Sukses

Cara Efektif Kurangi Rasa Pahit pada Bubuk Daun Jeruk Purut, Hanya Perlu Pisahkan Bagian Ini

Daun jeruk purut bubuk bisa diolah hingga tidak terasa pahit lagi. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Dikenal memiliki aroma wangi yang khas, daun jeruk purut sering kali digunakan sebagai pewangi makanan selain daun salam. Tidak hanya itu, jeruk purut juga memiliki segudang manfaat kesehatan seperti menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Lembaran daun jeruk purut sendiri bisa langsung digunakan karena lebih praktis. Meski demikian, tidak sedikit yang mengolah daun jeruk purut jadi bubuk agar lebih awet dan mudah disimpan.

Hanya saja, bubuk daun jeruk purut cenderung terasa lebih pahit dan dapat memengaruhi cita rasa makanan.

Agar bubuk daun jeruk tidak pahit, ikuti kiat-kiat yang dibagikan oleh kanal YouTube/Hendri Media, yang dirangkum pada Jumat (24/05/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Blender Daun Jeruk Purut

Siapkan beberapa lembar daun jeruk purut untuk diblender sampai halus. Setelah itu, jemur bubuk daun jeruk purut selama beberapa saat.

3 dari 11 halaman

Pisahkan Tulang-tulang Daun

Saat diblender, tulang-tulangan daun jeruk perut seringkali nyangkut di pisau blender, sehingga cukup mudah untuk dipisahkan.

Setelah daun jeruk diblender, biasanya masih ada sisa tulang-tulang daun yang ikut bersama bubuk daun jeruk. Pisahkan sisa tulang-tulang daun tersebut.

4 dari 11 halaman

Gunakan Daun Jeruk Purut Tua

Tulang-tulang daun jeruk purut yang muda cenderung akan ikut terblender semua dan tidak bisa dipisahkan, sehingga bubuk daun jeruk malah jadi pahit.

Oleh karena itu, gunakan daun jeruk purut yang tua agar tulang-tulang daun bisa dipisahkan. Bahkan, bisa dilihat bubuk daun jeruk purut tua yang digunakan pemilik kanal ini terlihat sangat hijau cantik dan diklaim cukup wangi.

5 dari 11 halaman

Jangan Buang Tulang Daun

Sisa tulang-tulangan daun jeruk purut jangan dibuang dan lebih baik disimpan di dalam gelas. Nanti, tulang daun ini bisa diletakkan di kamar atau meja untuk mengusir nyamuk.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Daun Jeruk Purut

7 dari 11 halaman

Apakah Daun Jeruk Bisa Dikeringkan?

Salah satu teknik untuk memperpanjang masa simpan daun jeruk purut adalah melalui proses pengeringan, yang bertujuan untuk mengurangi kadar air dalam bahan tersebut hingga mencapai tingkat yang aman untuk disimpan. Beberapa metode pengeringan telah diterapkan pada daun jeruk purut.

8 dari 11 halaman

Apakah Daun Jeruk Kering Masih Bisa Dipakai?

Walaupun daun yang sudah menguning atau kering masih bisa digunakan, daun dalam keadaan tersebut tidak bisa menghasilkan aroma secara maksimal. Alhasil, khasiat dari daun jeruk tidak akan dirasakan sepenuhnya.

9 dari 11 halaman

Gimana Cara Menyimpan Daun Jeruk Agar Awet?

Simpan daun jeruk dan salam di dalam wadah tertutup rapat. Gunakan toples atau kantong plastik untuk menyimpannya. Tempatkan di bagian luar lemari es. Metode ini dapat menjaga kedua daun tetap segar dan awet selama beberapa minggu.

10 dari 11 halaman

Daun Jeruk Bubuk untuk Apa?

Bubuk Daun Jeruk Purut 100gr Bubuk Daun Jeruk Murni / Pure Lime Leaves Powder bisa digunakan sebagai bumbu masakan atau untuk kesehatan, dengan beberapa manfaat antara lain: mengurangi peradangan, memelihara kesehatan mulut, menjaga kesehatan rambut dan menghilangkan kutu rambut.

11 dari 11 halaman

Daun Jeruk Campur Garam untuk Apa?

Garam berperan sebagai antiseptik. Oleh karena itu, garam bisa dicampur dengan daun jeruk dan digunakan sebagai obat kumur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.