Sukses

Trik Bersihkan Kaca Jendela Buram Jadi Bening, Hanya Pakai 1 Bahan Dapur

Kotoran membandel pada kaca jendela tentu sangat mengganggu tampilan rumah. Pasalnya, kaca yang buram memberi kesan kotor pada rumah. Simak penjelasan berikut untuk mengatasinya!

Liputan6.com, Jakarta Mengelap kaca jendela dengan air saja nyatanya tidak cukup membersihkan debu dan berbagai kotoran yang menempel. Bahkan, bekas air yang menempel di kaca seringkali berakhir membentuk noda baru dan membuat kaca semakin buram.

Oleh karena itu, penting mengetahui trik membersihkan kaca yang tepat, agar kaca bisa bersih dan bening seperti baru. Sebagaimana yang dibagikan salah satu warganet, Fitri Rahmawati, ia mengunggah video tutorial mudah membersihkan kaca jendela agar bening kembali. 

Cukup memanfaatkan satu bahan yang sering ada di dapur, begini langkah-langkahnya, dirangkum pada Senin (6/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Siapkan Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan

Langkah pertama adalah siapkan bahan dan peralatan untuk membersihkan kaca, terdiri dari:

  • Sabun cuci piring
  • Air secukupnya
  • Baskom atau mangkuk kecil
  • Spons
  • Lap kain atau kertas bersih
3 dari 12 halaman

2. Buat Cairan Pembersih

Campurkan sabun cuci piring dan air secukupnya ke dalam wadah. Lalu, aduk-aduk menggunakan spons cuci piring hingga menghasilkan busa.

4 dari 12 halaman

3. Bersihkan Kaca Menggunakan Spons

Langkah berikutnya, langsung bersihkan kaca jendela. Aplikasikan cairan sabun cuci piring ke kaca jendela, lalu gosok menggunakan spons seperti ketika sedang mencuci piring. 

Perlu diingat, sebelumnya perlu dipastikan bahwa kaca jendela tidak sedang dalam kondisi panas. Ini karena membersihkan kaca yang sedang berada di suhu tinggi berisiko membuat kaca jadi retak. Oleh karena itu, hindari membersihkan kaca ketika cuaca sedang terik.

5 dari 12 halaman

4. Siram Kaca dengan Air Bersih

Jika seluruh permukaan kaca sudah digosok menggunakan sabun, segera bilas dengan air bersih. Pastikan seluruh permukaan kaca jendela jadi kesat sebagai tanda seluruh residu, baik dari sabun maupun debu, telah hilang. 

6 dari 12 halaman

5. Keringkan Kaca dengan Lap

Terakhir, keringkan kaca yang basah menggunakan lap kain atau kertas. Hal ini bertujuan untuk mencegah munculnya bercak air ketika kaca sudah kering. Selain itu, bersihkan ulang kaca menggunakan kemoceng untuk menghilangkan bekas kertas ataupun benang dari kain yang mungkin menempel di permukaan kaca. 

7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Cara Membersihkan Kaca Jendela

8 dari 12 halaman

Bersihkan Kaca Jendela Pakai Apa?

Gunakan cuka sebagai solusi untuk membersihkan kaca dan cermin yang kusam. Langkah pertama adalah mencampurkan cuka putih dengan air hangat. Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke seluruh permukaan kaca yang kotor, biarkan beberapa saat. Terakhir, lap dengan kain bersih dan kering untuk hasil yang bersih dan cerah.

9 dari 12 halaman

Apakah Odol Bisa Membersihkan Kaca?

Pernyataan umum mengenai penggunaan pasta gigi untuk membersihkan kaca mobil adalah bahwa hal itu dapat meningkatkan kebersihan dan kilau kaca. Tetapi, kenyataannya, pasta gigi mengandung bahan abrasif yang berpotensi merusak permukaan kaca mobil.

10 dari 12 halaman

Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Membersihkan Kaca?

Kandungan alami yang terdapat dalam minyak kayu putih mampu menghapus berbagai macam noda sulit, mulai dari permukaan bahan logam, plastik, hingga kaca pada kendaraan.

11 dari 12 halaman

Apa Alat yang Digunakan untuk Membersihkan Kaca?

Alat pembersih kaca Bagus Window Wiper memiliki pegangan yang terbuat dari karet lembut yang nyaman digunakan. Bagian wiper terbuat dari karet fleksibel yang tidak mudah mengeras, mampu membersihkan kaca dengan efektif, dan mempermudah proses pembersihan jendela.

12 dari 12 halaman

Chemical Apa yang Digunakan untuk Membersihkan Kaca?

Glass Cleaner. Glass Cleaner merupakan zat kimia yang digunakan untuk membersihkan permukaan kaca, seperti cling dan Mr. Muscle. Selain memanfaatkan zat kimia tersebut, agar kaca terlihat bersih, berkilau, dan bebas dari sisa-sisa, dibutuhkan penggunaan alat yang sesuai seperti penghapus kaca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.