Sukses

Cara Melunakkan Daging untuk Masak Rica-Rica Ayam Masakan Jawa, Enaknya Nagih

Membuat ayam rica-rica yang empuk dan enak ternyata tidak perlu repot-repot di presto loh! Cukup ikuti resep dan cara mudah berikut ini. Yuk simak!

Liputan6.com, Jakarta Ayam rica-rica rasanya menjadi salah satu olahan ayam yang selalu menggugah selera. Kaya akan bumbu rempah khas Indonesia membuat makanan ini banyak disukai dan cocok dimakan kapan saja. 

Untuk meningkatkan citarasa ayam rica-rica, biasanya dipilih ayam kampung sebagai bahan utamanya. Ini karena ayam kampung dianggap lebih gurih dibanding ayam jenis ternak lainnya. Tetapi, permasalahan mengolah ayam kampung tak jarang membuat beberapa orang kesulitan karena jenis ayam yang satu ini cenderung memiliki tekstur yang lebih alot dibanding ayam broiler.

Namun tak perlu khawatir lagi, karena ada beberapa tips mudah mengolah ayam kampung agar bisa empuk tanpa perlu di presto berikut resep rica-rica ayam ala masakan jawa. Informasi ini dirangkum pada Senin (22/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Siapkan Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum mengeksekusi sebuah masakan, tentu hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan segala bahan dan bumbu yang dibutuhkan. Untuk memasak rica-rica ayam ala masakan jawa sendiri diperlukan bahan-bahan sebagai berikut:

  1. 500 gram ayam
  2. 6  bawang merah
  3. 4 bawang putih
  4. 3 cabai merah besar
  5. 6 cabe rawit keriting
  6. 5 kemiri
  7. 2 lembar daun salam
  8. 1 ruas lengkuas
  9. 2 batang serai
  10. Kecap manis
  11. Gula dan garam
  12. Minyak goreng
  13. Air
  14. Bawang goreng (opsional)
3 dari 12 halaman

2. Pemilihan Jenis Ayam

Jika ingin memasak rica-rica ayam menggunakan ayam kampung, hal yang perlu diperhatikan adalah pilih ayam kampung yang masih muda. Ini karena ayam kampung yang sedikit lebih tua, umumnya memiliki tekstur daging yang lebih alot. Sedangkan, daging ayam kampung yang masih muda biasanya lebih kenyal dan empuk, sehingga tidak perlu proses yang panjang untuk mengolahnya. 

4 dari 12 halaman

3. Rebus Ayam dengan Soda Kue

Tips yang juga bisa dilakukan untuk membuat daging ayam kampung jadi lebih lembut dan empuk adalah menggunakan soda kue. Sebelum ayam diolah bersama bumbu, bisa direbus terlebih dahulu dengan soda kue sekitar 25-30 ml selama kurang lebih setengah jam. Penggunaan soda kue ini dapat memecah protein dalam daging sehingga tekstur daging bisa lebih lunak.

5 dari 12 halaman

4.Siapkan Bumbu Halus

Bumbu halus untuk memasak ayam rica-rica terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai merah besar dan rawit keriting, serta kemiri. Haluskan seluruh rempah tersebut dengan blender agar lebih cepat dan mudah. 

6 dari 12 halaman

5. Tumis Ayam dan Bumbu Halus

Selesai bumbu halus dibuat, panaskan minyak terlebih dahulu. Lalu tumis bumbu halus bersama dengan ayam, serai, lengkuas, dan daun salam. Setelah beberapa menit diaduk dan dirasa bumbu mulai merata ke seluruh permukaan ayam, bisa ditambahkan kecap, gula, garam.

7 dari 12 halaman

6. Ungkep Ayam Sampai Matang

Setelah seluruh bahan dan bumbu ditambahkan, tutup rapat panci untuk mengungkep ayam sampai airnya surut. Setelahnya, rica-rica ayam ala masakan jawa yang empuk dan enak siap disantap. Bisa juga ditaburi bawang goreng sebagai seasoning agar lebih gurih.

8 dari 12 halaman

Apakah Air Rebusan Ayam Pertama Harus Dibuang?

Singkirkan air rebusan awal. Sebaiknya tidak perlu mencuci ayam sebelum dimasak karena bisa menyebabkan daging terkontaminasi oleh bakteri berbahaya. Untuk memastikan kebersihan ayam, rebuslah hingga airnya keruh dan jangan sampai mencapai titik didih.

9 dari 12 halaman

Apakah Bodrex Bisa Membuat Daging Empuk?

Video memberikan informasi yang salah tentang cara melunakkan daging dengan menggunakan pil Bodrex. Kenyataannya, penggunaan zat kimia dalam pil tersebut bisa menimbulkan risiko bagi kesehatan.

10 dari 12 halaman

Berapa Lama Merendam Ayam dengan Garam?

Ayam Utuh Direndam Selama Paling Sedikit 12 hingga 24 jam.

11 dari 12 halaman

Kenapa Daging Ayam Bisa Alot?

Jika pemanasan dilakukan dalam waktu yang berlebihan atau suhu saat memasak terlalu tinggi, maka protein yang terdapat dalam daging akan mengeras karena pengencangannya.

12 dari 12 halaman

Apakah Ayam Dicuci Setelah Dimarinas

Devina menegaskan bahwa tidak perlu mencuci daging atau ayam sebelumnya jika hendak dimarinasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini