Sukses

Sivakorn Pu-udom Jadi Wasit VAR di Duel Indonesia vs Irak Piala Asia U-23, Warganet: Astagfirullah Apes Banget

Dalam jajaran wasit yang akan bertugas di laga Indonesia vs Irak di Piala Asia U-23 2024 ini, terdapat nama wasit VAR kontroversial asal Thailand, Sivakorn Pu-udom.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Irak pada perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, Kamis (2/5/2024) malam.

Dalam jajaran wasit yang akan bertugas di laga penentu lolos Olimpiade Paris 2024 ini, terdapat nama wasit VAR kontroversial asal Thailand, Sivakorn Pu-udom.

Sivakorn Pu-udom telah ditunjuk AFC menjadi asisten VAR di duel Indonesia vs Irak, mendampingi wasit VAR utama Abdullah Dhafer Al Shehri asal Arab Saudi. 

Munculnya nama Sivakorn Pu-udom dalam laga nanti malam menjadi kabar buruk bagi penggemar Timnas Indonesia. Sebab, wasit asal Thailand itu dianggap telah memberikan keputusan yang kontroversial sehingga merugikan Garuda Muda.

Keputusan wasit VAR kontroverial yang merugikan skuad Garuda Muda terjadi pada laga Indonesia vs Uzbekistan pada Senin, 29 April 2024 dan duel Indonesia vs Qatar pada Senin, 15 April 2024.

Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial sontak menanggapinya dengan berbagai respons.

Pantauan tim Citizen6-Liputan6.com, di lini masa Instagram, Kamis (2/5/2024), banyak warganet merasa kesal dan geram dengan munculnya nama Sivakorn Pu-udom dalam daftar official yang bertugas di laga Indonesia vs Irak nanti malam.

"Lawan terberat kita saat ini bukan Argentina atau Brasil, tapi adalah wasit," kata akun @frizd***.

"Kita lihat aksi konyol beliau di dalam ruangan VAR," sahut akun @timnasg***.

"Sekarang bukan lawannya yang selalu di cari jejaknya, tapi wasit," ucap akun @sekretaris_j***.

"Astagfirullah aladzim," komentar akun @mutiarasur***.

"Gini amat punya Timnas jago," tulis akun @raboth***.

"Selalu merugikan Indonesia ni tukang var," @enalfa***.

"Apes banget sih," kata akun @cintya.al***.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar official di laga Indonesia vs Irak di Piala Asia U-23 2024

RE: Vladislav Tseytlin (Uzbekistan)

Wasit: Majed Al-Shamrani (Arab Saudi)

Asisten wasit 1: Hesham Al-Refaei (Arab Saudi)

Asisten wasit 2: Omar Al Jammal (Arab Saudi)

FO: Hanna Hattab (Suriah)

RAR: Mohammad Kazzas (Suriah)

VAR: Abdullah Dhafer Al Shehri (Arab Saudi)

AVAR: Sivakorn Pu-Udom (Thailand)

3 dari 3 halaman

Profil Sivakorn Pu-udom

Sivakorn Pu-Udom lahir di Samut Sakhon, Thailand, 26 November 1987. Debutnya menjadi wasit adalah di Liga Thailand pada 30 Maret 2013 lalu. Dan di kancah Liga Asia, perjalanan kariernya cukup cemerlang.

Wasit berumur 36 tahun itu telah 11 kali menjadi wasit Liga Champions Asia, 9 kali Kualifikasi Piala Dunia, 16 kali Piala AFC, sekali Piala Asia 2023, 3 kali Liga China, hingga 169 kali di Liga Thailand.

Wasit berumur 36 tahun itu telah memiliki lisensi wasit FIFA sejak tahun 2013, di mana ia menjadi wasit FIFA Elite saat ini, yang merupakan salah satu dari 20 wasit CAR pada cabang sepak bola Olimpiade Paris 2024.

Dengan sepak terjang yang luas Sivakorn telah dipercaya untuk memimpin pertandingan di acara olahraga terbesar dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.