Sukses

Trik Ampuh Usir Semut Tanpa Kapur Barus, Hanya Perlu 1 Bahan Dapur

Mengusir semut di rumah jadi lebih mudah dan ekonomis menggunakan racikan simpel ini. Yuk, cari tahu lebih lanjut cara membuatnya!

Liputan6.com, Jakarta Semut bisa muncul kapan saja di dalam rumah. Tak hanya di dapur, remahan makanan yang jatuh ke lantai dan tidak segera dibersihkan juga cepat memancing kedatangan semut.

Kedatangan semut memang seringkali susah diprediksi dan dicegah. Oleh karena itu, tips sederhana dari kanal YouTube Ide Channel ini bisa dipraktikkan.

Sederhana dan efektif membasmi semut, cara basmi semut ala Ide Channel tersebut juga tak kalah ekonomis. Cukup menggabungkan dua bahan saja, berikut langkah-langkahnya, dirangkum pada Jumat (24/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Bahan dan Peralatan

  • Garam
  • Deterjen
  • Air
  • Gelas ukuran 250 ml
  • Botol spray
3 dari 12 halaman

Larutkan Kedua Bahan

Pertama-tama, larutan garam dan deterjen. Ambil garam dan deterjen masing-masing satu sendok makan, kemudian tambahkan 200-250 air biasa. Aduk hingga kedua bahan larut.

4 dari 12 halaman

Gunakan Botol Semprot

Untuk memudahkan penggunaannya, gunakan botol semprot. Pindahkan larutan garam dan deterjen tadi ke dalam botol spray.

5 dari 12 halaman

Cairan Siap Digunakan

Terakhir, cairan sederhana yang ampuh membasmi semut siap digunakan. Cukup semprotkan ke arah segerombol semut yang mengganggu di rumah. Setelah beberapa semprot, semut langsung mati.

6 dari 12 halaman

Cara Mengatasi Gatal Akibat Gigitan Semut

  1. Basuh menggunakan air dan sabun
  2. Kompres bekas gigitan semut dengan es batu ataupun air hangat
  3. Baluri dengan gel lidah buaya
  4. Olesi dengan minyak esensial, seperti minyak kayu putih atau tea tree oil
  5. Hindari menggaruk karena bisa memperparah sensasi gatal dan melukai kulit
7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Mengusir Semut

8 dari 12 halaman

Apa yang Paling Dibenci Semut?

Untuk mengusir semut, salah satu metode yang bisa dilakukan adalah menempatkan tanaman kemangi di dapur. Aroma kuat dan tajam dari kemangi tidak disukai oleh serangga, termasuk semut. Hal ini dapat mengganggu sistem komunikasi dan navigasi semut tersebut.

9 dari 12 halaman

Semut Benci Aroma Apa?

Bau kulit jeruk yang tidak disukai oleh semut dapat mencegah mereka masuk ke rumah. Oleh karena itu, tempatkan kulit jeruk di area yang sering dilalui semut agar mereka perlahan-lahan menjauh dari rumah.

10 dari 12 halaman

Apakah Kelemahan Semut?

Semut sangat tidak menyukai bau pedas dan panas yang dihasilkan oleh lada. Selain lada, dapat juga menggunakan garam sebagai cara untuk mengusir semut dari rumah.

11 dari 12 halaman

Bahan Alami Apa yang Bisa Mengusir Semut?

Cabai rawit merupakan bahan alami yang efektif untuk mengusir semut dari rumah. Taburkan bubuk cabai rawit di sekitar pintu masuk, pinggiran rumah, atau tempat-tempat yang sering dilalui semut. Pastikan campuran ini ditempatkan jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Aroma menyengat dari cabai rawit akan menghalau semut.

12 dari 12 halaman

Kenapa Semut Takut Bedak?

Bedak bayi ampuh dalam mengatasi semut berkat cara mereka "bernapas". Semut menghirup udara melalui pori-pori di exoskeleton atau kulit luarnya. Ketika bedak bayi ditaburkan pada semut, pori-pori tersebut tersumbat, sehingga semut tidak dapat bernapas dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.