Sukses

Modal 1 Alat, Ini Cara Mudah Kupas Kulit Kentang Tanpa Direbus

Mengupas kulit kentang jadi lebih mudah tanpa harus direbus dahulu. Ikuti caranya.

Liputan6.com, Jakarta Umum diketahui bahwa kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik dan dapat dijadikan pengganti nasi.

Selain menyehatkan, kentang juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat dengan cita rasa manis atau gurih seperti kentang mustofa, perkedel kentang hingga kentang goreng.

Walaupun begitu, kebanyakan orang lebih memilih membeli makanan olahan kentang tersebut secara langsung dari pada membuatnya sendiri di rumah. Hal itu tak lain disebabkan karena mengupas kentang memang cukup sulit.

Namun jangan khawatir, karena pemilik kanal YouTube/Eka Kurniawan Heriyanto punya teknik tersendiri untuk mengupas kentang jauh lebih mudah bahkan tanpa direbus dulu. Caranya akan dirangkum pada Sabtu (25/05/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Gunakan Kawat Pencuci

Jadi, alat khusus yang digunakan di sini adalah kawat pencuci piring. Usahakan gunakan kawat pencuci yang masih baru agar kentang tidak kotor. Meskipun begitu, kawat pencuci yang lama juga tidak masalah selagi sudah dibersihkan terlebih dahulu.

3 dari 11 halaman

Cuci Kentang dengan Kawat Pencuci

Siapkan kentang yang ingin dikupas, lalu cuci kentang tersebut dengan air mengalir sambil digosok-gosok menggunakan kawat pencuci.

4 dari 11 halaman

Kulit Kentang Terkelupas Sempurna

Setelah digosok-gosok cukup kencang di bawah air mengalir, kulit kentang akan mengelupas dengan sendirinya. Gosok terus kentang sembari dicuci sampai kulit kentang benar-benar terkelupas secara sempurna.

5 dari 11 halaman

Kentang Tidak Perlu DIcuci Lagi

Karena kentang sudah digosok dan dibilas dengan air mengalir, maka secara otomatis kentang sudah bersih dan tidak perlu dicuci lagi. Meski begitu, pastikan kawat pencuci yang digunakan juga sudah cukup bersih dari sisa noda.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Kentang

7 dari 11 halaman

Apakah kentang Rebus Harus Dikupas?

Menghilangkan kulit kentang sebelum merebusnya dapat menyebabkan hilangnya sekitar 40 persen vitamin C. Namun, jika kentang direbus tanpa dikupas, hanya sekitar 30 persen vitamin C yang akan hilang.

8 dari 11 halaman

Berapa Lama Merebus Kentang?

Setelah air mendidih, kecilkan api dan sesuaikan seperlunya agar kentang tetap mendidih hingga empuk saat ditusuk: 10–12 menit untuk kentang ukuran kecil, 15–20 menit untuk kentang sedang, atau 30–40 menit untuk kentang potong dadu besar. Tiriskan kentang menggunakan saringan dan biarkan dingin selama 10 menit.

9 dari 11 halaman

Apakah Kentang Harus Dicuci Dulu?

Sebelum dikonsumsi, kentang harus dicuci hingga bersih dan diolah dengan benar. Kentang adalah sejenis umbi yang tumbuh di dalam tanah. Jika tidak dicuci dengan teliti sebelum diolah dan dimakan, kulit kentang bisa saja masih mengandung zat kimia dari tanah.

10 dari 11 halaman

Berapa Menit Mengukus Kentang Agar Empuk?

Setelah itu, tutup rapat panci dan biarkan kukusan berjalan dengan api kecil. Langkah ini penting agar air tetap mendidih sampai kentang menjadi lunak. Proses ini memerlukan waktu sekitar 20-25 menit, atau 15-20 menit jika menggunakan kentang kecil yang baru.

11 dari 11 halaman

Apakah Boleh Makan Kentang dengan Kulitnya?

Kulit kentang memiliki manfaat yang tak boleh diabaikan, yaitu membantu mengurangi tekanan darah. Manfaat ini berasal dari kandungan kalium yang tinggi. Kalium adalah mineral penting yang paling banyak ditemukan pada kulit kentang. Memenuhi asupan kalium melalui makanan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini