Sukses

Benarkah Conditioner Bisa Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang?

Rambut yang kering dan mengembang cenderung sulit untuk diatur dan dapat mengganggu penampilan. Kondisi ini biasanya juga dapat menyebabkan rambut bercabang dan mudah patah.

Liputan6.com, Malang Rambut kering dan mengembang adalah masalah umum yang bisa terjadi pada siapa pun. Kondisi ini menyebabkan rambut sulit diatur dan tampak tak teratur. Selain itu, rambut bisa menjadi bercabang dan rapuh, menyebabkan mudah rontok.

Salah satu solusi untuk mengatasi rambut kering dan mengembang adalah dengan menggunakan kondisioner. Kondisioner dapat membantu melunakkan dan menghaluskan rambut, sehingga memudahkan proses penyisiran. Selain itu, kondisioner juga dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat penggunaan alat styling, produk perawatan rambut yang tidak tepat, paparan radikal bebas, dan kondisi cuaca.

Pemilihan kondisioner perlu dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan kondisi kulit kepala. Untuk panduan dalam memilih kondisioner yang tepat, simak artikel berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Pilih Conditioner dengan Formula Anti-Frizz untuk Mengatasi Rambut Mengembang

Untuk mengatasi rambut kering dan mengembang, pilihlah conditioner dengan formula anti-frizz. Formula ini bekerja dengan menutup kutikula rambut yang terbuka, membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur.

Rambut kering dan mengembang seringkali disebabkan oleh kutikula rambut yang tidak rata dan terbuka. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memilih conditioner yang memiliki kandungan seperti berikut:

Conditioner Anti-frizz

Kandungan silikon, minyak alami, dan pelembab seperti gliserin atau panthenol membantu menutup kutikula dan membentuk lapisan pelindung.

Conditioner dengan Protein dan Ekstrak Tanaman

Kombinasi protein dan ekstrak tanaman membantu memperbaiki serta memperkuat helai rambut yang rusak, sehingga rambut menjadi lebih kuat, halus, dan berkilau.

3 dari 10 halaman

Pilih Conditioner dengan Kandungan Vitamin untuk Menjaga Kelembaban Rambut

Penggunaan alat panas dan bahan kimia bisa membuat rambut menjadi kering dan mengembang. Oleh karena itu, pilihlah kondisioner yang mengandung vitamin seperti A, B kompleks, C, D, atau E.

Anda dapat memilih kondisioner berdasarkan faktor penyebab rambut kering. Berikut ini adalah kandungan vitamin yang sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan rambut beserta penjelasannya. 

Jika rambut kering disebabkan hair styling dan bahan kimia 

  • Vitamin A membantu mengurangi kerontokan rambut dan mengembang akibat penggunaan alat styling panas dan bahan kimia. Ini juga meningkatkan produksi sebum untuk menjaga kelembaban rambut.
  • Vitamin B kompleks, termasuk biotin dan panthenol (Vitamin B5), penting untuk metabolisme sel rambut dan kulit kepala, yang membantu mencegah kerusakan dan patahnya rambut.
  • Vitamin D merangsang folikel dan pertumbuhan rambut, mengurangi kerusakan dari penggunaan alat styling panas dan bahan kimia.

Jika rambut kering disebabkan oleh radikal bebas

  • Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan, melindungi sel rambut dari kerusakan radikal bebas serta menjaga kekuatan dan elastisitas rambut.
  • Vitamin E mengurangi peradangan di kulit kepala karena paparan sinar matahari dan memperbaiki rambut yang rusak dan bercabang.
4 dari 10 halaman

Pilih Conditioner dengan Pelembab Oklusif Jika Rambut Kering karena Cuaca

Jika rambut Anda kering karena cuaca, pilih conditioner yang mengandung pelembab oklusif untuk menjaga dan mengunci kelembapan rambut serta memberikan perlindungan tambahan.

Berikut adalah beberapa kandungan pelembab oklusif yang biasanya terdapat dalam conditioner untuk menjaga kelembapan rambut:

  • Argan oil
  • Olive oil
  • Jojoba oil
  • Coconut oil
  • Shea butter
5 dari 10 halaman

Gunakan Formula Khusus Jika Memiliki Rambut Keriting dan Ikal

Jika memiliki rambut keriting atau ikal, pilihlah kondisioner khusus untuk rambut. Kondisioner yang dirancang khusus untuk rambut keriting biasanya mengandung formula anti-frizz serta nutrisi tambahan seperti gandum, keratin, mineral, dan vitamin.

6 dari 10 halaman

Apa Fungsi Conditioner?

Kondisioner berfungsi untuk melindungi dan merawat lapisan terluar rambut yang disebut kutikula. Ini membantu menjaga kelembaban dan perlindungan rambut, serta memberikan kilau dan kehalusan, membuat rambut tampak sehat.

 

7 dari 10 halaman

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memakai Conditioner?

Prinsip mendasar penggunaan kondisioner adalah selalu mengaplikasikannya setelah Anda selesai keramas. Ketika Anda keramas, shampoo akan membuka kutikula rambut dan membersihkan segala kotoran yang menempel.

8 dari 10 halaman

Apakah Setelah Memakai Conditioner Harus Dibilas Lagi?

Masih ada banyak pertanyaan tentang apakah conditioner perlu dibilas setelah penggunaan. Jawabannya: ya, harus! Jika tidak dibilas, conditioner akan menumpuk di rambut dan dapat menyebabkan rambut menjadi lepek. Jadi, pastikan untuk selalu membilasnya hingga bersih!

9 dari 10 halaman

Apa Bedanya Sampo dan Conditioner?

Sampo dan kondisioner bekerja bersama untuk merawat rambut. Sampo membersihkan rambut dan kulit kepala secara menyeluruh, sementara kondisioner menghaluskan rambut dan membuatnya lebih mudah diatur, terutama bagi rambut yang awalnya kusut.

10 dari 10 halaman

Apakah Memakai Conditioner Dapat Meluruskan Rambut?

Siapa sangka, conditioner mampu membuat rambut menjadi lurus. Dengan penggunaan yang tepat dan teratur, Anda bisa memiliki rambut yang lurus dan terurai tanpa harus bermimpi lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.