Sukses

Hanya Butuh 1 Bahan Dapur, Ini Cara Hilangkan Komedo Secara Alami

Selain jerawat, komedo juga merupakan salah satu permasalahan kulit wajah yang cukup meresahkan. Bintik-bintik hitam atau putih yang muncul di beberapa are wajah, seperti hidung dan dagu ini bisa sangat mengganggu penampilan. Meski begitu, saat ini banyak sekali tips alami yang bisa dicoba untuk menghilangkan komedo di wajah. Yuk, simak cara hilangkan komedo secara alami hanya dengan satu bahan dapur ini!

Liputan6.com, Jakarta Komedo terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sebum, sel kulit mati, dan kotoran. Beberapa faktor seperti produksi sebum berlebihan, penggunaan produk skincare yang menyumbat pori-pori, ketidakseimbangan nutrisi, dan perubahan hormon bisa memicu munculnya komedo di wajah.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, menjaga kebersihan kulit dengan mencuci wajah secara teratur sangat penting. Selanjutnya, memilih produk skincare yang non-comedogenic dan menjaga pola makan dengan gizi seimbang juga dapat membantu. Selain itu, menghilangkan komedo bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti yang sering kita temui di dapur sehari-hari.

Berikut ini cara menghilangkan komedo di wajah dengan menggunakan satu bahan dapur, dikutip dari briliobeauty.net (02/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Baking Soda Sebagai Bahan Dapur untuk Menghilangkan Komedo

Baking soda atau natrium bikarbonat, adalah salah satu bahan yang sering digunakan dalam pembuatan kue. Namun, selain itu, bahan dapur ini juga terkenal karena manfaatnya bagi kesehatan kulit.

Sebagai garam yang bersifat basa, baking soda memiliki kemampuan untuk menetralkan asam. Ini berarti baking soda dapat mengontrol produksi minyak berlebih dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat pada kulit wajah. Selain itu, tekstur halus dan butiran kecil dari baking soda berfungsi sebagai eksfoliator, membantu mengangkat sel kulit mati yang bisa menyebabkan komedo.

3 dari 9 halaman

Cara Membuat dan Menggunakan Masker Komedo Alami

Langkah-langkah sederhana untuk membuat dan menggunakan masker komedo alami adalah sebagai berikut :

1. Siapkan wadah bersih dan tuangkan 1 sendok makan baking soda ke dalamnya

2. Tambahkan air putih secukupnya ke dalam baking soda

3. Aduk kedua bahan tersebut sampai teksturnya menjadi seperti pasta

4. Bersihkan wajah dari kotoran atau sisa make up menggunakan pembersih wajah biasa

5. Aplikasikan masker baking soda secara merata pada area hidung atau area lain yang berkomedo

6. Gosok-gosok masker secara lembut di wajah selama 5 menit

7. Bilas sisa masker dengan air hingga bersih dan keringkan wajah dengan lembut menggunakan handuk bersih.

4 dari 9 halaman

Saran Penggunaan Masker Komedo dari Baking Soda

"Jangan lupa untuk menggunakan pelembab setelah menggunakan masker baking soda. Selain itu, gunakan masker baking soda di area berkomedo hanya sekali seminggu. Tujuannya adalah untuk menghindari iritasi pada kulit wajah," kata seorang wanita yang memberikan tips alami ini di akun TikTok @bustle.

5 dari 9 halaman

Bagaimana Agar Komedo Tidak Muncul Lagi?

Untuk menghilangkan komedo dan mencegah terbentuknya kembali ada beberapa hal yang dapat dilakukan, seperti mencuci muka dengan sabun wajah berbahan lembut setidaknya 2 kali sehari agar kebersihan kulit tetap terjaga, serta memilih produk perawatan kulit dan wajah yang berlabel non comedogenic.

 

 

 

 

 

6 dari 9 halaman

Apakah Odol Bisa Buat Komedo?

Para ahli tidak merekomendasikan penggunaan pasta gigi untuk mengusir jerawat maupun komedo. Alasannya adalah karena ada beberapa kandungan dalam pasta gigi yang bisa membuat kulit teriritasi.

7 dari 9 halaman

Apa yang Akan Terjadi Jika Komedo Dibiarkan?

Komedo yang tak diatasi dengan benar bisa membuat warna kulit menjadi tidak rata, dan menjadi penyebab munculnya jerawat. Andaikan tak memicu jerawat, komedo parah yang tak diatasi masih bisa menimbulkan masalah lainnya, seperti membuat tekstur kulit menjadi tidak merata.

8 dari 9 halaman

Apakah Kopi Bisa Menghilangkan Komedo di Hidung?

Masker wajah dari bubuk kopi juga menjadi bahan alami yang efektif untuk menghilangkan komedo. Caranya, campurkan ½ cangkir bubuk kopi dengan ½ cangkir minyak kelapa. Aduk campuran tersebut sampai bertekstur pasta dan oleskan pada kulit wajah. Biarkan selama 5 menit, kemudian bilas.

 

9 dari 9 halaman

Apa Penyebab Wajah Banyak Komedo?

Pada dasarnya, komedo terbentuk ketika folikel rambut terbuka tersumbat dengan minyak atau sel kulit mati. Dan meskipun minyak juga disebut sebum, tetapi bisa membuat kulit lembut. Namun, terlalu banyak minyak juga dapat berkontribusi pada pertumbuhan komedo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.