Sukses

Tidak Usah Direndam Air, Ini Trik Bikin Bawang Goreng Lebih Renyah hingga Berbulan-bulan

Dengan teknik ini, bawang goreng dijamin renyah berbulan-bulan tanpa harus direndam air. Ini dia caranya.

Liputan6.com, Jakarta Bawang goreng merupakan pelengkap makanan yang tidak boleh terlewat dalam berbagai jenis hidangan.

Jika digoreng dengan teknik yang tepat, bawang goreng akan sangat renyah serta memiliki rasa dan aroma yang menggoda.

Namun, tidak sedikit yang gagal dalam membuat bawang goreng, sehingga hasilnya malah jadi hitam, lembek dan cenderung pahit. Karena itu beberapa orang merendam bawang goreng dalam air panas agar bisa lebih renyah.

Walau begitu, ada teknik lain yang bisa digunakan agar bawang goreng tetap renyah selama berbulan-bulan. Teknik ini dibagikan oleh seorang warganet YouTube dengan akun Dapur Bunda Keysha, yang caranya akan dirangkum pada Selasa (25/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Potong 1 Kg Bawang Merah Tipis-Tipis

Siapkan sekitar 1 kg bawang merah, lalu kupas semua bawang tersebut. Potong tipis-tipis semua bawang merah tersebut dengan pisau yang tajam.

Meskipun begitu, potongan bawang merah juga jangan terlalu tipis agar bentuknya tetap bagus. Lalu jika terlalu tipis, dikhawatirkan bawang goreng nanti akan jadi mudah lembek.

 

3 dari 10 halaman

Buat Adonan

Setelah semua bawang dipotong tipis, letakkan dalam mangkuk besar untuk dicampur dengan tiga sdm cuka makan. Aduk sampai merata lalu diamkan selama dua menit.

Sembari menunggu, buat adonan dengan mencampur rata lima sdm maizena dan dua sachet kecil kaldu bubuk dengan rasa apa saja. Jika tidak ada kaldu bubuk, bisa ganti dengan garam

4 dari 10 halaman

Campur dengan Adonan

Setelah menunggu dua menit, rendam bawang merah dengan air secukupnya selama satu menit saja lalu tiriskan.

Letakkan bawang merah di atas piring, lalu taburkan juga adonan di atasnya. Aduk sampai tercampur rata

5 dari 10 halaman

Goreng Bawang Merah

Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api besar, lalu masukkan campuran adonan dan bawang merah ke dalam penggorengan.      

Setelah bawang goreng terlihat kering dan mulai mengapung, kecilkan api selama tiga menit. Setelah tiga menit, besar lagi api kompor selama setengah menit saja, lalu langsung angkat dan tiriskan.

Sekarang bawang goreng yang renyah bisa dinikmati dengan berbagai hidangan dan akan tetap renyah hingga berbulan-bulan ke depan.

6 dari 10 halaman

Apa Manfaat Bawang Goreng untuk Kesehatan?

Serat dalam bawang goreng menjaga kesehatan pencernaan dengan baik. Bawang juga kaya vitamin C dan B6, memberikan dukungan optimal untuk sistem kekebalan tubuh dan metabolisme energi. Ini juga dapat mencegah masalah sembelit.

7 dari 10 halaman

Apakah Bawang Goreng Boleh Ditaruh di Kulkas?

Bawang goreng yang telah dimasukkan ke dalam wadah kedap udara dapat disimpan di lingkungan yang kering, menjauhkan dari kelembaban. Tempatkan pada suhu ruangan dengan sirkulasi udara yang baik, atau bisa juga disimpan di dalam lemari pendingin.

8 dari 10 halaman

Apakah Bawang Goreng Bagus untuk Kolesterol?

Senyawa allicin dalam bawang dipercaya bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL). Bawang mengandung berbagai senyawa dan nutrisi yang tetap stabil meski dipanaskan atau digoreng. Oleh karena itu, mengonsumsi bawang goreng dalam jumlah yang mencukupi dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh.

9 dari 10 halaman

Dari Mana Asal Bawang Goreng?

Mayoritas mengklaim bahwa asal-usul bawang goreng berasal dari Pulau Madura, khususnya daerah Sumenep. Namun, ada yang berpendapat bahwa bawang goreng pertama kali muncul di Pulau Jawa, sejalan dengan karakteristik makanan khas Jawa yang umumnya memiliki rasa gurih dan asin.

10 dari 10 halaman

Apa Efek Makan Bawang Goreng Terlalu Banyak?

Ketika mengonsumsi bawang merah atau bawang goreng dalam jumlah besar, fruktan akan mengumpul di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan perut kembung dan sakit. Efek ini tidak selalu dialami oleh semua orang, tetapi ada yang lebih rentan terhadap efek tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini