Sukses

Cara Bikin Obat Nyamuk Modal 1 Bahan Alami, Ampuh dan Bebas Asap

Ternyata obat nyamuk bisa dibuat sendiri di rumah, lho! Selain ekonomis, bahan-bahan yang digunakan pun alami dan lebih aman. Yuk, simak bagaimana caranya!

Liputan6.com, Jakarta Obat nyamuk bakar umumnya menimbulkan bau asap yang membuat pernapasan terasa tidak nyaman. Selain itu, losion anti nyamuk pun kadang juga terasa kurang nyaman di beberapa jenis kulit. 

Menjawab permasalahan ini, seorang warganet TikTok @sakki.house memberikan tips mudah membuat cairan serbaguna yang bisa dimanfaatkan sebagai obat nyamuk alami dan lebih ekonomis. Cukup pakai satu bahan sisa, cairan ini efektif untuk mencegah gigitan nyamuk. 

Ditulis pada Senin (13/5/2024), berikut penjelasan selengkapnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Gunakan Kulit Jeruk

Melalui videonya, @sakki.house memanfaatkan kulit jeruk sebagai bahan utamanya. Caranya, siapkan kulit jeruk lalu potong kecil-kecil untuk mempermudah aroma dan minyak esensial alaminya keluar. 

3 dari 12 halaman

Rebus Kulit Jeruk

Masukkan potongan kulit jeruk ke dalam panci dan tambahkan air secukupnya. Kemudian, rebus hingga mendidih dengan durasi kurang lebih 15 menit agar minyak esensial dan aromanya keluar dengan optimal.

4 dari 12 halaman

Ambil Air Rebusannya

Matikan kompor setelah 15 menit, lalu tunggu hingga suhunya turun, atau bisa juga didiamkan sampai 1 hari. Kemudian, jika sudah dingin saring dan ambil air rebusan jeruk tersebut. Masukkan ke botol semprot untuk mempermudah penggunaannya.

5 dari 12 halaman

Obat Nyamuk Alami Siap Digunakan

Air rebusan kulit jeruk dapat digunakan sebagai obat nyamuk alami. Caranya, bisa disemprot langsung ke udara atau langsung ke permukaan kulit. Kandungan limonene yang ada dalam kulit jeruk bersifat racun, sehingga mampu membunuh nyamuk. 

Tak hanya sebagai obat nyamuk, menurut @sakki.house cairan ini cukup serbaguna, sehingga bisa digunakan sebagai, cairan pembersih furniture, semprotan anti semut, pestisida alami, pengharum ruangan, dll.

6 dari 12 halaman

Ragam Manfaat Kulit Jeruk untuk Kulit

Bukan hanya buahnya, kulit jeruk juga kaya manfaat untuk kesehatan kulit, diantaranya:

  1. Sumber antioksidan untuk mencegah peradangan kulit
  2. Mencerahkan kulit
  3. Bahan eksfoliasi alami
  4. Membantu mengontrol minyak berlebih pada kulit
  5. Mengatasi masalah jerawat
  6. Menjaga elastisitas kulit
7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Obat Nyamuk

8 dari 12 halaman

Nyamuk Paling Takut dengan Apa?

Aromaterapi. Penggunaan aromaterapi yang memancarkan aroma khas dapat menghalau nyamuk. Pilihan aromaterapi, seperti aroma cengkeh, rosemary, serai, kayu manis, atau peppermint. Alternatif lainnya adalah dengan memanfaatkan irisan serai untuk mengusir serangga tersebut.

9 dari 12 halaman

Apakah Kipas Angin Bisa Mengusir Nyamuk?

Kipas angin bisa membantu menghalau nyamuk. Penelitian menunjukkan bahwa kecepatan angin dari kipas dapat menghalangi nyamuk, hewan terbang yang pada dasarnya lemah.

10 dari 12 halaman

Nyamuk Paling Takut Warna Apa?

Umumnya, nyamuk tidak suka dengan warna cerah yang memantulkan panas, sehingga warna putih dianggap sebagai pilihan terbaik untuk mengusir nyamuk.

11 dari 12 halaman

Bau Apa yang Disukai Nyamuk?

McBride mengatakan bahwa nyamuk cenderung tertarik pada aroma lengan, meskipun tidak pernah dipikirkan sebelumnya bahwa lengan dapat memiliki aroma tertentu. Mereka tertarik pada sebum, zat berminyak yang menyerupai lilin di kulit, yang berfungsi sebagai pelindung dari kekeringan dan mengandung molekul yang bertanggung jawab atas aroma tubuh.

12 dari 12 halaman

Apa yang Menyebabkan Banyak Nyamuk?

Saat malam tiba di musim panas, suhu yang tetap tinggi menciptakan lingkungan yang sempurna bagi perkembangbiakan nyamuk. Peningkatan suhu juga merangsang pertumbuhan bakteri di genangan air, yang menjadi sumber nutrisi bagi nyamuk. Dengan meningkatnya suhu udara, proses penetasan telur nyamuk juga menjadi lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini