Sukses

Tanpa Diungkep, Ini Cara Bikin Ayam Goreng Jadi Empuk dan Bumbu Meresap

Bikin ayam goreng yang empuk dengan bumbu meresap sempurna akan semakin mudah tanpa perlu diungkep. Ikuti caranya.

Liputan6.com, Jakarta Ketika mendengar kata ayam goreng, tidak jarang akan langsung merujuk pada ayam goreng tepung ala fast food yang krispi dan berminyak.

Padahal, ayam goreng kuning yang bertekstur empuk juga tidak kalah nikmat. Terlebih lagi, bumbu yang digunakan pada ayam goreng ini cenderung lebih tajam.

Ayam goreng berbahan dasar kunyit ini biasanya akan diungkep dengan minyak agar semakin nikmat.

Namun ada seorang TikToker dengan akun @dapurcantikchannel yang mengklaim mampu membuat ayam goreng ini tanpa diungkep. Hal ini tentu saja membuat banyak warganet keheranan, karena rasanya tidak mungkin membuat ayam goreng seperti ini tanpa diungkep.

Kira-kira, apakah ia menggunakan bahan atau metode khusus? Cari tahu jawabannya pada pembahasan yang dirangkum pada Senin (06/05/2024) berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Haluskan Rempah dengan Blender

Penggunaan rempah di sini sangatlah banyak agar ayam semakin lezat. Oleh karena itulah disarankan untuk menghaluskan rempah-rempah berikut dengan blender:

●     Bawang putih dan bawang merah.

●     Kunyit.

●     Serai.

●     Lengkuas.

●     Jahe.

●     Kemiri.

Pastikan semua rempah tersebut sudah disangrai sebelum diblender. Jika sudah dihaluskan, letakkan rempah di atas wajan atau teflon besar.

3 dari 11 halaman

Tambahkan Bumbu

Agar tambah lezat, tambahkan berbagai bumbu seperti garam, lada bubuk dan kaldu jamur. Tambahkan juga daun salam dan daun jeruk agar ayam semakin harum. Aduk-aduk agar rempah dan bumbu tercampur rata.

4 dari 11 halaman

Goreng Ayam

Tanpa menambahkan minyak, nyalakan kompor dengan api sedang untuk memanaskan bumbu. Masukkan semua ayam untuk digoreng dan diaduk-aduk dengan bumbu sampai tercampur sempurna.

Terus aduk ayam goreng dan jangan berhenti sampai ayam matang dan bumbunya menyusut.

5 dari 11 halaman

Ayam Goreng Kuning Siap untuk Disantap

Jika sudah tidak ada bumbu tersisa, itu berarti bumbu sudah meresap sempurna dan ayam sudah matang. Matikan kompor untuk menyajikan ayam di atas piring.

Sekarang, ayam goreng kuning yang empuk siap untuk disantap dengan nasi hangat dan sambal. Karena tidak menggunakan minyak, tentu ayam goreng kuning ini juga lebih sehat.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Terkait Ayam Goreng Kuning

7 dari 11 halaman

Berapa Lama Mengungkep Ayam?

Sebelum dimasak dengan api, disarankan untuk mengungkep ayam bersama bumbu pada intensitas kecil hingga matang. Proses ungkep ayam negeri memakan waktu sekitar 45 menit, sementara ayam kampung memerlukan waktu sekitar 1 jam. Selain menghindari risiko ayam terbakar karena proses memasak yang berkepanjangan, metode ini juga meningkatkan penyerapan bumbu.

8 dari 11 halaman

Berapa Hari Ayam Goreng Basi?

Ayam goreng dapat bertahan selama satu hari satu malam pada suhu kamar, namun kualitasnya dapat menurun menjadi lebih lembek dan kurang segar dibandingkan dengan saat baru digoreng. Jika disimpan dalam lemari es, ayam goreng dapat bertahan hingga 3 hari.

9 dari 11 halaman

Apakah Bumbu Ungkep Harus Ditumis?

Saat bumbu ungkep telah jadi sangat halus, bumbu perlu disangrai hingga aroma harumnya tercium dengan jelas. Minimal tumis bumbu selama sepuluh menit hingga minyak alami dari bumbu muncul secara spontan.

10 dari 11 halaman

Ungkep Itu Bagaimana?

Teknik memasak yang dikenal sebagai ungkep melibatkan proses merendam ayam dengan bumbu selama beberapa jam. Tujuannya adalah agar bumbu dapat meresap dengan sempurna ke dalam daging ayam, sehingga ketika dimasak, hasilnya memiliki cita rasa yang gurih dan khas.

11 dari 11 halaman

Apa Perbedaan Marinasi dan Ungkep?

Biasanya, proses ungkep diperlukan agar makanan menjadi lembut dan rempah-rempah meresap sepenuhnya ke dalamnya. Sementara itu, marinasi bertujuan untuk memberikan cita rasa dan aroma yang spesifik sebelum proses memasak selanjutnya, seperti memanggang atau menggoreng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini