Sukses

Apakah Memijat Kulit Kepala Dapat Menyuburkan Pertumbuhan Rambut? Ini Faktanya

Sebagian besar orang memijat kepalanya untuk meringankan rasa sakit atau pusing. Namun, tidak sedikit pula yang percaya bahwa memijat kepala dapat membantu pertumbuhan rambut. Yuk, simak kebenaran tentang aksi memijat kepala yang dipercaya mampu membantu pertumbuhan rambut!

Liputan6.com, Jakarta Memijat kulit kepala menggunakan ujung jari atau alat pijat untuk memberikan tekanan dapat memberikan efek menenangkan pada kulit kepala. Sebagian besar orang cenderung melakukan pijatan pada kulit kepala saat merasa pusing atau sakit kepala. Namun, masih sedikit yang menyadari bahwa pijatan kulit kepala juga dapat merangsang pertumbuhan rambut. Beberapa penelitian telah menunjukkan berbagai manfaat dari pijatan kulit kepala terhadap kesehatan rambut.

Berikut ini fakta tentang memijat kulit kepala dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, dikutip dari health.com (22/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Benarkah Memijat Kulit Kepala Baik untuk Pertumbuhan Rambut?

Beberapa studi menunjukkan bahwa memijat kulit kepala dapat merangsang pertumbuhan rambut. Sebuah penelitian pada tahun 2016 menemukan bahwa pria yang rutin menerima pijatan pada kulit kepala setiap hari memiliki rambut yang jauh lebih tebal setelah 6 bulan.

Di samping itu, survei pada tahun 2019 juga menemukan bahwa memijat kulit kepala dapat memberikan manfaat bagi penderita alopecia androgenik. Survei tersebut menunjukkan bahwa hampir 70% individu yang memijat kulit kepala mereka selama 20 menit setiap hari mengalami peningkatan stabilisasi pada kerontokan rambut.

3 dari 10 halaman

Bagaimana Cara Kerjanya?

Memijat kulit kepala diyakini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan beberapa cara. Beberapa peneliti percaya bahwa pijatan tersebut dapat meregangkan folikel rambut, mendorongnya untuk tumbuh lebih cepat dan lebih lebat. Selain itu, seperti halnya pijatan pada bagian tubuh lainnya, pijatan pada kulit kepala juga dapat meningkatkan aliran darah dengan melebarkan pembuluh darah di bawah kulit. Ini dapat merangsang pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan.

4 dari 10 halaman

Cara Tepat Memijat Kulit Kepala untuk Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pijatan kulit kepala dengan baik di rumah:

1. Pastikan kulit kepala dalam keadaan kering atau saat Anda keramas dengan sampo dan kondisioner.

2. Gunakan hanya ujung jari Anda untuk melakukan pijatan, dan berikan tekanan sedang pada kulit kepala.

3. Lakukan pijatan secara merata di seluruh bagian kulit kepala selama 5 hingga 20 menit. Disarankan untuk melakukannya dua kali sehari untuk hasil terbaik.

4. Untuk menambah kenyamanan, Anda dapat menggunakan minyak esensial saat melakukan pijatan kulit kepala. Penelitian menunjukkan bahwa minyak peppermint dapat membantu mempercepat proses pertumbuhan rambut.

5 dari 10 halaman

Cara Lain untuk Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Selain melakukan pijatan pada kulit kepala, terdapat beberapa cara untuk merawat rambut agar lebih tebal dan sehat:

1. Gunakan kondisioner setelah mencuci rambut, dan jika memungkinkan, pilih kondisioner tanpa bilas.

2. Hindari produk atau proses penataan rambut yang keras, seperti ekstensi, pelurusan kimia, atau pengeritingan rambut.

3. Menyisir rambut dengan lembut dan hanya jika diperlukan.

4. Berhenti merokok, karena merokok dapat merusak kesehatan rambut.

5. Hindari gaya rambut yang terlalu ketat atau menarik rambut ke belakang untuk mencegah kerusakan pada akar rambut.

6 dari 10 halaman

Apakah Memijat Kulit Kepala Bisa Menumbuhkan Rambut?

Pijat kulit kepala bisa membantu menumbuhkan rambut dan mencegah kerontokan, kuncinya adalah pada penyerapan nutrisi oleh kulit kepala selama pijat dilakukan.

 

7 dari 10 halaman

Apa Manfaat Pijat Kulit Kepala?

Pijat kulit kepala secara teratur dengan tekanan lembut dapat membantu merangsang sirkulasi darah ke folikel rambut, dan peningkatan aliran darah ini membawa lebih banyak nutrisi dan oksigen ke akar rambut, sehingga mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

8 dari 10 halaman

Sakit Kepala Belakang Apa yg Dipijat?

Titik pijat sakit kepala Feng Chi terletak di bagian belakang kepala, di bawah dasar tengkorak, tepatnya di cekungan antara dua otot leher yang besar. Memijat titik ini bisa merangsang pelepasan endorfin, yaitu pereda nyeri alami tubuh.

9 dari 10 halaman

Kapan Waktu yang Baik Untuk Pijat Wajah?

Pemijatan wajah dapat dilakukan pagi dan malam. Namun, rekomendasi baiknya waktu yang baik adalah malam sebelum tidur karena akan membuat wajah segar. Jika menggunakan skincare, dapat menyerap dengan baik.

10 dari 10 halaman

Berapa Hari Sekali Pijat Wajah?

Pakar perawatan kulit menyarankan pijat wajah di rumah 2-3 kali seminggu. Namun, pemijatan lembut setiap hari selama 5-10 menit tidak membahayakan kulit Anda. Ini membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah dan memudarkan garis-garis halus seiring waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.