Sukses

Top 3: Apa Itu Kanker Stadium 4 dan Kenali Jenisnya

Artikel tentang pengertian apa itu kanker stadium 4, lengkap dengan penjelasan dan jenisnya menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Secara umum, penyakit kanker stadium 4 sulit untuk disembuhkan. Tujuan utama dari pengobatan adalah untuk mengurangi rasa nyeri dan meningkatkan kualitas hidup.

Kanker stadium 4 adalah tahap akhir dari penyakit kanker. Tingkat kanker ini digunakan untuk mengevaluasi seberapa parah dan seberapa jauh kanker telah menyebar dalam tubuh. Tingkatan tersebut berkisar dari 0 hingga 4.

Kanker stadium 4 juga disebut sebagai kanker metastatik karena telah menyebar ke daerah tubuh yang jauh dari asalnya. Kanker stadium 4 adalah tingkat yang paling parah dari kanker dan kesembuhan umumnya sulit dicapai.

Artikel tentang pengertian apa itu kanker stadium 4, lengkap dengan penjelasan dan jenisnya menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang cara agar nasi tidak mudah kering, ternyata simpel dan mudah.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang penyebab mata panda dan kantung mata, ini tips untuk mengatasinya.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Pengertian Apa itu Kanker Stadium 4, Lengkap dengan Penjelasan dan Jenisnya

 

Pendekatan dalam pengobatan kanker stadium 4 sering kali berfokus pada meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi gejala serta rasa sakit yang timbul. Meskipun seseorang menderita kanker stadium 4, ada kemungkinan untuk tetap hidup selama beberapa tahun.

American Joint Committee on Cancer  (AJCC) menciptakan kerangka penilaian tingkat TNM untuk mengevaluasi perkembangan kanker dengan mempertimbangkan aspek berikut:

  • "T" untuk tumor dimaksudkan untuk mengukur ukuran dan lokasi pertumbuhan abnormal jaringan.
  • "N" yang mengacu pada kelenjar getah bening digunakan untuk menentukan apakah sel-sel kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening, yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh yang membawa sel darah putih untuk membantu melawan infeksi.
  • "M" yang melambangkan metastasis dipakai untuk mengevaluasi apakah sel-sel kanker telah menyebar ke tempat lain dalam tubuh.

Kanker menyebar dengan pertumbuhan awal di sekitar jaringan, lalu menyebar lewat dinding kelenjar getah bening atau pembuluh darah.

Dari situ, virus dapat menjangkiti sistem limfatik atau aliran darah ke bagian tubuh yang jauh, mengakibatkan metastasis dan mencapai stadium 4 kanker.

Setelah tumor kanker dievaluasi oleh tim medis, akan ditentukan stadium kanker mulai dari 0 hingga 4. Penetapan ini membantu dalam perencanaan pengobatan dan prognosis.

Tahap-tahap kanker meliputi:

  • Stadium 0 dikenal sebagai karsinoma in situ, di mana sel-sel abnormal belum menyebar.
  • Stadium 1 menandakan adanya kanker yang belum menyebar ke jaringan sekitarnya.
  • Stadium 2 menunjukkan keberadaan kanker yang telah mempengaruhi jaringan di sekitarnya dan mungkin telah menjangkiti kelenjar getah bening.
  • Stadium 3 menggambarkan kanker yang telah tumbuh di jaringan sekitarnya dan kemungkinan telah menyebar ke kelenjar getah bening.
  • Stadium 4 menunjukkan kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang jauh.

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Cara Agar Nasi Tidak Mudah Kering, Ternyata Simpel dan Mudah

Karena mudah diolah dan disimpan dalam jumlah banyak, maka tak wajar nasi menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia.

Biasanya, orang-orang menanak nasi di rice cooker, walaupun nasi juga bisa dikukus atau dipresto.

Namun, nasi yang ditanak di rice cooker berisiko cepat kering dan mengkerak sehingga tidak enak lagi untuk dimakan. Selain itu, nasi yang mengkerak juga susah untuk diserok.

Meski demikian, seorang TikToker dengan akun TikTok/@sehati.homeappliances memiliki cara agar nasi tidak cepat kering dan mengkerak, sehingga mudah diserok. Bahkan, ia tidak menambah bahan apapun.

Lantas, metode seperti apa yang digunakan? Ditulis pada Minggu (21/04/2024), berikut caranya.

Pertama-tama, tanak nasi terlebih dahulu sampai matang di rice cooker. Agar tidak mudah kering, disarankan untuk menggunakan beras pulen karena bertekstur lebih lembut.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. Penyebab Mata Panda dan Kantung Mata, Ini Tips untuk Mengatasinya

Mata panda dan kantung mata bisa mengganggu penampilan. Mata panda adalah lingkaran hitam di bawah mata akibat kurang tidur, alergi, atau hiperpigmentasi. Sementara kantung mata disebabkan oleh pembengkakan akibat penumpukan cairan dan melemahnya jaringan otot di sekitar mata.

Untuk mengatasi kedua masalah ini, penting mengetahui penyebabnya. Salah satu solusinya adalah menggunakan eye cream yang tepat. Berikut tips memilih eye cream untuk mengatasi mata panda dan kantung mata. 

Untuk mata panda akibat hiperpigmentasi, gunakan eye cream dengan niacinamide, vitamin C, dan glycolic acid. Niacinamide melembabkan area mata, vitamin C menghambat produksi melanin untuk mata cerah, dan glycolic acid eksfoliasi untuk kulit baru yang cerah.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.