Sukses

Trik Usir Cicak Pakai 2 Bahan Dapur, Cepat dan Efektif Tanpa Perangkap

Tidak perlu lagi membeli obat pengusir serangga karena ternyata bahan-bahan yang ada di rumah bisa jadi alternatif untuk mengusir cicak yang tak kalah ampuh. Apa saja yang dibutuhkan? Yuk simak!

Liputan6.com, Jakarta Cicak merupakan salah satu hewan yang sering dijumpai di rumah-rumah. Selain suaranya yang terkadang mengganggu, cicak juga kerap meninggalkan kotoran yang bau di dinding dan sudut-sudut rumah. 

Menangkap cicak satu per satu rupanya bukan menjadi ide yang efektif. Begitu juga dengan penggunaan perangkap karena bangkai cicak yang mati akan menimbulkan bau yang sangat menyengat.

Untuk mengatasi hal ini, seorang pengguna Instagram, @rumah_qinaz, membagikan tips membuat cairan pengusir cicak yang simpel dan terbukti ampuh mencegah cicak datang lagi. Berikut ini penjelasannya, dirangkum pada Senin (6/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Siapkan Bahan-bahan

Bahan-bahan untuk membuat cairan pembasmi cicak ini cukup mudah dijumpai di dapur, yaitu:

  • 3 sdm sabun cuci piring
  • 3 sdm cuka
  • 250 ml air.
3 dari 12 halaman

2. Buat Cairan Pengusir Cicak

Selanjutnya, cara membuat cairan pembersih cicak juga tak kalah simpel. Cukup campurkan semua bahan, lalu aduk hingga semua bahan menyatu dengan baik. Setelahnya, masukkan cairan tersebut ke botol semprot untuk mempermudah penggunaannya. 

4 dari 12 halaman

3. Cairan Pembasmi Cicak Siap Digunakan

Semprotkan cairan pembasmi cicak ke area-area yang sering didatangi cicak, atau bisa juga disemprotkan langsung ke cicak yang sedang dijumpai. 

5 dari 12 halaman

4. Gunakan Cairan Secara Teratur

Menurut rekomendasi dari akun Instagram @rumah_qinaz, gunakan cairan ini secara teratur sekitar 2-3 kali seminggu. Karena cuka dan sabun cuci piring memiliki bau yang tidak disukai cicak, penggunaan secara teratur bisa mencegah cicak tidak datang kembali. 

6 dari 12 halaman

Cara Mencegah Cicak Datang Kembali

1. Tutup celah-celah yang ada di Rumah

Cicak suka bersembunyi di celah-celah yang ada di rumah, seperti celah dinding yang retak, selah antara lemari dan dinding, dan semacamnya. Oleh karena itu, usahakan untuk menutup celah-celah tersebut agar cicak tidak masuk.

2. Hindari penggunaan lampu yang menarik serangga

Gunakan lampu yang tidak terlalu terang, dan berwarna putih agar serangga tidak tertarik untuk datang.

3. Gunakan pengharum ruangan

Cicak kurang menyukai wewangian, oleh karena itu, gunakan cara ini untuk mencegah cicak datang ke rumah.

4. Koleksi tanaman pengusir serangga

Beberapa jenis tanaman, seperti lavender, mint, dan daun basil dipercaya bisa membantu mengusir serangga. 

7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Cara Mengusir Cicak

8 dari 12 halaman

Cicak Takut dengan Suara Apa?

Menurut Britannica, indra pendengaran cicak dan tokek sangat sensitif. Keduanya akan merespons berbagai frekuensi suara, mulai dari 69 hingga 8.200 hertz. Akibatnya, beberapa jenis bunyi dapat mengganggu dan menimbulkan ketakutan pada cicak sehingga mereka cenderung mengusirnya dari lingkungan tempat tinggalnya.

9 dari 12 halaman

Kenapa di dalam Rumah Banyak Cicak?

Cicak tertarik dengan daerah yang menyediakan sumber makanan bagi mereka, seperti serangga, laba-laba, atau invertebrata kecil lainnya. Jika rumah Anda banyak serangga atau laba-laba, kemungkinan cicak akan tertarik untuk mendatangi daerah tersebut.

10 dari 12 halaman

Apa Cicak Takut Garam?

Salah satu metode yang cukup efektif adalah dengan menggunakan larutan air garam untuk menghalau cicak. Air garam dapat menyebabkan rasa sakit dan dehidrasi pada cicak terutama jika tersebar di sekitar area tubuhnya. Ketika cicak mengalami dehidrasi karena air garam, kulitnya akan mengalami kekeringan dan pada akhirnya dapat menyebabkan kematian.

11 dari 12 halaman

Apa Gunanya Cicak di Rumah?

Cicak adalah binatang yang membawa dampak positif bagi rumah. Binatang ini memakan nyamuk, lalat buah, dan laba-laba, sehingga dapat membantu mengontrol populasi nyamuk di dalam rumah.

12 dari 12 halaman

Apa yang Membuat Cicak Jatuh?

Cicak enggan melintasi dinding yang memiliki tekstur terlalu kasar ataupun terlalu halus. Saat melewati permukaan yang terlalu bergerigi, cicak akan mengangkat badannya. Dampaknya, kaki cicak tidak mampu menopang bobot tubuhnya dengan baik, menyebabkan kesulitan dalam menempel dan meningkatkan risiko terjatuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini