Sukses

Tahan hingga 3 Minggu, Ini Cara Tepat Simpan Pisang Kupas Agar Tidak Lembek

Jadi lebih praktis dan tahan lama, menyimpan pisang kupas dengan trik ini bisa awet hingga tiga minggu lamanya, lho! Begini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Pisang yang sudah matang dan tidak segera diolah atau dikonsumsi lama-lama akan lembek dan berakhir busuk.

Selain itu, pisang yang sudah lembek atau terlalu matang biasanya mengandung kadar gula yang lebih tinggi, sehingga kurang disarankan bagi penderita diabetes. 

Untuk mencegah hal tersebut, kanal YouTube Qta_Az membagikan tips dan trik menyimpan pisang kupas supaya lebih awet dan tidak lembek.

Cara ini juga lebih praktis ketika pisang dibutuhkan untuk diolah pisang menjadi camilan tertentu. Dirangkum pada Jumat (24/5/2024), berikut penjelasan selengkapnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Pastikan Pisang Sudah Matang

Pertama, hal yang harus diperhatikan adalah pastikan pisang kupas yang akan disimpan sudah matang. Ini karena jika pisang kupas yang akan diawetkan masih mentah, rasanya justru akan jadi pahit. 

3 dari 11 halaman

Gunakan Wadah Kedap Udara

Kedua, Tata pisang matang yang sudah dikupas ke dalam wadah kedap udara, bisa toples kedap udara atau plastik vakum. Hal ini berguna untuk mencegah oksidasi pada pisang, sehingga bisa lebih tahan lama.

4 dari 11 halaman

Simpan Pisang di Kulkas

Setelah dikemas, simpan pisang kupas ke dalam kulkas. Dalam videonya, Qta_Az menyampaikan bahwa pisang tidak perlu dimasukkan ke freezer, melainkan cukup disimpan di chiller saja.

5 dari 11 halaman

Pisang Kupas Awet 2-3 Minggu

Masa simpan pisang kupas ini bisa bertahan 2-3 minggu. Lebih cepat dikonsumsi akan lebih baik. Serta, usahakan tidak melebihi tiga minggu masa penyimpanan agar gizi dan teksturnya tetap terjaga.

6 dari 11 halaman

Tips Memilih Pisang yang Berkualitas

  1. Pilih pisang dengan aroma harum yang khas buahnya
  2. Hindari pisang dengan tandan yang layu atau berwarna kuning kecoklatan 
  3. Pilih pisang dengan kulit yang lebih halus sebagai pertanda bahwa pisang sudah matang
  4. Hindari pisang yang memar atau memiliki bekas bulatan coklat besar di permukaan kulitnya
7 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Menyimpan Pisang

8 dari 11 halaman

Pisang Lebih Baik Disimpan di Mana?

Metode pertama dalam menyimpan pisang adalah dengan menghindari menaruhnya di lemari es, terutama jika belum matang. Sebagai buah tropis, pisang umumnya tidak tahan terhadap suhu dingin. Oleh karena itu, cara terbaik untuk menyimpan pisang adalah dengan menaruhnya di suhu kamar.

9 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Menyimpan Pisang Agar Awet?

Pisang sebaiknya disimpan di suhu ruangan yang tidak terkena panas dan sinar matahari langsung. Simpanlah pisang di tempat yang sejuk dalam ruangan agar kulitnya tetap mempertahankan warnanya.

10 dari 11 halaman

Berapa Lama Buah Pisang Matang?

Pisang akan lebih cepat matang bila disimpan di suhu ruang yang hangat atau panas. Dengan membungkusnya menggunakan plastik, pisang dapat matang hanya dalam waktu 2-3 hari.

11 dari 11 halaman

Apa yang Membuat Pisang Membusuk?

Busuk batang pada tanaman pisang disebabkan oleh dua patogen, yaitu bakteri Pseudomonas solanacearum dan jamur Fusarium oxysporum f.sp. cubense. Mikroorganisme parasit ini menyebabkan tanaman mati, yang sangat merugikan petani dalam budidaya pisang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini