Sukses

Apakah Sabun Muka Efektif untuk Mengatasi Jerawat? Tips Memilih Produk yang Tepat

Benarkah sabun muka efektif untuk mengatasi jerawat? ini jawabannya serta tips untuk memilih produk sabun muka yang tepat untuk mengatasi kulit berjerawat.

Liputan6.com, Malang Jerawat adalah masalah umum yang dialami banyak orang, sering kali disebabkan oleh penyumbatan pori-pori akibat penumpukan kotoran di kulit. Oleh karena itu, menjaga kebersihan wajah sangat penting untuk mencegah jerawat.

Salah satu langkah perawatan kulit berjerawat adalah menggunakan facial wash, yang berfungsi membersihkan minyak, komedo, dan sel kulit mati penyebab jerawat.

Efektivitas perawatan kulit berjerawat sangat dipengaruhi oleh produk yang digunakan dan konsistensi penggunaannya. Untuk hasil optimal, gabungkan dengan produk skincare lain seperti serum atau krim spot treatment.

Berikut adalah panduan memilih facial wash yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Gunakan Sabun Muka dengan Konsentrasi pH antara 4,7-5,7

Pilih Facial Wash dengan pH 4,7-5,7 untuk menjaga keseimbangan kulitmu. Hindari produk dengan pH ekstrem yang bisa memicu produksi minyak berlebih dan jerawat. Pastikan produk tertera keterangan pH atau pilih yang berlabel low pH atau pH balance.

Selain itu, saat memilih facial wash, periksa kandungan surfaktannya. Semakin tinggi konsentrasinya, semakin basa pH-nya. Pilih facial wash dengan surfaktan lembut dan hindari yang mengandung surfaktan keras, yang dapat menyebabkan iritasi dan jerawat pada kulit sensitif.

Berikut ini daftar nama surfaktan yang sering tercantum di label facial wash.

Surfaktan Lembut

  • Cocamidopropyl betaine
  • Potassium cocoyl glycinate
  • Lauryl glucoside
  • Polyglucoside (decyl glucoside atau coco glucoside)
  • Sodium cocoyl isethionate
  • Sodium lauroyl sarcosinate

Surfaktan Keras 

  • Sodium lauryl sulfate (SLS)
  • Sodium laureth sulfate (SLES)
  • Ammonium lauryl sulfate (ALS)
  • Sodium C14-16 olefin sulfonate
3 dari 6 halaman

Gunakan Facial Wash dengan Kandungan Oil Control untuk Kulit Berjerawat

Pilih facial wash dengan oil control untuk mengatasi kulit berjerawat yang cenderung berminyak guna mencegah jerawat semakin parah. Berikut ini adalah jenis facial wash untuk kulit berminyak yang bisa dijadikan pilihan. 

Pilih Facial Wash Gel atau Foam untuk Perawatan Optimal

Gunakan facial wash berjenis gel atau foam, yang ringan dan berbusa banyak, membersihkan minyak dan kotoran tanpa residu, menjaga pori-pori bersih.

Pilih Facial Wash dengan Pelembab Ringan agar Kulit Tetap Lembab

Meskipun kulit berjerawat berminyak, tetap butuh kelembaban. Pilih facial wash dengan pelembab ringan seperti glycerin dan hyaluronic acid, yang melembabkan tanpa menyumbat pori-pori. Hindari ceramide dan kandungan minyak.

Pilih Facial Wash Oil Control untuk Kulit Berjerawat

Cari facial wash dengan kandungan oil control untuk mengontrol minyak berlebih. Bahan seperti zinc, bentonite, kaolin clay, dan charcoal membantu mengurangi kilau berlebih dan membersihkan kulit.

Pilih Facial Wash dengan Klaim Label Non-Comedogenic

Pilih produk facial wash non-comedogenic yang tidak menyumbat pori-pori, mencegah penyumbatan yang bisa memperparah jerawat.

4 dari 6 halaman

Gunakan Facial Wash yang Memiliki Kandungan Bahan Anti Inflamasi

Anti-inflamasi bermanfaat untuk meredakan jerawat cepat, baik pada remaja maupun orang dewasa. Berikut ini merupakan pilihan dan kandungan bahan yang terkandung dalam facial wash yang bisa dipertimbangkan.

Pilih Facial Wash yang Tepat untuk Jerawat pada Remaja

Untuk jerawat pada remaja, pilih produk dengan bahan aktif berikut:

  • Salicylic acid: membersihkan pori-pori, mengurangi peradangan, dan menghilangkan jerawat.
  • Niacinamide: mengurangi peradangan dan meredakan kemerahan.
  • Chamomile: menenangkan dan meredakan iritasi.
  • Aloe vera: pendingin, meredakan peradangan, dan memberi hidrasi.

Pilih Facial Wash dengan Bahan Exfoliating untuk Orang Dewasa

Untuk orang dewasa, gunakan facial wash dengan exfoliating agent seperti BHA untuk mencegah penyumbatan pori-pori dan merangsang regenerasi kulit.

5 dari 6 halaman

Hindari Kandungan Scrub Jika Memiliki Jerawat Meradang

Jika Anda memiliki kulit sensitif dan jerawat meradang, hindari facial wash yang mengandung scrub atau bahan aktif kuat karena bisa memperparah kondisi jerawat. Pilih produk yang bebas alkohol, pewarna, dan pewangi sintetis untuk menghindari iritasi dan alergi.

6 dari 6 halaman

Pilih Sabun Muka dengan Kandungan Brightening Agent untuk Mengatasi Bekas Jerawat

Untuk mengatasi bekas jerawat, pilih facial wash yang mengandung brightening agent. Bahan-bahan seperti brightening atau exfoliating dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dan menyegarkan kulit. Anda bisa memilih satu bahan untuk mencerahkan atau mengombinasikan brightening dan exfoliating agent untuk hasil yang lebih optimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.