Sukses

10 Rekomendasi Kosmetik Terbaik untuk Ibu Hamil Edisi 2024

Dalam keadaan mengandung, ibu hamil juga ingin tetap terlihat cantik. Oleh karena itu, simak rekomendasi kosmetik berikut yang aman untuk ibu hamil!

Liputan6.com, Jakarta Selain menjaga kesehatan dan perkembangan janin, ibu hamil juga perlu memperhatikan perawatan diri, termasuk dalam pemilihan produk kosmetik. 

Mengingat kulit dan tubuh ibu hamil menjadi lebih sensitif, memilih kosmetik yang aman dan sesuai menjadi sangat penting. 

Di tengah pasar yang dipenuhi dengan berbagai macam produk kecantikan, ibu hamil sering kali kebingungan dalam memilih kosmetik yang sesuai dengan kondisi mereka. Banyak bahan kimia dalam produk kosmetik yang dapat menimbulkan risiko bagi kesehatan ibu dan janin. 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui produk mana saja yang telah teruji keamanannya dan mengandung bahan-bahan alami yang aman bagi ibu hamil. Di bawah ini terdapat rekomendasi kosmetik yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan kulit ibu hamil.

Agar tidak salah pilih, yuk simak dan ikuti rekomendasi berikut, yang telah disajikan dari berbagai sumber pada Jumat (24/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

1. Wardah Colorfit Perfect Glow Cushion

Untuk ibu hamil dengan kulit kering, kosmetik green beauty dari Wardah ini bisa menjadi solusi tepat. Cushion ini dirancang untuk memberikan tampilan kulit yang sehat dan bercahaya. 

Produk Wardah ini juga mengadopsi teknologi SkinMatch, yang memastikan formulanya menyatu sempurna dengan kulit. Hasilnya, kulit akan tampak alami dan noda hitam di wajah bisa tertutupi dengan baik. Cushion dari Wardah ini tersedia dengan harga Rp115.000.

3 dari 16 halaman

2. Maybelline SuperStay Vinyl Ink

Produk ini memberikan efek glossy yang membuat penampilan terlihat lebih segar. Meskipun demikian, lipstik ini anti-transfer dan terasa ringan setelah diaplikasikan. Lipstik ini juga mengandung Aloe vera yang membantu menjaga kelembaban bibir sehingga terlihat lebih sehat.

Dengan beragam pilihan warna, pengguna bisa tampil lebih edgy dan berani. Penggunaannya disarankan untuk mengocok kemasan selama lima detik sebelum menggunakannya. Produk ini memiliki harga sekitar Rp132.000.

4 dari 16 halaman

3. Make Over Trivia Eye Shadow

Jika sedang mencari eyeshadow yang mudah dibawa saat bepergian, produk dari Make Over ini patut dipertimbangkan. Trivia Eyeshadow hadir dengan tiga warna dalam satu palet. Selain itu, pengguna akan mendapatkan dua jenis hasil akhir, yaitu matte dan shimmery. Yang lebih menarik, eyeshadow ini tersedia dalam sebelas pilihan warna palet. Untuk harganya sekitar Rp104.000.

5 dari 16 halaman

4. Skintific Cover All Perfect Air Cushion

Cushion foundation dari Skintific ini diperkaya dengan serum skincare yang memiliki kandungan pelembab tinggi. Ketika digunakan, foundation ini akan menjaga kelembaban kulit sekaligus memperkuat lapisan pelindung kulit. Foundation ini dirancang dengan coverage penuh sehingga efektif menutupi noda hitam dan jerawat di wajah. 

Dengan teknologi Raincoat Protective Film, foundation ini dapat bertahan hingga 12 jam, serta dapat mencegah tampilan kusam dan warna kulit yang tidak merata. Dilengkapi dengan SPF35 PA++++, riasan tidak hanya tahan lama, tetapi kulit juga terlindungi dari paparan sinar UV. Cushion ini tersedia dengan harga sekitar Rp289.000.

6 dari 16 halaman

5. Emina Cheeklit Pressed Blush

Bagi para penggemar makeup natural, powder blush dari Emina ini patut dipertimbangkan. Produk ini menawarkan warna yang intens dan memberikan hasil akhir matte yang terlihat alami, cocok untuk penggunaan sehari-hari. 

Selain itu, blush ini cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak, sehingga menjadi pilihan yang serbaguna. Produk dari Emina ini memiliki harga yang terjangkau, yaitu sekitar Rp41.500.

7 dari 16 halaman

6. Somethinc Badass Breathable Full Coverage 12HR Serum Foundation

Foundation dari Somethinc memiliki breathable formula. Efek live filter-nya membuat wajah tampak lebih halus dan bebas pori-pori. Produk ini juga tahan hingga dua belas jam dengan hasil akhir full coverage. 

Selain itu, kosmetik yang telah lulus uji dermatologi ini juga diperkaya dengan kandungan skincare untuk merawat kulit. Foundation ini memiliki harga sekitar Rp131.000.

8 dari 16 halaman

7. Luxcrime Slim Triangle Precision Brow Pencil

Untuk tampilan yang alami, cobalah produk dari Luxcrime ini. Pensil alis ini memiliki ujung berbentuk segitiga yang ramping, memungkinkan pengguna menggambar alis dengan lebih presisi. Selain itu, formulanya tahan noda sehingga alis tetap terlihat rapi sepanjang hari. Untuk harganya sekitar Rp95.000.

9 dari 16 halaman

8. PIXY UVW BB Cream

BB cream dari PIXY hadir dengan tekstur yang ringan dan formula non komedogenik, sehingga tidak menyumbat pori-pori kulit. Produk ini dilengkapi dengan fit blend formula yang memungkinkan krim menyatu sempurna dengan kulit. 

Mengandung natural whitening powder dan turunan vitamin C, BB cream ini membantu mencerahkan kulit. Selain itu, produk ini juga mengandung SPF 30/PA+++ untuk melindungi kulit ibu hamil dari paparan sinar matahari. Harga produk ini sangat terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp41.000.

10 dari 16 halaman

9. Barenbliss Cherry Makes Cheerful Lip Velvet

Lip cream dari Barenbliss ini terinspirasi dari kue red velvet cherry. Setiap olesannya memiliki aroma cherry yang manis, yang dapat meningkatkan mood. Hasil akhirnya sangat lembut dan bertekstur powdery dengan warna yang cukup cerah.

Meskipun memberikan hasil akhir matte, formulanya tidak akan membuat bibir kering. Lip cream ini juga mengandung hyaluronic acid dan minyak macadamia organik. Teksturnya sangat lembut di bibir dan tidak membuat bibir terasa berat. Produk ini memiliki harga sekitar Rp69.000.

11 dari 16 halaman

10. L'Oreal Paris Voluminous Lash Paradise Mascara

Maskara ini memiliki formula tahan air dan mampu memberikan efek memanjangkan dan memperbesar bulu mata, sehingga hasilnya akan tahan lama sepanjang hari.

Lash Paradise Mascara dilengkapi dengan sikat serat ultra sensasional. Sikat ini membantu menciptakan bulu mata yang lebih sempurna. Yang lebih penting lagi, formulanya tidak menggumpal. Produk ini tersedia dengan harga sekitar Rp198.000.

12 dari 16 halaman

MS Glow Apakah Aman untuk Ibu Hamil?

Produk MS Glow dirancang dengan keamanan sebagai prioritas utama, membuatnya sangat cocok digunakan oleh ibu hamil. Semua produk dari MS Glow diformulasikan menggunakan bahan-bahan yang telah terbukti aman dan telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu, proses produksinya juga dilakukan dengan menggunakan peralatan berkualitas internasional, menjamin kualitas dan keamanan produk yang dihasilkan.

13 dari 16 halaman

Apakah Ibu Hamil Boleh Pakai Skincare?

Meskipun tidak ada larangan khusus terhadap penggunaan skincare saat hamil dan menyusui, tetapi para wanita yang sedang mengandung atau menyusui perlu membatasi penggunaan beberapa produk skincare karena dapat meningkatkan risiko kelahiran cacat pada bayi.

14 dari 16 halaman

Apakah Ibu Hamil Boleh Melakukan Perawatan Wajah?

Disarankan untuk menghindari prosedur perawatan kulit wajah seperti mikrodermabrasi, laser, dan chemical peeling selama masa kehamilan. Ini karena prosedur-prosedur tersebut berpotensi memperburuk kondisi kulit yang sensitif pada ibu hamil. Selain itu, disarankan agar ibu hamil menghindari penggunaan sauna serta mandi atau berendam dalam air hangat terlalu lama. Hal ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan kulit dan menghindari kemungkinan komplikasi selama masa kehamilan.

15 dari 16 halaman

Bolehkah Ibu Hamil Pakai Sabun Cuci Muka?

Sabun wajah biasanya tidak digunakan dalam waktu yang lama, karena akan dibilas setelah 30-60 detik. Artinya, meskipun terdapat kandungan berbahaya, jumlah penyerapan ke dalam tubuh akan sangat terbatas, sehingga risiko terhadap janin dan kehamilan minim. Dengan demikian, Anda masih dapat menggunakan sabun wajah tersebut tanpa kekhawatiran yang berlebihan.

16 dari 16 halaman

Apakah Ibu Hamil Boleh Memakai Sunscreen Skintific?

Sunscreen Skintific All Day Light Sunscreen Mist SPF 50 PA++++ ini mengklaim dapat memberikan perlindungan terhadap sinar UVB selama 12 jam dan menghalangi sinar UVA hingga 16 kali lebih efektif dibandingkan dengan sunscreen konvensional. Tentunya, formula yang dimiliki oleh sunscreen ini dijamin aman untuk digunakan oleh ibu hamil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini