Sukses

Bagus untuk Jualan, Ini Cara Agar Potongan Daging Ayam Jadi Banyak untuk Bikin Sate

Potongan daging pada sate ayam jadi lebih banyak dengan jumlah yang sama. Ini cara potongnya.

Liputan6.com, Jakarta Aroma asap dari sate ayam pinggir jalan memang sangat menggoda. TIdak hanya itu, makanan tradisional yang diketahui berasal dari Madura ini juga memiliki tekstur lembut dengan cita rasa gurih dan smokey.

Biasa disajikan dengan bumbu kacang, sate ayam akan terasa lebih nikmat jika disantap dengan lontong. Kenikmatan sate ayam juga akan bertambah jika potongan daging ayam pada sate juga lebih banyak.

Potongan daging ayam pada sate ternyata busa lebih diperbanyak meskipun daging ayam yang digunakan tidak terlalu banyak. Hal ini persis seperti yang dilakukan pemilik kanal YouTube/Sate Madura Official, yang tampaknya juga menjadi rahasia khusus di kalangan penjual sate ayam.

Dirangkum pada Senin (27/05/2024), berikut adalah cara agar potongan daging ayam bisa lebih banyak pada setusuk sate.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Pisahkan Kulit dan Daging

Pertama-tama, pisahkan bagian kulit terlebih dahulu dari daging ayam. Bagian kulit dan akan diletakkan di bagian bawah tusuk sate, sementara yang tebal akan diletakkan di bagian atas.

3 dari 11 halaman

Iris Tipis Lemak Ayam

Lemak atau gajih ayam sendiri nanti akan diletakkan di bagian atas saat bersama dengan kulit. Iris lemak ayam ini secara menyerong dan perlahan sambil ditekan dengan tiga jari agar hasil irisannya rapi.

Karena langkah ini cukup sulit, sangat disarankan agar pisau yang digunakan memang sudah cukup tajam.

4 dari 11 halaman

Iris Kulit Berlawanan dengan Serat

Jika dilihat secara teliti, terdapat serat-serat pada kulit ayam. Iris sedikit dengan membentuk goresan pada kulit ayam tersebut pada arah yang berlawanan dengan serat. Nanti, kulit ayam ini bisa direbus dulu sebelum ditusuk pada tusuk sate.

5 dari 11 halaman

Masukkan Daging ke Tusuk Sate

Ambil bagian kulit terlebih dahulu lalu masukkan ke tusuk sate sampai agak ke tengah. Setelah itu, masukkan bagian lemak dan letakkan di bagian tengah, lalu disusul dengan daging ayam di bagian atas.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Sate Ayam

7 dari 11 halaman

Sate Ayam Terdiri dari Apa Saja?

Makanan populer di Indonesia dan Asia Tenggara adalah sate ayam. Hidangan lezat ini terbuat dari daging ayam yang ditusuk dan dipanggang dengan bumbu gurih, manis, dan pedas.

8 dari 11 halaman

Apa Kandungan dari Sate Ayam?

Biasanya, satu porsi sate ayam, sekitar 100 gram, mempunyai kira-kira 200-250 kalori. Hal ini tergantung pada besar potongan daging serta jumlah bumbu yang dipakai. Tak hanya itu, sate ayam juga kaya akan protein dari dagingnya, lemak dari bumbu kacang, dan kolesterol dari daging ayam.

9 dari 11 halaman

Berapa Lama Sate Ayam Tahan?

Sate ayam dapat disimpan hingga 12 jam, namun kualitasnya tidak seoptimal ketika baru dimasak. Wadah sate ayam dapat dipertahankan tanpa perlu dipindahkan selama setengah hari.

10 dari 11 halaman

Apakah Boleh Makan Sate Ayam Tiap Hari?

Disarankan untuk tidak mengonsumsi sate setiap harinya. Ini dikarenakan asupan sate yang berlebihan bisa meningkatkan kemungkinan terkena hipertensi dan kanker. Sebaiknya, batasi konsumsi sate minimal 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

11 dari 11 halaman

Apakah Sate Ayam Bagus untuk Diet?

Salah satu opsi makanan rendah kalori yang lezat adalah sate ayam. Dalam hal ini, pemilihan dada ayam menjadi penting agar asupan kalori dapat diminimalkan. Berdasarkan data dari Departemen Pertanian Amerika Serikat, dada ayam memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibanding bagian ayam lainnya, sementara kalorinya tetap rendah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini