Sukses

Dituduh Plagiat, Ini 7 Kesamaan NewJeans dengan Grup Wanita Asal Meksiko

Dilansir dari FMKorea, berikut 7 kesamaan NewJeans dengan grup asal Meksiko, Jeans.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, tepatnya pada 20 Mei lalu, NewJeans dituduh melakukan plagiarisme terhadap grup lain, yaitu grup wanita asal Meksiko, Jeans. Lebih tepatnya, tuduhan tersebut dilayangkan kepada Min Hee Jin yang merupakan ‘otak’ di balik besarnya nama NewJeans seperti sekarang.

Tidak hanya berperan dalam pemilihan konsep dan pemasaran NewJeans, CEO ADOR tersebut juga diketahui sangat selektif terhadap lagu yang akan diberikan ke grup asuhannya tersebut.

Permasalahan baru ini mengundang perhatian banyak orang. Tidak sedikit dari mereka yang mempertanyakan orisinalitas ide Min Hee Jin, apakah segala konsep NewJeans selama ini benar-benar berasal dirinya sendiri?

Adanya tuduhan tersebut bukanlah tanpa alasan, melainkan netizen yang sudah menemukan berbagai bukti kesamaan kedua girl grup tersebut. Terlebih kemiripan yang ditemukan telah mencangkup banyak aspek mulai dari konsep grup, video klip, desain album, dan masih ada lagi.

Dilansir dari FMKorea, Kamis (23/5/2024), berikut 7 kesamaan NewJeans dengan grup asal Meksiko, Jeans.

1. Kesamaan Nama Grup

Nama grup merupakan hal pertama yang pasti disadari oleh siapa saja, sebab kedua grup ini sama-sama memiliki kata ‘Jeans’. Meskipun bisa kesamaan nama ini terjadi karena suatu kebetulan, apabila digabungkan dengan kesamaan lainnya, bukan tidak mungkin banyak orang menganggap nama ini sebagai bagian dari plagiasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Jeans memiliki logo tulisan ‘Jeans’ yang dilengkapi dengan lis di sekitar hurufnya. Ternyata, hal yang tidak jauh berbeda juga digunakan oleh NewJeans sehingga membuat keduanya sangat mirip apabila dilihat dengan sekilas.

3 dari 7 halaman

3. Kesamaan Konsep Album

Sebuah gambar menampilkan CD album Jeans yang memiliki cover dari masing-masing membernya. Di sana mereka terlihat bergaya dengan ceria dan menggunakan filter khas kebiru-biruan.

Di sisi lain, CD tersebut mengingatkan penggemar dengan album debut NewJeans yang memiliki ciri serupa. Hanya saja milik NewJeans lebih modern dengan foto close-up dan dilengkapi dengan stiker yang membuatnya semakin ramai dan menggemaskan.

4 dari 7 halaman

4. Kesamaan Koreografi

Ditto” merupakan lagu NewJeans yang sangat viral sejak pertama kemunculannya. Salah satu bagian dance ikonik dari lagu ini adalah ketika para member saling memegang pundak satu sama lain dan membentuk formasi seperti ular.

Namun siapa sangka, bahwa gerakan tari seperti itu sudah lebih dulu dilakukan oleh Jeans. Keempat member Jeans terlihat menari seperti apa yang dilakukan NewJeans. Hal ini semakin menguatkan spekulasi banyak orang atas plagiasi yang dilakukan NewJeans.

5 dari 7 halaman

5. Kesamaan Kostum

Sebuah foto memperlihatkan Haerin NewJeans yang mengenakan atasan scarf berwarna merah. Atasan dengan model yang sama pernah pula dikenakan oleh salah satu member dari Jeans.

6 dari 7 halaman

6. Kesamaan Gaya Rambut

Danielle pernah menggunakan style rambut ‘space buns’ pada sebuah penampilan NewJeans di acara music show Korea. Sedangkan style rambut yang sama pernah dikenakan juga oleh salah satu anggota Jeans.

7 dari 7 halaman

7. Kesamaan Konsep Video Musik

Penggemar pasti tahun bahwa video musik NewJeans untuk lagu “Ditto” memiliki warna yang khas agak gelap. Selain itu, ada pula bagian seseorang merekam NewJeans menari dengan Handycam model dulu.

Tanpa disangka, ternyata konsep video musik seperti ini sudah lebih dulu digunakan oleh Jeans puluhan tahun lalu. Saat itu Jeans juga memiliki video klip dengan warna agak gelap serta salah satu membernya memegang kamera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.