Sukses

Benarkah Menggunakan Sampo dan Kondisioner Membuat Rambut Lebih Sehat? Ini Faktanya

Demi menjaga kebersihan rambut, mayoritas orang cukup mencuci rambut satu kali dengan sampo dan kondisioner. Namun, sebagian orang juga berpikiran untuk mencuci rambut dengan sampo dan kondisioner hingga dua kali demi hasil yang lebih baik. Yuk, simak kebenarannya berdasarkan Dermatologis!

Liputan6.com, Jakarta Biasanya, seseorang hanya perlu mencuci rambut sekali dan menggunakan kondisioner untuk menjaga kebersihan rambut. Namun, ada beberapa orang yang mencuci rambut dua kali dan menggunakan kondisioner dua kali pula. Mereka melakukannya dengan harapan mendapatkan hasil yang lebih baik. Tetapi, apakah ini tepat menurut pandangan dermatologis?

Berikut ini penjelasan lengkap tentang kebiasaan mencuci rambut dengan sampo dan kondisioner yang tepat, dikutip dari health.com (22/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Haruskah Mencuci Rambut Hingga Dua Kali?

Kebutuhan untuk mencuci rambut dua kali atau ganda tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis rambut, tingkat aktivitas, dan kebutuhan perawatan pribadi. Mencuci rambut dua kali memiliki manfaat untuk menghilangkan penumpukan minyak, kotoran, keringat, dan residu produk dari kulit kepala atau rambut. Praktik ini juga membantu membersihkan kulit kepala dari sel-sel kulit mati, mikroorganisme, dan bau yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, mencuci rambut dua kali bermanfaat terutama bagi mereka yang memiliki rambut keriting dan kasar, kulit kepala berminyak, atau bagi siapa pun yang tidak mencuci rambut dalam beberapa hari.

Namun, metode mencuci rambut ganda juga bisa memiliki dampak negatif. Mencuci rambut dua kali setiap hari atau dua hari sekali bisa menghilangkan terlalu banyak minyak dari kulit kepala dan rambut, yang membuat rambut lebih rentan terhadap kerusakan dan patah akibat panas. Bagi orang dengan kulit sensitif, mencuci rambut dua kali bisa menyebabkan kekeringan, ketombe, atau pengelupasan kulit kepala.

3 dari 9 halaman

Apakah Penggunaan Kondisioner Juga Harus Dua Kali?

Walaupun mencuci rambut dua kali bertujuan untuk membersihkan kotoran dan minyak dari rambut serta kulit kepala, penggunaan kondisioner dua kali tidak akan memberikan hasil yang sama. Bahkan, menggunakan kondisioner dua kali bisa mengurangi manfaat mencuci rambut ganda. Disarankan untuk tidak menggunakan kondisioner lebih dari sekali. Lebih baik jika menggunakan kondisioner sekali saja dan membiarkannya selama 3 hingga 5 menit.

4 dari 9 halaman

Tips Mencuci Rambut dengan Baik untuk Kesehatan Rambut Optimal

Dalam hal mencuci rambut, tidak ada satu pendekatan pun yang cocok untuk semua orang. Metode terbaik untuk mencuci rambut bergantung pada berbagai faktor seperti tingkat minyak di kulit kepala, kekeringan rambut, jenis dan gaya rambut, serta faktor-faktor lain yang dapat bervariasi dari individu ke individu. Frekuensi mencuci rambut juga harus disesuaikan dengan gaya hidup dan tingkat aktivitas sehari-hari.

Selain mencuci rambut, beberapa langkah berikut dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut:

1. Bersikap lembut saat menangani rambut.

2. Batasi penggunaan panas, seperti dari alat pengering rambut atau catokan.

3. Sisir rambut sebelum mencucinya untuk mengurangi kekacauan dan membantu distribusi kondisioner.

4. Lakukan pijatan lembut pada kulit kepala untuk merangsang peredaran darah dan mempromosikan pertumbuhan rambut yang sehat.

5 dari 9 halaman

Pake Sampo Dulu Apa Conditioner Dulu?

Sebelum mengaplikasikan conditioner, sebaiknya keramas terlebih dahulu dengan sampo yang sesuai dengan masalah rambutmu. Sampo akan membantumu untuk membersihkan ketombe, minyak berlebih atau kotoran lainnya yang menempel di rambut.

 

 

 

6 dari 9 halaman

Apakah Kondisioner Dipakai Setelah Keramas?

Prinsip dasar dari penggunaan kondisioner adalah selalu gunakan kondisioner setelah keramas. Karena saat kamu keramas, shampo akan membuka kutikula rambut dan membersihkan semua kotoran yang melekat.

7 dari 9 halaman

Berapa Kali Sehari Menggunakan Conditioner?

Pemakaian conditioner cukup satu atau dua kali dalam seminggu. Sebab, memakai kondisioner terlalu sering justru bisa membuat rambut jadi lepek karena kelembaban yang berlebihan.

8 dari 9 halaman

Setelah Memakai Conditioner Pakai Apa Lagi?

Setelah menggunakan conditioner, bilas rambut dengan air hangat atau dingin. Gunakan handuk untuk menyerap kelebihan air dari rambut dengan menepuk-nepuk lembut. Setelah itu, biarkan rambut mengering secara alami atau dengan menggunakan alat pengering rambut dengan suhu rendah.

 

9 dari 9 halaman

Mengapa Conditioner Tidak Boleh Kena Kulit Kepala?

Jika menggunakan kondisioner hingga mengenai kulit kepala, silikon dalam kondisioner dapat menyumbat pori-pori area tersebut. Alhasil, minyak alami dari dalam folikel tidak dapat mencapai helai rambut, sehingga menjadi kering.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini