Sukses

Trik Ampuh Hilangkan Bau Cat di Lemari Tanpa Kapur Barus, Hanya Perlu 2 Bahan Dapur

Cukup dengan memanfaatkan dua bahan sederhana ini, bau cat menyengat dari lemari dapat dengan mudah diatasi. Begini langkah-langkahnya.

Liputan6.com, Jakarta Lemari baru memang tampak bagus dan bersih, namun seringkali bau cat nya masih menempel kuat. Akibatnya, jika langsung digunakan untuk menyimpan baju, bau cat ini berisiko ikut menempel pada pakaian.

Namun demikian, Warganet YouTube dengan kanal bernama Dapur Diana membagikan tips sederhana untuk mengatasinya. Hanya perlu menyediakan dua bahan alami saja, bau cat dari lemari baru dapat segera teratasi.

Dirangkum pada Senin (27/5/2024), berikut penjelasan rincinya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Bahan-bahan

Siapkan empat bahan berikut:

  • Daun pepaya
  • Soda kue
  • Kardus bekas atau baskom
  • Gelas plastik
3 dari 10 halaman

Isi Lemari dengan Daun Pepaya

Langkah pertama, letakkan beberapa lembar daun pepaya di setiap kolom lemari. Jangan lupa dialasi dengan kardus atau letakkan daun pepaya di wadah baru ditaruh ke dalam lemari.

4 dari 10 halaman

Tambahkan Baking Soda

Berikutnya, siapkan soda kue ke dalam beberapa gelas plastik. Kemudian masukkan ke dalam lemari bersama dengan daun pepaya tadi.

5 dari 10 halaman

Diamkan Setengah Jam

Setelah kedua bahan masuk, tutup lemari dan diamkan sekitar 30 menit agar bau cat yang timbul dapat terserap. Jika sudah 30 menit, lemari bisa dibersihkan dan siap digunakan untuk menyimpan pakaian tanpa perlu khawatir pada bau cat yang menyengat.

6 dari 10 halaman

Catatan

Di akhir videonya, Dapur Diana memberikan beberapa catatan terkait menghilangkan bau cat.

Pertama, selain daun pepaya dan soda kue, bisa juga menggunakan bubuk kopi dan daun jeruk. Cukup letakkan di sudut-sudut dalam lemari, maka bau akan terserap oleh kedua bahan tersebut.

Kedua, cara ini, penggunaan daun pepaya dan soda kue maupun bubuk kopi dan daun jeruk, juga bisa diterapkan untuk menghilangkan bau ruangan yang baru dicat.

7 dari 10 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Bau Cat

8 dari 10 halaman

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Cat pada Kayu?

Menghilangkan bau dari cat kayu, minyak, dan dinding sangatlah mudah dengan menggunakan larutan air garam. Air garam dikenal efektif dalam menyerap bau cat yang kuat. Cara penggunaannya sangat sederhana, cukup larutkan garam dalam seember air, lalu letakkan ember tersebut di tengah ruangan.

9 dari 10 halaman

Kenapa Cat Bisa Bau?

Aroma tajam cat timbul dari senyawa kimia berbahaya yang dikenal sebagai VOC. Ketika VOC terhirup dalam jumlah besar, mereka dapat membahayakan kesehatan Anda. Selain itu, bau cat juga dapat muncul akibat kelembapan.

10 dari 10 halaman

Apa Bahaya Menghirup Bau Cat?

Formaldehida, xilena, dan benzena adalah senyawa organik yang dapat menguap dengan mudah ke udara dan dapat menyebabkan keracunan saat dihirup. Paparan formaldehida pada konsentrasi 0,3 ppm atau lebih dapat mengakibatkan batuk dan alergi kulit. Pada konsentrasi yang lebih tinggi, senyawa ini dapat menimbulkan sensasi terbakar pada mata, hidung, dan tenggorokan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini