Sukses

Jangan Langsung Minum Air, Ini Cara Hilangkan Pedas di Mulut dengan 1 Bahan Saja

Jangan salah kaprah, ternyata dengan langsung minum air tidak langsung menghilangkan pedas di mulut. Ini cara yang benar.

Liputan6.com, Jakarta Hampir seluruh masakan khas Indonesia memiliki sentuhan rempah yang tajam. Dua contoh rempah yang paling banyak digunakan adalah lada dan cabai, yang keduanya memberikan rasa pedas.                              

Rasa pedas seperti ini memang membuat ketagihan. Bahkan banyak orang beranggapan bahwa makan tanpa cabai atau sambal tidak akan lengkap.

Namun, tidak semua orang cukup kuat menahan rasa pedas. Jalan keluar yang biasa diambil saat kepedasan adalah minum air dalam jumlah banyak.

Minum air dalam jumlah banyak nyatanya tidak serta merta langsung menghilangkan rasa pedas. Malah perut akan jadi terasa kembung karena terlalu banyak minum air.

Padahal, untuk menghilangkan rasa pedas dengan cepat hanya memerlukan satu bahan saja. Hal ini persis seperti tutorial yang dibagikan oleh warganet Instagram @ummubalqishaura, yang ditulis pada Minggu (05/05/2024) berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Siapkan Telur Rebus

Pertama-tama, siapkan telur cukup dua butir saja, lalu rebuslah kedua telur tersebut selama delapan menit. Setelah itu, angkat dan tiriskan telur untuk diletakkan di atas piring kecil.

3 dari 11 halaman

Makan Telur Rebus

Makan telur rebus tersebut secara perlahan agar rasa pedas bisa cepat hilang. Biasanya dengan memakan setengah hingga satu butir telur saja, rasa pedas di mulut akan hilang dalam dua puluh detik.

4 dari 11 halaman

Protein pada Telur Rebus Dapat Hilangkan Pedas

Dalam satu butir telur rebus mengandung tujuh hingga tiga belas gram protein, yang sudah cukup untuk menyerap senyawa kimia pada rasa pedas. Karena itulah telur rebus sangat efektif untuk mengatasi rasa pedas.

5 dari 11 halaman

Coba Alternatif Lain

Jika tidak ada telur, masih ada banyak bahan yang bisa dimakan/diminum untuk menghilangkan pedas.

Salah satu contohnya adalah susu, yang dapat menetralisir zat kimia pada rasa pedas bernama capsaicin sehingga rasa pedas cepat hilang.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Rasa Pedas

7 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Pedas dengan Cepat?

Makanan atau minuman yang bersifat asam bisa membantu mengurangi sensasi pedas pada bibir dan mulut. Beberapa contohnya termasuk air lemon, jeruk nipis, jus jeruk, serta makanan dan minuman yang mengandung tomat.

8 dari 11 halaman

Jika Kepedasan Minum Apa?

Jika mengalami kepedasan, sebaiknya minum segelas susu untuk meredakannya. Selain susu, produk lain yang mengandung susu seperti yoghurt atau keju juga bisa membantu mengatasi rasa pedas di mulut.

9 dari 11 halaman

Kenapa Rasa Pedas Bisa Hilang dengan Air Hangat?

Mengapa sensasi pedas bisa mereda dengan menggunakan air hangat? Ini disebabkan oleh kemampuan air hangat dalam mengurangi konsentrasi senyawa capsaicin dengan lebih efektif daripada air dingin.

10 dari 11 halaman

Apa Efek Makan Terlalu Pedas?

Konsumsi pedas yang berlebihan atau terlalu sering dapat mengakibatkan kerusakan pada dinding lambung yang rentan. Akibatnya, risiko gastritis (peradangan pada dinding lambung) meningkat secara signifikan karena terlalu seringnya paparan pedas yang menyebabkan iritasi pada lambung.

11 dari 11 halaman

Apakah Coklat Bisa Menghilangkan Rasa Pedas?

Kandungan cokelat yang cukup tinggi mampu mengurangi rasa pedas yang disebabkan oleh senyawa capsaicin pada lidah dan mulut. Bukan hanya terdapat dalam cokelat, tetapi juga dalam minuman seperti susu coklat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.