Sukses

Hanya 10 Menit, Ini Cara Empukkan Ceker Ayam Pakai 1 Bumbu Saja

Ceker ayam ternyata bisa empuk dan bahkan lumer dengan 1 bahan ini. Ikuti caranya.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun dagingnya sedikit, ternyata ceker ayam cukup digemari oleh banyak orang.Selain itu,  ceker juga kaya akan kolagen yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Belum lagi tekstur ceker juga sangat kenyal dan lembut.

Padahal, mengolah ceker ayam agar bisa lembut bukanlah hal yang mudah. Ceker ayam harus direbus sangat lama atau dipresto dengan tekanan tinggi agar bisa empuk.      

Namun, ada salah satu warganet TikTok @sakuraku9 memiliki cara mengempukkan ceker ayam, bahkan sampai lumer. Diketahui ia hanya menggunakan satu bumbu dapur saja.

Lantas, bumbu apa yang ia gunakan? Temukan jawabannya pada ulasan yang dirangkum pada Kamis (16/05/2024) berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Rebus Ceker dengan Air Mendidih

Pertama-tama, panaskan air dengan takaran yang cukup banyak  dalam panci yang agak besar. Setelah air mendidih, masukkan ceker yang sudah dicuci bersih ke dalam panci. Rebus ceker selama lima menit dalam keadaan tertutup. Agar ceker tidak bau amis, bisa tambahkan ½ - 1 ruas jahe ke dalam rebusan.

3 dari 11 halaman

Diamkan Selama Setengah Jam

Setelah direbus dengan api besar selama lima menit, matikan kompor. Tanpa perlu membuka panci, biarkan ceker ayam selama tiga puluh menit.

4 dari 11 halaman

Rebus Lagi Selama 5 Menit

Usai dibiarkan sekitar setengah jam, nyalakan kompor lagi untuk merebus ceker ayam selama lima menit. Pada tahap ini, ceker ayam sebenarnya sudah cukup empuk. Namun agar bisa lumer, maka ceker harus direbus lagi.

5 dari 11 halaman

Ceker Jadi Lembut

Jika sudah direbus selama lima menit, maka kompor bisa dimatikan. Saat ini ceker sudah mencapai kelembutan yang maksimal dan lumer, sehingga siap untuk diolah.

Metode yang digunakan oleh TikToker @sakuraku9 ini sendiri disebut sebagai “5-30-5”. Teknik ini juga bisa digunakan untuk mengempukkan bagian ayam yang lain.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Mengenai Ceker Ayam

7 dari 11 halaman

Apa Manfaat Ceker Ayam Bagi Tubuh?

Salah satu keuntungan dari ceker ayam adalah kemampuannya dalam mencegah kerapuhan tulang. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi bagian tubuh ayam ini secara rutin guna memperoleh nutrisi penting seperti kalsium, protein, tulang rawan, dan kolagen. Nutrisi-nutrisi ini berperan dalam memperkuat sendi serta mencegah kerapuhan tulang ketika tubuh mengalami proses penuaan.

8 dari 11 halaman

Apakah Ceker Ayam Baik untuk Diet?

Ceker ayam diyakini sebagai pilihan tepat dalam pola makan yang sedang diet, berkat kandungan kolagennya yang tinggi. Kolagen, protein alami tanpa tambahan karbohidrat, membuatnya dianggap sebagai opsi makanan sehat yang sesuai untuk program penurunan berat badan.

9 dari 11 halaman

Apakah Ceker Ayam Mengandung Banyak Kolesterol?

Menurut penjelasan Tri Kurniawati, seorang ahli gizi dari Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, kandungan kolesterol ternyata juga terdapat dalam ceker ayam sekitar 86 gram.

10 dari 11 halaman

Berapa Biji Ceker Sekilo?

Satu Kilogram ceker ayam tersedia dengan 30 potongan di dalamnya. Ideal bagi mereka yang menjalankan usaha dengan bahan baku utama ceker ayam.

11 dari 11 halaman

Apakah Boleh Makan Ceker Banyak-banyak?

Apabila sering mengonsumsi ceker ayam dalam jumlah besar, akan mengakibatkan peningkatan kadar kolesterol yang dapat menyebabkan tubuh mudah merasa lelah jika terjadi secara berulang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.