Sukses

Modal 1 Bahan, Ini Cara Goreng Bawang Merah Agar Harum dan Super Krispi

Bawang merah goreng tidak hanya renyah, tapi juga mengeluarkan aroma harum. Ini cara bikinnya.

Liputan6.com, Jakarta Saat menikmati beberapa hidangan seperti nasi goreng, nasi uduk atau opor ayam, sepertinya kurang lengkap jika tidak memakai bawang goreng.

Bawang goreng sendiri bisa dibuat dari bawang putih atau bawang merah, walau bawang merah lebih sering digunakan.

Cara bikin bawang goreng juga bermacam-macam dan sesuai selera. Kebetulan, ada salah satu warganet YouTube/Ceceromed Kitchen yang membuat bawang goreng agar tidak hanya renyah tapi juga harum.

Lantas, apa ada bahan khusus yang ia gunakan? Cari tahu jawabannya pada ulasan yang dirangkum pada Senin (27/05/2024) berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Iris Bawang Merah

Pertama-tama, siapkan bawang merah lebih dari lima ratus gram agar nanti jadi semakin banyak. Kupas dan iris tipis setiap bawang merah tersebut lalu bagi menjadi dua mangkuk, di mana salah satu mangkuk berisi lebih banyak irisan bawang merah.

Usahakan untuk mengiris bawang merah dengan alat irisan khusus agar lebih cepat. Meskipun begitu, menggunakan pisau biasa juga tidak masalah

3 dari 12 halaman

Tambahkan Cuka

Pada mangkuk dengan bawang merah yang lebih sedikit, tambahkan sekitar seperempat sendok teh cuka lalu aduk sampai merata. Menurut pengakuan pemilik kanal ini, cuka berubah warna jadi lebih merah muda.

Sedangkan pada mangkuk dengan irisan bawang yang lebih banyak, tambahkan air sampai terendam lalu cuci bersih. Ulangi langkah pencucian ini sebanyak tiga kali dengan membuang air cucian setiap kali selesai dicuci.

4 dari 12 halaman

Goreng Bawang Merah yang Diberi Cuka

Sebelum digoreng, irisan bawang yang diberi cuka harus tetap dicuci terlebih dahulu agar getahnya hilang. Usai dicuci, tambahkan seperempat sendok teh garam dan satu sendok makan maizena lalu aduk hingga merata.

Setelah itu, masukkan irisan bawang merah tersebut ke penggorengan dengan api besar, lalu kecilkan apinya. Terus aduk sampai tekstur bawang mulai krispi dan sedikit mengeras, lalu matikan dan tiriskan bawang goreng.

5 dari 12 halaman

Goreng Bawang Merah yang Hanya Dicuci

Sama seperti yang diberi cuka, bawang merah yang hanya dicuci juga diberikan setengah sendok teh garam dan dua setengah sendok makan maizena lalu aduk rata. Proses penggorengannya kurang lebih sama seperti bawang yang diberi cuka.

6 dari 12 halaman

Perbandingan Bawang Goreng yang Dicuci dan Diberi Cuka

Bisa dilihat, bawang goreng yang diberi cuka di bagian atas terlihat jauh lebih cerah dari pada bawang goreng yang hanya dicuci.

Kedua bawang goreng ini sama-sama renyah, hanya saja bawang yang dicuci cenderung lebih harum.

7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Terkait Bawang Goreng

8 dari 12 halaman

Apa Manfaat dari Bawang Goreng?

Mengonsumsi bawang goreng dalam jumlah yang wajar masih dapat membantu mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Ketika kadarnya rendah, kolesterol jahat tidak akan menumpuk di pembuluh darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung atau stroke.

9 dari 12 halaman

Penyakit Apa Saja yang Bisa Disembuhkan dengan Bawang Merah?

Bawang merah telah digunakan sebagai ramuan herbal untuk mengobati berbagai penyakit seperti: wasir, asma, batuk, bisul, infeksi cacing, demam, diabetes mellitus, disentri, tekanan darah tinggi, infeksi kulit kepala, kutil, kutu air, masuk angin, mata ikan, gangguan buang air kecil, mimisan, perut kembung, dan lainnya.

10 dari 12 halaman

Apakah Bawang Goreng Bagus untuk Diet?

Dengan hanya 164 kalori per 100 gram, bawang goreng memiliki kandungan kalori yang cukup rendah. Mengonsumsi sebanyak itu dalam sehari sudah tergolong banyak. Jika kamu menggunakan kalori tersebut untuk mengonsumsi makanan sehat, maka itu bisa dianggap sebagai pola makan yang baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

11 dari 12 halaman

Berapa Lama Ketahanan Bawang Goreng?

Apabila disimpan dengan baik di tempat yang sejuk dan kering, bawang goreng renyah umumnya dapat bertahan selama 6 hingga 8 minggu setelah kemasan dibuka.

12 dari 12 halaman

Bawang Merah Goreng Mengandung Apa?

Berdasarkan penelitian Samadi dan Cahyono (2005), bawang merah memiliki kandungan vitamin C, serat, kalsium, zat besi, serta protein. Selain itu, bawang merah juga kaya akan antioksidan yang berperan sebagai antiseptik dan mampu mengeliminasi bakteri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.