaman, ambil daging sapi di dalam kulkas lalu keluarkan dari plastik ziplock. Sebelum dimasak, bersihkan daging sapi terlebih dahulu dengan dilap menggunakan tisu.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Mengenai Daging Sapi

7 dari 11 halaman

Berapa Lama Daging Sapi Bertahan di Kulkas?

Daging sapi yang belum dimasak lebih baik disimpan di dalam kulkas dalam keadaan mentah selama 3 hingga 5 hari. Sedangkan untuk daging yang telah dimasak, bisa disimpan selama 3 hingga 4 hari. Durasi penyimpanan yang sama berlaku juga untuk daging merah lainnya, seperti daging kambing dan domba.

8 dari 11 halaman

Menyimpan Daging di Kulkas Apa Harus Dicuci Dulu?

Tidak disarankan untuk mencuci daging sapi sebelum disimpan karena dapat mengakibatkan pertumbuhan bakteri tambahan. Proses mencuci daging sebelum pembekuan atau penyimpanan dalam freezer dapat meningkatkan risiko terjadinya freezer burn, yaitu dehidrasi dan oksidasi makanan.

9 dari 11 halaman

Berapa Lama Daging Sapi Tahan Tanpa Freezer?

Daging mencapai titik maksimum ketahanan pada suhu kamar hanya dalam waktu 120 menit. Bakteri dapat dengan mudah mengontaminasi daging karena rentannya. Paparan daging pada suhu ruangan yang berkepanjangan meningkatkan risiko kontaminasi oleh jutaan bakteri. Setiap detiknya, bakteri dapat berkembang biak bahkan saat daging hanya dibiarkan pada suhu ruangan selama 20 menit.

10 dari 11 halaman

Bagaimana Jika Daging Sudah Terlanjur Dicuci?

Jika sudah mencuci daging, bisa dipertimbangkan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis berperan dalam menghilangkan aroma tidak sedap dengan membunuh bakteri. Langkahnya cukup sederhana, cukup balurkan perasan jeruk nipis pada daging dan diamkan selama sekitar 30 menit. Selain jeruk nipis, garam juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi bau yang tidak diinginkan.

11 dari 11 halaman

Kenapa Daging Beku Tidak Boleh Direndam Air Panas?

Menerapkan metode ini mungkin mengakibatkan bagian tengah daging mengalami kerusakan dan kaku lebih lanjut. Salah satu cara yang sangat disarankan untuk mencairkan daging yang beku adalah dengan merendamnya dalam air dingin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini