Sukses

Pakai 1 Bahan Dapur, Begini Trik Mudah Bersihkan Noda di Kerah Baju

Kini tak perlu kesulitan lagi membersihkan noda keringat yang menempel di bagian kerah dan pergelangan tangan baju. Pasalnya, satu bahan dapur ini ampuh untuk membersihkannya. Yuk simak penjelasannya!

Liputan6.com, Jakarta Bukan hal yang mengejutkan lagi jika kerah baju merupakan bagian yang paling susah dibersihkan jika terkena noda. Jika tidak segera dicuci dengan benar, noda di kerah akibat keringat akan jadi membandel dan susah dihilangkan. 

Untuk mengatasi masalah ini, kebanyakan orang menyikat bagian noda terlalu keras, berharap noda bisa hilang. Namun, nyatanya bukannya hilang, justru hal ini bisa merusak kain. 

Dilansir dari akun YouTube bernama Roemah Almini, warganet ini membagikan tips menghilangkan noda di kerah baju menggunakan bahan yang selalu ada di dapur. Berikut langkah-langkahnya, dirangkum pada Jumat (3/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Siapkan Bahan yang Diperlukan

Sebagaimana yang sudah disebutkan, hanya diperlukan satu bahan saja untuk membersihkan noda membandel di kerah baju. Menurut video dari YouTube Roemah Almini, cukup gunakan sabun cuci piring. 

3 dari 12 halaman

2. Oleskan Bahan ke Bagian Noda

Langkah selanjutnya, pada baju yang masih kering, oleskan secara merata sabun cuci piring ke bagian-bagian yang terkena noda. Misalnya, kerah baju dan bagian pergelangan tangan pada lengan baju. 

4 dari 12 halaman

3. Diamkan Sebentar

Diamkan baju yang dioles sabun cuci piring tersebut selama kurang lebih 5 menit. Hal ini bertujuan untuk melunakkan noda agar lebih mudah ketika dicuci nantinya.

5 dari 12 halaman

4. Tahap Mencuci

Jika mencuci dengan tangan, cukup basahi baju, dan kucek perlahan bagian yang terkena noda tadi. Tidak perlu disikat. Sedangkan, jika menggunakan mesin cuci, baju bisa langsung direndam air dan dicuci seperti biasa. 

6 dari 12 halaman

Tips Mencuci Pakaian Agar Kain Tetap Awet

  1. Cuci pakaian dengan bahan dan warna serupa
  2. Hindari mencuci baju dengan air panas
  3. Hindari mengucek atau menyikat baju terlalu keras
  4. Gunakan deterjen yang gentle
  5. Hindari mengeringkan baju terlalu lama.
7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Cara Bersihkan Noda Baju

8 dari 12 halaman

Apa Penghilang Noda di Baju Berwarna?

Gunakanlah aseton dengan cara meneteskan pada bagian pakaian yang terkena noda tinta hingga merata, cukup dengan 1-2 tetes saja. Kemudian, lakukan penekanan menggunakan kain bersih untuk menyerap noda tinta dari pakaian. Langkah selanjutnya adalah merendam pakaian dalam air hangat yang telah dicampur dengan setengah sendok deterjen bubuk.

9 dari 12 halaman

Apakah Odol Bisa Menghilangkan Noda di Baju?

Anda bisa mengoleskan pasta gigi langsung pada noda kuning untuk mempercerahkannya. Pastikan pasta gigi yang Anda gunakan berwarna putih, bukan jenis gel. Menggabungkannya dengan baking soda juga dapat menjadi pilihan yang efektif.

10 dari 12 halaman

Kenapa Ada Noda Hitam di Baju?

Jamur bisa timbul akibat pakaian dibiarkan terlalu lama dalam mesin cuci setelah proses mencuci selesai. Dampaknya, pakaian menjadi lembab sehingga jamur dapat tumbuh. Serat-serat yang menggumpal biasanya akan mencemari dan menempel pada pakaian lainnya.

11 dari 12 halaman

Bolehkah Mencuci Baju Berwarna dengan Sitrun?

Dengan keasaman yang terkandung di dalamnya, dapat membantu untuk menghapus noda terutama pada pakaian yang berwarna putih.

12 dari 12 halaman

Bagaimana Cara Menghilangkan Noda Luntur di Baju Berwarna?

Metode Mengatasi Noda yang Menghilang

  1. Rendam dalam air yang mendidih dan sabun cuci
  2. Lakukan pembersihan dengan garam dan perasan jeruk nipis
  3. Terapkan larutan baking soda
  4. Manfaatkan ekstrak belimbing wuluh
  5. Gunakan cuka sebagai penghilang noda
  6. Campurkan vetsin ke dalam air bersabun
  7. Terapkan larutan soda kue
  8. Semprotkan hairspray pada noda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini