Sukses

Hanya Perlu 1 Rempah, Begini Trik Sederhana dan Ampuh Empukkan Daging Tanpa Presto

Tak perlu merebus daging terlalu lama untuk mendapatkan tekstur yang empuk, cukup menggunakan satu rempah saja hasil masakan daging jadi tidak alot.

Liputan6.com, Jakarta Tekstur yang alot menjadi salah satu risiko mengolah daging. Karenanya, telah banyak muncul di internet tips dan trik agar tekstur olahan daging bisa empuk.

Salah satunya, ada dari warganet YouTube dengan nama kanal Dapur Rayyanka. Dalam video singkatnya, ia memberi tahu cara mudah mengempukkan daging, baik sapi maupun kambing, hanya dengan menggunakan satu jenis rempah.

Bagaimana caranya? Berikut informasi lengkapnya yang dirangkum pada Senin (27/5/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Bahan-bahan

Siapkan bahan-bahan berikut ini:

  • 350 gram daging
  • 25 gram jahe
3 dari 12 halaman

Potong-potong Daging

Pertama, potong-potong daging terlebih dahulu agar lebih mudah empuk ketika dimasak. Untuk ukuran pemotongannya sendiri bisa disesuaikan dengan hidangan yang akan dibuat. 

4 dari 12 halaman

Haluskan Jahe

Langkah berikutnya, haluskan 25 gram jahe. Bisa diuleg manual menggunakan cobek maupun diblender untuk hasil yang lebih maksimal dan lebih efisien.

5 dari 12 halaman

Campurkan Kedua Bahan

Ketiga, siapkan wadah dan campurkan potongan daging dengan jahe yang sudah dihaluskan. Aduk sambil ditekan-tekan agar sari-sari jahe dapat meresap ke serat-serat daging. 

6 dari 12 halaman

Marinasi Daging

Setelah dipastikan kedua bahan tercampur merata, diamkan selama satu jam. Selanjutnya, daging pun siap langsung diolah menjadi berbagai hidangan yang diinginkan tanpa perlu takut akan alot.

7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Mengempukkan Daging Buah

8 dari 12 halaman

Apa yang Bisa Melunakkan Daging?

Pepaya memiliki enzim papain yang berfungsi memecah serat dalam daging sehingga menjadi lebih lembut. Kalian bisa memanfaatkan irisan pepaya mentah atau jus pepaya sebagai bahan untuk merendam atau memarinasi daging, sekaligus melunakkannya.

9 dari 12 halaman

Untuk Melembutkan Daging Pakai Tepung Apa?

Tepung maizena mengandung pati dari jagung yang berfungsi menjaga kelembapan dan keempukan daging saat dimasak. Melapisi daging dengan tepung ini akan menjaga kandungan cairan, membuat daging lebih empuk. Cara menggunakan tepung maizena untuk mengempukkan daging pun sangat sederhana.

10 dari 12 halaman

Kenapa Daging Masih Keras saat Dimasak?

Menurut informasi yang dikutip dari The Kitchen, kesalahan yang sering terjadi saat mengolah daging sapi dengan merebus adalah kurangnya durasi perebusan yang memadai. Untuk mencapai tekstur yang diinginkan, diperlukan waktu yang cukup lama dalam proses merebus daging sapi. Jika proses perebusan dilakukan dengan singkat, hasilnya daging masih akan terasa keras.

11 dari 12 halaman

Pelembut Daging Namanya Apa?

Meat tenderizer powder dikenal sebagai salah satu komponen yang efektif dalam melonggarkan daging. Banyak restoran menggunakan serbuk pengempuk daging karena dianggap lebih nyaman untuk merendam daging.

12 dari 12 halaman

Enzim Apa yang Bisa Digunakan untuk Pengempukan Daging?

Diketahui bahwa enzim protease telah dimanfaatkan untuk meningkatkan kelembutan daging. Kelembutan tersebut dipicu oleh proses degradasi protein. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Eksin (1990), protease melakukan degradasi protein dengan cara menghidrolisis sarkolema.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.