Sukses

Mengenal To’ak, Coklat Paling Berharga di Dunia yang Dibuat dari Bahan Langka

To’ak adalah coklat yang dibuat dari kakao nasional, di mana hanya terdapat pada 14 perkebunan di lembah Piedra de Plata, Ekuador. Sebab itulah To’ak dinilai sebagai coklat paling berharga di dunia. Yuk, simak fakta-fakta tentang coklat To’ak!

Liputan6.com, Jakarta Dari es krim yang diselimuti truffle hingga sandwich yang dilapisi emas, dunia ini dipenuhi dengan berbagai macam manisan atau camilan yang mahal dan eksklusif. Meskipun sebagian besar diciptakan untuk menarik perhatian, beberapa di antaranya juga mencoba menambahkan bahan-bahan sangat mahal ke dalam produk mereka. Salah satunya adalah merek cokelat To'ak dari Ekuador, yang mengklaim bahwa produknya termasuk dalam kategori langka ini. Dibuat dari kakao Nasional yang langka, yang hanya dipanen dari 14 kebun di lembah Piedra de Plata, Ekuador, cokelat To'ak dianggap sebagai cokelat paling berharga di dunia.

Berikut ini fakta lengkap tentang cokelat To’ak, dikutip dari odditycentral.com (17/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

To’ak Sebagai Cokelat Termahal di Dunia

To'ak dikenal sebagai coklat termahal di dunia karena bahan utamanya yang langka. Meskipun apakah harga yang diminta sepenuhnya dapat dibenarkan atau tidak, tergantung pada penilaian konsumen, secara teknis, klaim tersebut memang benar. Coklat To'ak, dalam ukuran kecilnya, dapat dijual seharga $490 (Rp.7.958.286) per batang, dengan berat 50 gram. Namun, perusahaan yakin bahwa hanya fokus pada harga tidak cukup untuk menggambarkan keseluruhan kualitas dan cerita yang dihadirkan oleh produk To'ak yang sama mahalnya.

3 dari 9 halaman

Alasan yang membuat To’ak Begitu Istimewa

Jadi, apa yang membuat To'ak begitu istimewa sehingga orang rela menghabiskan ratusan dollar hanya untuk membeli sebatang cokelat kecil? Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi hal tersebut. Pertama-tama, perusahaan ini menggunakan hanya kakao nasional terbaik, yaitu varietas kakao kuno yang telah diklasifikasikan sebagai tumbuhan punah pada tahun 2009. Tim di To'ak berhasil menemukan beberapa kebun kakao tertua di dunia, terletak di Lembah Piedra de Plata. Beberapa kebun ini bahkan telah dikonfirmasi melalui analisis DNA sebagai 100% kakao nasional.

4 dari 9 halaman

Eksperimen To’ak

To'ak telah melakukan percobaan dengan berbagai teknik penuaan coklatnya, termasuk dengan memasukkannya ke dalam berbagai jenis tong seperti tong bekas cognac, wiski, atau wadah kayu dari Ekuador, dengan berbagai periode waktu. Coklat To’ak bisa disimpan dalam tong-tong tersebut selama beberapa bulan bahkan hingga delapan tahun. Perusahaan To’ak juga mencampur coklatnya dengan bahan aromatik seperti lada Kampot dari Kamboja, kayu Palo Santo dari Ekuador, atau jeruk Galapagos. Perusahaan terus menguji cara-cara baru untuk meningkatkan rasa coklatnya.

5 dari 9 halaman

Coklat Masuk Kategori Apa?

Dalam Peraturan Kepala Badan POM Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Kategori Pangan, cokelat termasuk dalam kategori pangan 05.1.4 yaitu Produk Kakao dan Cokelat. Sedangkan cokelat imitasi termasuk dalam kategori pangan 05.1.5 yaitu Cokelat Imitasi, Produk Pengganti Cokelat.

 

6 dari 9 halaman

Apa Itu Rasa Coklat?

Sebelum menjadi camilan favorit, cokelat terbuat dari biji buah kakao yang umumnya diolah menjadi makanan bercita rasa manis. Cokelat berasal dari buah pohon kakao, Theobroma cacao.

7 dari 9 halaman

Berapa Macam Jenis Coklat?

Pada dasarnya, macam-macam cokelat terbagi menjadi 3 jenis, yakni cokelat hitam, cokelat susu, dan cokelat putih.

8 dari 9 halaman

Coklat Berasal dari Negara Apa?

Para ahli memperkirakan bahwa pohon kakao sebagai bahan utama pembuatan cokelat mula-mula tumbuh di daerah Amazon utara hingga ke Amerika Tengah sampai Meksiko.

 

9 dari 9 halaman

Dark Chocolate Terbuat dari Apa?

Cokelat hitam atau yang dikenal juga dengan sebutan dark chocolate terbuat dari 60% biji tanaman kakao. Cokelat hitam memiliki warna yang lebih tua atau gelap, serta memiliki rasa pahit yang khas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini